Tertahan di Bali? Coba Wisata Kuliner ke 5 Tempat Ini

Erupsi Gunung Agung membuat kepulangan wisatawan dari Bali tertunda. Meski begitu, bukan berarti wisatawan jadi tak bisa beraktivitas. Masih banyak daerah di Bali yang aman untuk dikunjungi. Anda juga masih bisa berwisata kuliner di Pulau Dewata.

Berikut lima restoran dan kafe yang bisa jadi opsi wisata kuliner selama berada di Bali. Semua tempat ini terkenal dan legendaris, bahkan di kalangan warga Bali sendiri.

1. Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ayam betutu gilimanuk dengan kuah khas bumbu Bali.(KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN)
Ayam betutu gilimanuk dengan kuah khas bumbu Bali. (KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN)

Bagi pecinta kuliner pedas, bebek atau ayam betutu adalah makanan khas Bali yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu daerah yang terkenal akan kuliner betutu adalah Gilimanuk.

Betutu pada dasarnya adalah hidangan bebek atau ayam yang diungkep dengan bumbu dapur seperti jahe, lengkuas, kunyit, kencur, bawang, daun jeruk, dan yang paling utama adalah cabai rawit. Kerap disebut sebagai bumbu genep, bumbu dasar masakan Bali. Salah satu restoran yang terkenal akan masakan betutu adalah restoran Ayam Betutu Khas Gilimanuk.

Restoran ini memiliki enam cabang di Pulau Dewata yakni di Jalan Raya Tuban, Jalan Raya Kuta, Jalan Merdeka, Jalan Raya Kediri, Jalan Buluh Indah, dan Jalan Raya Denpasar. Jika tak terlau kuat pedas, bisa mencoba betutu goreng. Namun untuk rasa yang lebih autentik cobalah betutu kuah.

2. Nasi Ayam Ibu Oki

missnidy.com
foto: missnidy.com

Nasi ayam yang satu ini tenar di kalangan wisman maupun wisnus. Sebab rasanya yang autentik Bali dengan lauk daging ayam suwir, sate lilit, telur pindang, dan jukut urab (sayuran). Kaya rempah dan bumbu, serta bercita rasa pedas!

Mantapnya lagi, konsumen dapat memimilih tingkat kepedasan dari tidak pedas, sedang, sampai pedas di Waung Nasi Ayam Ibu Oki. Tempat makan ini terletak di Jalan Siligita Nomor 27, Nusa Dua dan daerah Jimbaran.

3. Gusto Gelato

Photo Source: thetravelingstory.com
Photo Source: thetravelingstory.com

Gusto Gelato aalah satu gerai gelato paling ramai di Pulau Dewata. Gusto Gelato didirikan oleh seorang asal Italia, sehingga rasanya memang jempolan. Tersedia puluhan rasa gelato dari yang biasa sampai yang unik seperti rasa cabai rawit.

Gusto Gelato terletak di Jalan Mertanadi Nomor 46B, Kerobokan Kelod, Kuta Utara. Buka dari pukul 10.00-22.00 Wita.

4. Rujak Gelogor

Sumber: piesusubliman.com
Sumber: piesusubliman.com

Sayang untuk melewatkan hidangan unik yang hanya ada di Bali ini. Warung Rujak Gelogor berlokasi di Jalan Bukit Tunggal Nomor 27, Pemecutan, Denpasar. Hidangan unik di sini adalah rujak kuah pindang, rujak tupat, dan rujak bulang (rumput laut).

Rasakan sensasi makan rujak dengan kuah pindang nan gurih dan pedas. Tersedia juga rujak biasa dengan buah dan bumbu manis.

5. Pasar Sindhu

wisatamurahbali.info
wisatamurahbali.info

Pasar Sindhu dikenal pula dengan nama Sanur Night Market. Pada malam hari, pasar yang berjualan bahan-bahan pokok ini berubah menjadi sentra kuliner.

Tak hanya hidangan khas Bali, di Pasar Sindhu wisatawan juga akan mendapati aneka hidangan khas Nusantara. Pasar ini buka dari pukul 17.00 sampai tengah malam.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2017/11/28/220500327/tertahan-di-bali-coba-wisata-kuliner-ke-5-tempat-ini

Tertarik bergabung menjadi reseller atau distributor maicih di Bali segera hubungi kontak maicih di Whatsapp 087722301337

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: