Tips Memilih Batik untuk ke Kantor

Anda pasti memerhatikan suasana kantor hari ini yang begitu berwarna. Tidak seperti Hari Senin biasanya. Semua orang mengenakan batik terbaik miliknya untuk memeringati Hari Batik Nasional. Rekan kerja Anda mencoba berpikir “out of the box” dengan mengenakan batik dengan motif dan warna yang cerah ceria. Sementara atasan Anda mencoba tetap memertahankan wibawa dengan memilih gaya formal. Sebenarnya, apakah batik yang Anda kenakan sudah sesuai untuk dikenakan ke kantor? Berikut tips memilih batik untuk ke kantor seperti yang dihimpun dari berbagai sumber.

Corak formal

Mungkin Anda punya beberapa koleksi batik di lemarai. Beberapa di antaranya sengaja Anda beli untuk menghadiri undangan pernikahan teman atau saudara beberapa waktu lalu. Jadi, dari sekian banyak baju batik itu, mana yang bisa Anda pakai untuk ke kantor? Anda ingin bju batik yang dikenakan memberikan kesan formal, dan tidak tampak “ramai”.

Untuk itu, sebaiknya Anda memilih batik dengan corak atau desain yang didominasi garis berbentuk geometris. Unsur garis pada baju batik Anda akan memberikan kesan formal dan sangat cocok dipakai ke kantor. Sementara pakaian batik bercorang bunga atau abstrak tidak pas untuk dipakai dalam suasana resmi. Beberapa corak batik yang mengandung unsur garis dan geometris yaitu golongan parang dan udan liris.

Selain corak, Anda juga harus memertimbangkan warna baju batik yang dikenakan. Tidak semua warna baju cocok digunakan di tempat kerja. Kalau motif batik Anda sudah terlalu ramai, sebaiknya pilihlah warna netral yang cocok di situasi formal. Jika Anda khawatir akan diminta datang ke acara resmi hari ini, maka pilih batik berwarna hitam, cokelat, atau krem.

Model sederhana

Untuk menegaskan kesan formal yang elegan, Anda bisa memilih model baju batik yang sederhana. Bagi para pria, tentu saja bisa memilih kemeja batik untuk ke kantor. Sementara wanita bisa mengenakan blus atau blazer.

Sebenarnya, wanita punya lebih banyak pilihan model pakaian bercorak batik yang bisa dikenakan ke kantor. Misalnya, Anda boleh saja mengenakan rok batik. Tapi, pilihlah model rok formal span, bukan rok balon yang menggelembung atau rok seperti kain yang dililit. Jika merasa rok span membosankan, Anda bisa memilih peplum skirt, rok span dengan tambahan kain di bagian pinggul.

Satu hal yang pasti, Anda harus memilih model pakaian yang paling nyaman untuk dikenakan di kantor. Pikirkan lagi jenis pekerjaan dan mobilitas Anda di tempat kerja. Jadi, jangan sampai pakaian mengganggu pekerjaan Anda.

Padanan yang pas

Hari ini adalah Hari Batik Nasional. Jadi, batik yang Anda kenakan harus menjadi “bintang utama”. Maka, pilihlah padanan baju batik berwarna polos. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengenakan banyak aksesoris. Para pria hanya perlu mengenakan jam tangan seperti biasa. Sementara wanita bisa menambahkan kalung batu sederhana di leher. –Qerja.com


Sumber Artikel: http://www.qerja.com/journal/view/9247-tips-memilih-batik-untuk-ke-kantor/2/
Sumber Foto: Flickr

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: