Wayang Orang Rock

Wayang Orang Rock Ekalaya – Wayang Kekinian

Senang rasanya, semakin banyak pagelaran wayang kontemporer yang melibatkan banyak muda-mudi dalam pelaksanaannya. Ya, tau sendirilah ya, kalau wayang tuh kesannya tua, dan ceritanya mengulang yang udah pernah dikenal. Nah, yang bakal diceritain sekarang, wayangnya beda, nih. Ini wayang orang rock Ekalaya, pagelaran wayang yang melibatkan beberapa musisi rock Indonesia, dengan penyampaian cerita yang ringan.

Adalah sang sutradara, Arie Dagienkz yang menyulap Stevie Item, Otong Koil, Jikun /rif, dan Sophia Latjuba menjadi tokoh-tokoh sentral dalam cerita wayang ini. Tak hanya itu, sederet band-band ternama pun turut meramaikan pagelaran wayang yang berlangsung di Tennis Indoor Senayan, (15/3) lalu.

Bercerita tentang Ekalaya (Stevie Item) yang ingin menimba ilmu gitar pada Durna (Jikun /rif). Hehe, iya, karena ini wayang orang rock, ceritanya pun disesuaikan dengan tema. Durna yang berasal dari Hastinapura, merasa bimbang karena ia telah berjanji hanya akan mengajarkan ilmunya pada keluarga Arjuna  (Otong Koil) yang berasal dari tempat sama. Hastinapura. Arjuna yang ilmunya sudah mantap dan tak ada tandingannya, dihadiahi gitar Gandewa oleh Durna. Gitar ini adalah gitar pusaka pemberian Btara Indra.

Namun, Ekalaya nggak patah semangat. Ia terus mengejar dan membujuk Durna agar mau menurunkan ilmu dan kesaktiannya padanya. Didukung oleh sang istri Anggraeni (Sophia Latjuba), Ekalaya pun bertandang ke Hastinapura untuk menemui Durna. Di sini, ia memamerkan kebolehannya bermain gitar yang membuat Durna terpukau. Namun, permintaan Ekalaya tetap ditolak, karena ia telah berjanji pada Bisma hanya akan mendidik para pandawa dan kurawa.

Ekalaya kecewa banget dengan Durna. Jadi, pada saat ia sampai di Paranggelung, kediaman asalnya, Ekalaya memutuskan untuk menyendiri dulu. Anggraeni sang istri, nggak bisa ngapa-ngapain, ia restui saja keputusan suaminya itu. Dalam kesendiriannya, Ekalaya membuat patung Durna, dan ia pun seolah berguru pada patung tersebut. Ilmunya pun meningkat, karena ternyata Btara Dewa brsemayam dalam patung buatan Ekalaya itu.

wayang orang rock

Yang seru adalah saat Arjuna berjumpa dengan Ekalaya tanpa sengaja. Saat itu yang Arjuna sedang berburu rusa, terkejut karena panahnya dtembus oleh panah Ekalaya. Arjuna belum kenal Ekalaya, jadi ia menduga kalau orang yang mempu menembus panahnya ini, pastilah ilmunya seimbang dengannya. Kenalanlah ia dengan Ekalaya, dan Arjuna pun mengunjungi Ekalaya di Paranggelung.

Di Paranggelung Arjuna malah terpukau oleh kecantikan Anggraeni, dan jatuh cinta padanya. Tapiiii, Arjuna seperti tersadarkan saat melihat patung resi Durna, sekaligus bingung dengan penjelasan Ekalaya yang bilang kalau selama ini ia berguru pada patung itu.

Bingung, marah, dan kecewa itu yang dirasakan Arjuna saat pulang ke Hastinapura. Ia ingin segera mendengar penjelasan dari sang guru. Namun, yang paling ia rasakan sebenarnya adalah kecewa, iri, dan patah hati karena Ekalaya yang jagoan dan beristrikan Anggraeni yang cantik.

iron-maiden

Begitu ketemu Durna, Arjuna menceritakan apa yang dilihatnya di Paranggelung. Durna pun bingung karena merasa tidak pernah menurunkan ilmunya ke orang lain. Berangkatlah ia ke Paranggelung untuk melihat apa yang terjadi, dan ia menemukan patungnya berdiri gagah di sana. Setelah mengerti keadaannya, ia berkata pada Ekalaya akan balik lagi ke Paranggelung bersama Arjuna, sekaligus membuktikan, siapa yang paling jago di antara mereka.

Nggak pengen muridnya kalah dari Ekalaya, Durna pun meminta hal yang mustahil dari Ekalaya. Ibu jarinya! Agar Ekalaya bertarung dengan delapan jari melawan Arjuna. Siapa yang akhrinya menang?

Seru banget pagelaran wayang orang rock ini. Para pemainnya pun terlihat menghayati peran masing-masing, tapi tentunya dengan dialog khas mereka yang diselipi bodoran-bodoran. Yang menonjol adalah peran Durna yang amat baik diperankan oleh JIkun /rif. Ia nggak takut improvisasi dengan menyelipkan dialog-dialog lucu.

Lalu, tiap berakhir satu babak, muncul band-band keren seperti Netral, /rif, Seringai, The Brandals, Koil, Leonardo Music, Roxx, sampai Iwa K tampil live sebagai bagian dari pagelaran wayang orang rock Ekalaya. Sayangnya, pertunjukkan wayang ini cuman sekali. Jadi, kamu yang nggak sempat lihat aktingnya Otong Koil, Jikun, dan Stevie Item barengan Sophia Latjuba, agak rugi sih, hehe..*

emak Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
Tagged , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: