Keuntungan Menurunkan Berat Badan Meski Lima Persen

Menurunkan berat badan ternyata tak mesti langsung drastis. Cukup dengan menurunkan lima persen saja dari berat badan dapat memberikan manfaat yang besar bagi tubuh.

Mengurangkan lima persen itu ternyata cukup untuk menurunkan total lemak tubuh, lemak perut yang mengelilingi organ vital dan berbahaya (visceral) serta lemak hati.

Dalam studi di jurnal Cell Metabolism, jumlah yang kecil ini juga ampuh menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. Ini artinya dapat mengurangi risiko terhadap diabetes tipe 2. Berikut merupakan lima manfaat besar ketika berat badan berkurang walau hanya lima persen saja, seperti dilansir dari NBC News.

1. Menguatkan Jantung

Penurunan berat badan yang sederhana dapat mengurangkan risiko serangan jantung karena zat mirip lemak yang menempel pada bagian dalam arteri ikut berkurang. Zat itu mucul lantaran kadar kolesterol yang tinggi. Sebuah studi dari Journal of the American Heart Association menyebut menurunkan sekitar 10 persen dari berat badan dapat mengurangkan kadar kolesterol jahat, insulin dan trigliserida yaitu jenis lemak dalam darah yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Hidup Lebih Baik

Penelitian kesehatan juga menyebutkan ketika seseorang berhasil menurunkan berat badan, itu dapat membuat hidupnya lebih baik. Faktanya, dalam sebuah studi terhadap 900 orang yang menurunkan berat badannya, mereka yang mengurangkan lima hingga 10 persen mendapatkan skor lebih tinggi dalam penilaian fungsi fisik dan kepercayaan diri.

Studi itu menggarisbawahi bahwa upaya merampingkan sedikit berat badan dapat memberikan motivasi lebih besar untuk mengurangkan lebih banyak. Riset lain menyatakan menurutkan berat badan dapat meningkatkan energi dan vitalitas.

3. Meningkatkan Mood

Kajian dari University of Pennsylvania, Amerika Serikat menyebut penderita obesitas yang menurunkan lima persen dari berat badannya mengalami peningkatan kualitas tidur dan meningkatkan mood dalam waktu enam bulan. Tidur yang berkualitas dapat mengurangi frustasi, membantu mengatur nafsu makan dan membantu mengurangi berat badan lebih banyak.

Baca Juga Wajib Baca! Tips Bangun Tidur yang Tidak Merusak Mood

4. Mencegah Peradangan

Peradangan dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit hati, stroke dan sindrom metabolik. Sebuah penelitian di Nutrition Reasearh menyebut bahwa menyusutkan berat badan bisa menurunkan peradangan dan meningkatkan fungsi imun.

5. Menjaga Persendian

Kelebihan berat badan dapat membuat lutut dan sendi menjadi nyeri atau dikenal dengan osteoartritis. Menurunkan sekitar lima kilogram berat badan dapat menurunkan 50 persen potensi menderita osteoartritis. Manfaat-manfaat ini berpotensi terus meningkat jika berat badan semakin diturunkan secara berkala bagi penderita obesitas.

“Penelitian kami menunjukkan mengurangkan lima persen berat badan memberi manfaat besar. Tapi penambahan 10 hingga 15 persen berat badan lagi dapat memberikan perbaikan lebih banyak terhadap tekanan darah,” kata peneliti dari Center for Human Nutrition di Washington University School of Medicine Samuel Klein dikutip dari Daily Burn. (rah)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180111133733-255-268138/keuntungan-menurunkan-berat-badan-meski-lima-persen

sejarah maicih,pemilik maicih,harga maicih,maicih keripik,maicih basreng,maicih palsu,produk maicih,alamat pt maicih inti sinergi

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: