Bob Merdeka, Pioneer Maicih Menangkan Bandung Marketeers Youth Startup Icon 2013

Luar biasa animo kontestan Marketeers Youth Startup Icon 2013 di kota Bandung. Dari 430 pendaftar, 30 kontestan diundang untuk audisi terbuka yang digelar di Pasar Cisangkuy, Rabu (29/5/2013). Kontes yang diselenggarakan dalam rangka Marketeers Festival 2013 ini diadakan untuk mencari perwakilan wirausahawan muda pemula dari Kota Bandung untuk ikut kontes nasional Desember nanti.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Waizly Darwin (Chief Operations, Marketeers) selaku Project Director dari kontes Youth Startup Icon 2013, kontes ini diadakan untuk mencari startup yang proven, bukan sekadar menyajikan konsep bisnis.

“Peserta ini dibawah 30 tahun, mereka wirausahawan pemula yang baru lewat 1 tahun dan dibawah 3 tahun berbisnis. Ini umur-umur yang labil. Jangan sampai kita pilih, nanti malah milih jadi karyawan,” jelas Waizly.

Ada tiga kriteria yang diusung dalam memilih startup icon ini yaitu Knowledge, Skills, and Attitude. “Bukan omset terbesar yang dicari, tapi siapa yang bisa membuat usahanya scalable, dan proven dalam waktu singkat di bawah tiga tahun. Untuk itu ada tiga yang harus dipunyai seorang startup entrepreneur, yaitu business knowledge, marketing skills, dan entrepreneur’s attitude. Yang kami cari dari tiap kota adalah yang kurang dari 3 tahun sudah proven dari sisi ketiga karakteristik itu,” tegas Waizly.

Pemilihan Bandung Youth Startup Icon 2013 kemarin menghadirkan empat juri antara lain Ferry Hasan (owner Bebek Udig), Stephanie Hermawan (Women Entrepreneur Award 2012 dari Ernst & Young), Jaya Setiabudi (founder Young Entrepreneurs Academy), dan Waizly Darwin.

“Sulit bagi kami memilih pemenang di Bandung ini, karena kontestannya bagus-bagus dan kreatif semua,” aku Ferry Hasan.

Pilihan dan keputusan tim juri sendiri jatuh pada Bob Merdeka selaku owner dari  CV. Maicih, sebagaimana yang diumumkan di saat sesi pembuka Bandung Marketeers Festival 2013 di Hotel Hilton Bandung, hari ini (30/5/2013). Tingkat kreatifitas startup icon Bandung memang cukup canggih. Ada banyak yang bisa menyuguhkan ide dan konsep bisnis yang berpotensi di bidang F&B, ritel, fashion, pertanian dan sebagainya.

Namun mereka yang menjalankan usahanya lewat dari 1 tahun dan kurang dari 3 tahun belum bisa menyamai apa yang telah dicapai oleh Bob Merdeka dalam menjalankan bisnis startup lewat Maicih.

“Kalau dibandingkan dengan yang lain, apa yang dilewati oleh Bob ketika menjalankan usahanya sewaktu setahun atau dua tahun berjalan, memang sudah beyond,” kata Waizly.

“Perjuangan dan drama yang ia lewati membuktikan bahwa ia sudah proven sebagai startup entrepreneur. Tantangannya adalah bagaimana membuat Maicih-nya ke skala yang lebih besar,” lanjut Waizly.

Sumber : the-marketeers.com

emak Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
Tagged , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: