5 Ide Peluang Usaha Makanan Ringan yang Menguntungkan

Kamu doyan ngemil? Sudah jadi kebiasaan masyarakat Indonesia, ngemil tidak bisa dipisahkan dari kebiasaan sehari-hari. Entah sedang sibuk kerja di depan layar komputer, duduk santai sambil nonton televisi, pasti selalu ada makanan ringan yang jadi teman setia. Jadi nggak salah kalau sampai saat ini bisnis camilan peluangnya masih sangat besar.

Bisnis makanan ringan merupakan bisnis berskala rumah tangga yang memiliki peluang sangat bagus untuk saat ini maupun yang akan datang. Permintaan pasar untuk makanan ringan terus mengalir. Melihat penikmat makanan ringan, tidak hanya anak-anak, tetapi juga remaja, dewasa, hingga orang tua. Maka tidak mengherankan jika pelaku bisnis makanan yang sering disajikan sebagai selingan saat melakukan kegiatan ini sering kali kebanjiran pelanggan.

Apalagi melihat beragamnya jenis makanan ringan di Indonesia mulai dari keripik, gorengan, siomay batagor yang dijual dengan berbagai variasi harga. Membuat peluang bisnis makanan ringan ini semakin terbuka lebar bagi Anda yang baru akan memulai bisnis ini.

Bagi Anda yang tertarik memanfaatkan peluang usaha dibidang kuliner makanan ringan, sebaiknya buatlah persiapan yang matang, perencanaan serta lakukan beberapa riset dan analisa pasar untuk mengetahui camilan apa yang memiliki permintaan pasar cukup tinggi tetapi produsennya terbatas.

1. Kerupuk Seblak

Kerupuk Seblak

Salah satu contoh mereka yang dengan modal kecil berhasil sukses adalah Ratih Rianti dan Sopi Sopiah. Bidang usaha yang mereka pilih adalah kuliner, dengan memanfaatkan kuliner khas Bandung, yaitu Seblak. Dengan nama produk Seblak SR, mereka mampu meraup omzet per pekannya mencapai Rp. 800 ribu atau bila dihitung per bulan, dapat mencapai Rp. 3,2 juta.

Yang menarik, Ratih dan Sopi menggunakan modal yang tidak terlalu besar, bahkan dapat dikatakan sangat kecil, yaitu Rp. 200 ribu. Tetapi, berkat kegigihan mereka, kapasitas produksi usaha mereka meningkat, pasar dan konsumen yang dibidik semakin luas dan meningkatkan pula keuntungan yang diterima.

Sebenarnya, apa yang dilakukan Ratih dan Sopi ini bukan hanya dapat menjadi inspirasi usaha dalam hal permodalan awal dalam memulai usaha. Namun, Anda juga dapat melihatnya sebagai kejelian memanfaatkan peluang yang ada. Indonesia kaya akan produk kuliner, yang bila Anda sentuh dengan sedikit kreatifitas, maka akan dapat menjadi produk bernilai tinggi. Manfaatkan hal ini, maka Anda akan mendapatkan jalan karir terbaik menuju kesuksesan.

[Inspirasi Usaha dari Seblak Praktis]

2.Basreng

Tingginya peminat masyarakat akan basreng yang begitu besar hingga membuka kesempatan bisnis untuk dimanfaatkan. Camilan basreng juga sangat sesuai dijadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Hal ini bisa dilihat dengan penggemar basreng semakin hari semakin bukan justru malah menurun namun terus mengalami peningakatan yang begitu bagus. Usaha basreng bisa dimulai dengan cara yang mudah. Jika Anda merasa berminat untuk memulai peluang bisnis basreng.

Basreng Maicih bisa menjadi pilihan untuk memulai usaha kamu adalah keripik dengan olahan baso ikan dengan cara digoreng, tidak seperti baso kebanyakan yang diolah dengan cara direbus dan disajikan dengan kuah. Basreng itu sendiri merupakan akronim dari baso goreng. Basreng ini memiliki rasa yang gurih dan tingkat kepedasannya setara dengan keripik singkong maicih level 5.

Baca Mau Penghasilan Tambahan? – Yuk Daftar Jadi Reseller Maicih

3. Keripik Singkong

keripik-singkong-maicih
keripik-singkong-maicih

Keripik singkong adalah keripik paling dicari dan diminati oleh seluruh lapisan masyarakat, bahkan keripik singkong setiap tahun nya mengalami peningkatan dalam hal penjualan karena keripik singkong disukai oleh berbagai usia, keripik singkong sendiri telah mengalami perkembangan dan sekarang sudah di olah dalam berbagai varian rasa.

Baca Emak, gmn caranya kalau pengen jadi reseller?

4. Kuaci

Siapa tidak kenal Kwaci? Makanan ringan yang kerap menjadi teman di kala iseng dan santai. Tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya kebanyakan kwaci berasal dari biji bunga matahari? Dan tahukah Anda bahwa manfaat biji bunga matahari ini sangat berlimpah dan konon diakui sebagai salah satu makanan camilan paling bermanfaat?

5.Gurilem

Gurilem-Cililin-Maicih
Gurilem-Cililin-Maicih

Kerupuk Gurilem atau keripik gurilem ini dibuat tanpa proses penggorengan menggunakan minyak, tetapi digoreng diatas pasir yang sudah terlebih dahulu dibersihkan, sama seperti proses penggorengan kerupuk melarat atau kerupuk miskin atau kerupuk pasir dari Cirebon hanya saja kerupuk gurilem bentuknya kecil dan memanjang. Bahan dasar dari kerupuk ini adalah tepung tapioca yang diberi bumbu-bumbu khas kerupuk gurilem. Setelah kerupuk digoreng kemudian dicampurkan dengan bumbu berbagai macam rasa.

Baca Maicih Gurilem atau Maicih Buringkal?

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: