Fasilitas di Kantor Google Yang Bikin Karyawan Betah

Kantor Google. Sumber: Pixabay

Apa sih yang kamu pikirkan saat mendengar kata “Kantor”? Beberapa orang mendengar kata “Kantor” identik dengan rutinitas yang membosankan, kaku dan tidak menyenangkan, Namun tidak bagi karyawan yang bekerja di Perusahaan sekelas Google. GOOGLE menempati posisi teratas daftar perusahaan paling kaya di dunia dalam tiga tahun terakhir, secara berturut-turut. Selain digunakan untuk mengembangkan produk, sebagian kekayaan itu dibelanjakan buat kesejahteraan 55 ribu karyawannya. Di antara mereka, ada puluhan pemuda dari Indonesia. Sudah tidak diragukan lagi Kantor Google mungkin salah satu tempat terbaik di dunia kerja.

Google menyediakan banyak fasilitas yang memanjakan karyawannya. Selain tempat yang luas, juga dipenuhi fitur-fitur seperti sarana Olahraga seperti Gym dan Kolam Renang serta Fasilitas Kesehata Gratis. Ketika ada Googler yang sakit, mereka bisa membuat janji dengan dokter di sana. Tak hanya itu, bagi karyawan yang bisa menyelesaikan suatu proyek dengan baik, mereka akan mendapatkan bonus pijat selama 1 jam dari therapist.

Fasilitas Bermain untuk karyawan agar bisa beristirahat sejenak untuk bermain ping pong, biliar, dan foosball. Permainan ini tersedia di berbagai tempat sehingga karyawan bisa bebas bermain dimana saja. Tak ketinggalan ada pula video game yang bisa digunakan karyawan yang ingin melepas penat.

Di Kantor Google juga ada Restoran yang menyediakan Tidak cuma makanan, tapi makanan sehat. Sayur dan buah ada di mana-mana, pagi, siang, dan malam Pagi, Siang dan Malam. Seluruh karyawan Google diperbolehkan untuk mengambil makanan dan minuman sesuka hati mereka tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Tidak hanya makan siang, sarapan dan makan malam pun selalu tersedia bagi karyawan. Bahkan, ruang kerja karyawan letaknya sangat dekat dengan dapur sehingga Googler bisa mengambil snack kapanpun mereka mau. Intinya, perut para penghuni Googleplex dijamin selalu kenyang.

Bahkan untuk karyawan perempuanpun dimanjakan dengan fasilitas gym, mother room, dan child care terbaik. Tak hanya memenuhi kebutuhan jasmani, aneka program juga dirancang oleh Google maupun inisiatif karyawan sendiri untuk memuaskan kebutuhan rohani. Tidak hanya karyawan perempuan yang bisa mendapatkan cuti, di Google, para karyawan lelaki yang istrinya melahirkan pun diberikan hadiah “libur” selama 6 minggu, dan tetap digaji. Sementara itu, kepada karyawan perempuan yang baru melahirkan, Google memberikan libur selama 18 minggu setelah sang anak lahir.

Agar karyawan mereka bisa beristirahat di akhir pekan, Google juga menyediakan fasilitas laundry dan layanan dry cleaning. Tak heran, banyak karyawan yang membawa tumpukan baju kotor mereka ke Googleplex setiap hari Minggu.

Google memiliki aturan 80/20, dimana karyawannya bisa menghabiskan 80% waktunya untuk pekerjaan di kantor. Sementara 20% sisanya mereka bisa mengerjakan proyek sampingan sesuai dengan passion masing-masing. Tak disangka, cukup banyak juga inovasi teknologi canggih yang dihasilkan para Googler dari proyek sampingan ini.

Googler terbiasa bertemu para pemimpin, pemikir dan seleb dari industri teknologi, sehingga bisa belajar banyak dari mereka. Namun meskipun sudah cerdas, mereka tetap diberikan fasilitas untuk belajar bahkan di toilet sekalipun, dimana pintu dan bagian atas urinoirnya dihiasi berbagai puzzle dan tips seputar coding. Google percaya, toilet adalah salah satu tempat terbaik untuk menemukan inspirasi.

Techstop berisi spesialis IT terbaik yang siap membantu karyawan yang memiliki masalah terkait hardware atau software. TechStop buka 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Bahkan masalah charger tertinggal pun bisa dilayani di tempat ini.

Saat ada Googler yang meninggal dunia, suami atau istrinya akan mendapat setengah dari gaji karyawan tersebut hingga 10 tahun ke depan. Tidak hanya itu, kepada anak-anaknya Google juga memberikan tunjangan sebesar 1.000 dollar AS yang diberikan setiap bulan.

Bagi karyawan yang tinggal di sekitar Mountain View (dekat kantor Google) disediakan transportasi gratis. Mereka juga mendapatkan fasilitas salon gratis jika ingin memangkas rambut. Untuk mereka yang memiliki hewan peliharaan, bahkan diperbolehkan untuk membawanya ke kantor.

Google pasti tidak serta merta menyediakan fasilitas cuma-cuma tersebut kepada karyawannya. Ada tanggung jawab besar dan tentu saja berat yang harus dikerjakan oleh mereka. Namun, hal ini bisa menjadi inspirasi bagi perusahaan yang ingin membuat karyawan mereka loyal dan betah dalam bekerja. Bagaimana, Anda tertarik mengikuti jejak Google?

Sumber:
[1]http://cerpin.com/10-kantor-idaman-paling-keren-di-dunia/
[2]https://www.kubik.co.id/10-fasilitas-di-kantor-google-yang-bikin-karyawan-betah/
[3]http://tipstren.pojoksatu.id/style/01/11/2015/apa-enaknya-kerja-di-google-ini-cerita-pekerja-asal-indonesia/

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , ,

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
AHMAD FAUZI Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of

Warning: str_rot13() has been disabled for security reasons in /home/maicihco/public_html/wp-content/plugins/wpdiscuz/includes/class.WpdiscuzDBManager.php on line 506
AHMAD FAUZI
Guest

wowww……..seandainya kantor tempat bekerja sepert ini bakalan betah! dan tak heran jika GOogle semakin berkembang!