Keripik Ma Icih Siap Tembus ASEAN

Maicih

Keripik pedas asal Bandung, Ma Icih, siap melebarkan pangsa pasarnya ke luar negeri. Menurut pemilik Ma Icih, Bob Merdeka, peluang pasar untuk makanan olahan, seperti kiripik tetap terbuka. Karena itu agar hasilnya lebih optimal maka disertai oleh inovasi dan daya kreatif tinggi.

Inovasi itu termasuk adanya produk-produk makanan lain yang berbahan mentah berbeda, jadi tidak hanya mengandalkan singkong sebagai bahan baku, tapi juga sukun, bakso dan sebagainya.

Menurut Bob sejak awal 2010, penjualan keripik pedas Ma Icih menunjukkan tren positif. Setiap tahunnya tumbuh 200 persen. Akan tetapi pada 2012, penjualan Ma Icih melemah. Kondisi itu akibat pasar mulai jenuh. Namun Bob optimismtis tahun ini, kondisinya membaik dan penjualan kembali tumbuh.

Agar penjualan meningkat, Bob berencana untuk melebarkan jaringan pasarnya ke negara-negara kawasan ASEAN. Untuk itu Bob menjajaki dulu tiga negara ASEAN untuk target pasar Ma Icih. Ketiga negara itu adalah Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.

Bob beralasan, ketiga negara itu punya peluang pasar terbuka bagi produk makanan olahan, selain itu kultur, geografis, dan iklimnya tidak jauh berbeda dengan Indonesia. “Saat ini, masih penjajakan. Harapannya, kami dapat segera merealisasikan rencana pengembangan pasar di ASEAN,” ujarnya pada pengenalan merek dagang Ma Icih di Jalan Cemara,Bandung, belum lama ini.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Jabar, Ferry Sofwan Arief, berpendapat, agar eksistensi Ma Icih terus bertahan, sebaiknya harus terus melakukan inovasi. “Tanpa adanya inovasi, tentunya, sebuah produk dapat kalah bersaing. Terlebih, publik cenderung menginginkan adanya produk baru,” ujar Ferry.

Pihaknya pun, berupaya membantu pengembangan para pelaku industri kreatif, seperti Ma Icih, dengan cara  menggelar beragam jenis pendidikan dan pelatihan bagi pelaku usaha. “Tapi, kalau soal kreativitas dan inovasi, itu bergantung masing-masing pelaku usaha,” kata  Ferry. (Tribun Jabar/Erwin)

emak Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
Tagged , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: