Ini Lokasi Ideal Menyaksikan Super Blue Blood Moon Nanti Malam dan Daerah yang Mesti Diwaspadai

FILE – In this Aug. 28, 2007, file photo, the moon takes on different orange tones during a lunar eclipse seen from Mexico City. During a lunar eclipse, the moon’s disk can take on a colorful appearance from bright orange to blood red to dark brown and, rarely, very dark gray. On Wednesday, Jan. 31, 2018, a super moon, blue moon and a lunar eclipse will coincide for first time since 1982 and will not occur again until 2037. (AP Photo/Marco Ugarte, File)

FENOMENA alam langka akan terjadi di langit Indonesia khususnya Jakarta. Rabu, 31 Januari 2018, hari ini akan terjadi fenomena super blue blood moon atau supermoon yang bertepatan dengan gerhana bulan total.

Fenomena super blue blood moon ini merupakan saat posisi matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus. Kabar bahagianya, masyarakat Indonesia bisa menyaksikan fenomena langka ini dihampir seluruh wilayah Indonesia.

Melansir dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofiska (BMKG), Rabu (31/1/2018), fenomena alam super blue blood moon tersebut merupakan peristiwa yang akan terulang 100 tahun lagi di Amerika, sementara di Indonesia fenomena alam ini akan terulang lagi pada 36 tahun mendatang, setelah sebelumnya pernah terjadi pada 30-31 Desember 1982 lalu. BMKG juga berpesan, masyarakat diharapkan menyaksikan dan mengamati fenomena langka ini dan bukan dijadikan kejadian yang menakutkan.

Lebih lanjut, Kepala BMKG, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M. Sc., Ph.D, menjelaskan pengamatan fenomena super blue blood moon bisa disaksikan secara ideal dari daerah perbatasan, mulai dari perbatasan Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga daerah yang berada di sebelah barat Sumatera, yaitu melintas di Samudera Hindia, yang berada di sebelah barat Pulau Sumatera, yang merupakan zona bulan terbit saat fase gerhana penumbra berlangsung.

Sementara, bagi masyarakat yang berada di Pulau Jawa, khususnya Bandung dan Jakarta, pengamatan fenomena super blue blood moon ini bisa dilakukan dibeberapa titik yang ideal dan mudah dijangkau. Di Bandung misalnya, pengamatan bersama fenomena super blue blood moon bisa dilakukan di Oberservatorium Boscha (Lembang). Sementara, untuk masyarakat sekitar Jakarta bisa mengamati di Pulau Seribu, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Planetarium, Museum Fatahillah, Kampung Betawi Setu Babakan.

Selain beberapa tempat tersebut, BMKG juga menyebutkan masih ada 21 titik lainnya untuk mengamati hilal. Tidak hanya di Jakarta dan Bandung, Makassar dan Jam Gadang Bukittinggi pun memiliki acara nobar alias nonton bareng super blue blood moon nanti malam.

Bagi masyarakat atau wisatawan yang berada di wilayah pesisir, BMKG juga mengimbau untuk waspada pada pasang tinggi maksimum yang bisa mencapai 1,5 meter, yang disebabkan oleh kejadian super blue blood moon ini. Selain itu, pasang surut minimum mencapai -100 hingga -110 cm juga akan terjadi pada 30 Januari-1 Februari 2018 di pesisir Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, utara Jakarta, utara Jawa Tengah. Utara Jawa Timur, dan Kalimantan Barat.

Dwikorita menegaskan kejadian tinggi pasang maksimum akan berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, untuk itu bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan via laut diharapkan waspada atau sebaiknya menunda perjalanan demi keselamatan. Aktivitas petani garam, perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan juga bisa terganggu.

(ren)

Sumber: https://lifestyle.okezone.com/read/2018/01/31/406/1852474/ini-lokasi-ideal-menyaksikan-super-blue-blood-moon-nanti-malam-dan-daerah-yang-mesti-diwaspadai

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , ,

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
AHMAD FAUZI Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of

Warning: str_rot13() has been disabled for security reasons in /home/maicihco/public_html/wp-content/plugins/wpdiscuz/includes/class.WpdiscuzDBManager.php on line 506
AHMAD FAUZI
Guest

bersyukurnya jadi orang indonesia, tinggal keluar rumah bisa mnyaksikan belue moon! tidak perlu mengeluarkan biaya 😀