5 Kuliner Khas yang Wajib Kita Cicipi Saat Berkunjung ke Surabaya

Membicarakan aneka jenis kuliner khas Indonesia memang selalu menyenangkan dan seakan tidak ada habisnya. Karena seluruh daerah di Indonesia memiliki kuliner unik yang patut untuk dicoba. Salah satu yang tak boleh dilewatkan adalah Surabaya.

Foto: https://www.instagram.com/okylasmini/

Rujak Cingur

credit: kulineri.com

Sensasi rasa rujak cingur jelas berbeda dengan rujak lainnya. Karena rujak cingur menggunakan perpaduan bumbu kacang dan petis yang cita rasanya kuat. Selain itu, penggunaan cingur (jidung kerbau) pun turut memperkaya rasa rujak cingur. Tekstur cingur yang kenyal berpadu sempurna dengan sayuran dan bumbu rujaknya.

Rawon

Foto: Instagram @willyoueat Depot Anda

Rawon berbeda dengan soto atau sup biasa. Kuahnya berwarna hitam pekat karena terbuat dari kluwak dan perpaduan rempah-rempah lainnya. Bagian daging sapinya pun beragam, bisa berupa daging atau tetelan. Rawon biasanya disajikan dengan bahan pelengkap berupa telur asin, kecambah, dan sambal rebus. Seporsi nasi hangat pun akan menjadi teman yang pas untuk menyantap rawon hangat.

Lontong Kupang

Credit:https://www.instagram.com/surabayafoodies/

Kupang adalah sejenis kerang laut yang ukurannya sangat kecil. Biasanya kupang diolah menjadi bahan isian berupa kuah lontong. Penggunaan aneka bumbu seperti bawang putih, jeruk nipis, dan petis turut memperkaya cita rasanya. Orang yang pernah menyantap lontong kupang pasti akan ketagihan untuk mencicipinya kembali. Karena lontong kupang tak bisa ditemukan di tempat lain, kecuali Surabaya.

Pecel Semanggi

Credit: https://www.instagram.com/novilaurina/

Pecel semanggi memang termasuk kuliner khas Surabaya yang semakin langka. Karena keberadaan daun semanggi semakin sulit dipenuhi. Seporsi pecel semanggi terdiri dari daun semanggi, kecambah, ketela, dan bumbu kacang. Rasa pecel semanggi yang istimewa semakin lengkap dengan tambahan kerupuk berbahan dasar nasi.

Tahu Tek

Credit: https://www.instagram.com/ngangenifrozenfood/

Jajanan yang satu ini merupakan salah satu makanan populer di Surabaya. Seporsi tahu tek terdiri dari tahu goreng, lontong, kecambah, dan bumbu petis. Racikan bumbu petisnya pun tak sembarangan. Ada petis, bumbu kacang, bawang putih, dan cabai yang dihaluskan menjadi satu.

Sudah tak sabar ingin mencicipi kelima jenis kuliner tersebut? Kalau begitu, yuk segera rencanakan liburan seru ke Kota Surabaya saat kita punya waktu senggang.

Sumber: http://annunaki.me/2017/07/28/kuliner-khas-surabaya/

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: