Gapura Bandung

Gapura Bandung — Go Online with Google

Era digital saat ini memang tengah menjadi anak emas dalam dunia bisnis. Selain bisa meningkatkan omset bisnis, lewat ranah digital produk aau jasa yang dijual oleh para pebisnis bisa lebih berkembang. Sabtu (1/3) lalu, Google mengadakan sebuah konferensi yang dihadiri oleh banyak pelaku bisnis online di Bandung. Gelaran yang bertajuk Grab Your Opportunity to Go Digital (Gapura) diadakan di Grand Ballroom Hotel Hilton Bandung.

Google yang selama ini dikenal sebagai search engine, ternyata punya banyak layanan yang bisa memudahkan para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnis mereka. Salah satunya adalah produk Google+ for Business, sebuah page yang menampilkan data usaha yang langsung terhubung dengan Google Map dan Youtube. Hal-hal seperti inilah yang dibahas oleh beberapa pembicara, di antaranya adalah Dyah Wulandari, Sandy Tantra, Henky Prihatna, dan Shinto Nugroho.

go-online-with-google

Selain pembicara dari Google, ada juga sharing dari teman-teman yang sudah lebih dulu memanfaatkan sosial media sebagai alat untuk mengembangkan bisnis mereka. Salah satunya ada Bob Merdeka, owner dari Maicih. Berbagai tips dan trik mengembangkan usaha lewat dunia digital pun banyak dibahas. Selain Bob, ada pula Nadya Saib, pemilik Wangsa Jelita, produsen sabun padat dengan bahan dari alam.

Pembicara lainnya adalah Anton Soenjoto yang mendirikan De Bolivia, restoran yang menyajikan es krim low fat. Resto milk Anton ini memanfaatkan teknologi internet untuk menjual voucher paket makanan di websitenya. Sementara Yukka Harlanda, chief engineer dari Brodo ini juga memaparkan pengalamannya membangun brand awareness untuk Brodo lewat jejaring sosial dan website.

Lewat ajang ini, Bob Merdeka memaparkan bagaimana ia membangun bisnis kulinernya lewat bantuan sosial media dan internet. Dua hal ini memang jadi tonggak penting untuk bisnis yang sekarang sedang dikembangkan oleh Bob Merdeka. Selain menceritakan bagaimana membangun jaringan via sosial media dan internet, Bob juga memaparkan layanan purna jual alias maintenance yang harus ia lakukan begitu memulai bisnis ini.

Bisnis yang dimulai lewat jejaring media dan internet pada awalnya memang tak membutuhkan modal besar. Dengan sedikit trik yang bisa dipelajari dan sumbernya pun mudah didapat, pelaku bisnis sudah bisa mulai memasarkan produknya. Lewat Gapura inipula, para pelaku bisnis online diberi berbagai informasi menudahkan pemasaran produknya. ***

emak Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
Tagged , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: