Lagi Sakit? Cek Makanan Di Bawah ini!

Musim pancaroba emang musim yang paling merugikan, at least untuk orang-orang aktif seperti kamu, yang biasa keluar rumah dalam beraktivitas. Kalau pas pergi cuaca bisa sangat panas, eh, pas pulang hujan sangat lebat. Nah, yang kayak gini ini nih, yang bikin imunitas tubuh bisa menurun. Apalagi kalau kamu makan nggak teratur, atau terlalu banyak makan makanan yang kurang sehat. Flu, pusing, batuk, demam, pasti cepet banget nempel di badan.

maicih

Di bawah ini ada makanan-makanan yang bisa bikin kamu cepat pulih kalau lagi sakit. Apa saja ya?

1.Sup kaldu ayam

Sup ini emang dikenal ampuh untuk ngelawan flu atau demam. Ayam mengandung asam amino cysteine yang membantu mencairkan lendir di paru-paru sehingga lebih gampang dikeluarkan. Sup ayam, terutama ayam kampung membantu saluran pernafasan supaya jadi lebih lega, mencegah dehidrasi dan mengatasi peradangan di tenggorokan. 

2. Teh hangat

Cairan yang hangat bisa menyamankan tenggorokan sakit dan memperbiki sestem pencernaan yang terganggu. Minum teh panas yang baru diseduh karena mengandung banyak antioksidan untuk membantu melawan infeksi sekaligus menguatkan daya tahan tubuh. Kamu nggak suka teh? Boleh kok diganti dengan air hangat yang dicampur perasan lemon dan madu yang mengandung vitamin C dan memperkuat sistem imun. 

3. Buah citrus

Jeruk, lemon, jeruk nipis yang mengandung vitamin C bisa mempercepat penyembuhan flu. Lapisan putih tipis yang seperti jaring, ternyata punya kandungan flavanoid yang membantu meningkatkan daya tubuh dan mempercepat proses penyembuhan. Jadi, kalau makan jeruk, nggak usah dibuang si jaring putihnya, ya!

4. Makanan pedas

Wuih ini nih, yang jadi favorit! Saat menyantap makanan pedas, biasanya mata dan hidung akan berair. Itu karena efek dekongestan yang meredakan pembengkakan maupun rasa sakit. Makananlah makanan yang mengadung bubuk cabai, potongan cabe rawit, wasabi, tau makanan pedas lain untuk membantu meredakan gejala pilek dan hidung mampet. Gampang ya, tinggal tambahin keripik Maicih di tiap makananmu aja, kalo gitu..

5. Kraker dan roti panggang

Ini juara kalau kamu lagi kena masalah pencernaan, seperti sakit maag, mual, atau diare. Kraker dengan atau tanpa garam dan roti panggang katanya sih, lebih mudah untuk dicerna tubuh. Makanan ini juga bisa mengurangi rasa mual dan membantu menstabilkan pencernaan. Biasanya akan sangat membantu setelah muntah, kerena bikin perut terasa nyaman. 

6. Pisang

Buah ini kaya potasium yang bantu tubuh kamu untuk recharge energi. Selain itu, pisang juga bisa menstabilkan pencernaan. Kalau diare, pisang jenis raja cere bisa membantu memadatkan feses. Nggak hanya itu, pisang juga bisa menurunkan temperatur tubuh dan menggantikan elektrolit yang hilang karena diare. 

7. Jahe

Jahe menurut penelitian, sangat efektif untuk mencegah dan meredakan mual, serta gangguan lain di perut. Sembelit, perut kembung, atau muntah-muntah bisa diatasi dengan minum jahe hanget, teh jahe, atau ginger ale. 

 

Selamat mencoba ya!

emak Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
Tagged , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: