Alasan Makan Pakai Tangan Lebih Sehat, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

SETIAP orang memang memiliki cara kesukaannya masing-masing dalam menyantap makanan. Ada pribadi yang lebih suka menggunakan jemari tangan langsung sebagai sendok, ada juga yang lebih menyenangi makan dengan bantuan alat makan berupa sendok dan garpu.

Bicara soal cara menyantap makanan, ternyata disebutkan bahwa makan dengan jari jemari tangan langsung itu, memiliki lebih banyak manfaat kesehatan ketimbang makan memakai alat makan seperti sendok dan garpu.

Penasaran apa saja sebetulnya manfaat kesehatan jika makan dengan jari-jemari tangan langsung? Menyitat Ndtv, Rabu (4/4/2018) berikut pemaparan singkat 5 alasan mengapa makan langsung pakai tangan adalah kebiasaan sehat.

1. Membantu melancarkan sirkulasi darah : Dikatakan bahwa makan dengan jari-jemari tangan itu sendiri adalah, latihan otot yang sangat baik, yang pada akhirnya dapat membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah. Gerakan tangan yang banyak dapat membantu menjaga aliran darah jadi lebih lancar.

2. Menstimulasi sistem pencernaan : Tubuh kita diyakini memiliki bakteri atau flora, yang berada di tempat-tempat seperti tangan, mulut, tenggorokan, usus. Dan usus sendiri bisa melindungi kita dari bakteri berbahaya yang tumbuh di lingkungan sekitar. Ketika makan dengan tangan, flora ramah melindungi sistem pencernaan terkena bakteri berbahaya, kemudian lebih lanjut merangsang sistem pencernaan. Dengan catatan, tangan harus dicuci sebelum dan setelah makan.

3. Diyakini bisa membantu menurunkan berat badan : Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite, ketika orang makan langsung memakai jari-jemari tangan misalnya ambil membaca koran atau menonton televisi secara bersamaan, maka rasa lapar bisa berkurang saat waktu snack time datang, sehingga akhirnya lebih memilih camilan yang lebih ringan. Peneliti menyimpulkan bahwa, makan dengan tangan meningkatkan rasa kenyang dan puas, dibandingkan dengan makan memakai peralatan makan, yang pada gilirannya bisa membantu untuk menurunkan bobot tubuh.

4. Berpeluang mencegah diabetes tipe-2 : Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition, orang-orang dengan diabetes tipe-2 lebih cenderung menjadi pemakan cepat yang menggunakan alat makan untuk makan. Makan menggunakan sendok dan garpu berkorelasi dengan makan lebih cepat, yang dikaitkan dengan ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh, semakin berkontribusi pada pengembangan diabetes tipe-2. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba memperlambat laju makan dengan makan langsung menggunakan jari-jemari tangan ketimbang bantuan sendok dan garpu.

5. Membantu mengatur porsi makanan: Disebutkan, makan dengan tangan membuat kita akan makan lebih lambat daripada makan memakai alat makan, yang merupakan proses mekanis. Dengan makan memakai jari-jemari tangan, kita harus memperhatikan apa yang dimakan saat kita hendak menyuap makanan tersebut, inilah yang membuat kita bisa jadi sadar seberapa banyak yang telah kita makan. Cuek makan tanpa berpikir dijelaskan lebih lanjut adalah salah satu faktor terbesar penambahan berat badan, karenanya, mengelola porsi makanan di sini memainkan peran kunci. Selain itu, makan dengan tangan membuat kita bisa merasakan makanan dengan lebih baik dan menyenangkan.

(ren)

Sumber: https://lifestyle.okezone.com/read/2018/04/03/298/1881684/alasan-makan-pakai-tangan-lebih-sehat-bisa-bantu-turunkan-berat-badan 

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: