Yuk, Cek Kolesterol!

Beres Lebaran, beres liburan, biasanya ada sesuatu yang luput dari perhatian kita. Apa itu? Kesehatan! Hehe, iya habis makan enak selama liburan, jajan-jajan, dan wisata kuliner ke sana ke mari, lalu lupa cek kolesterol. Aduh, jangan sampai ya, karena mengecek tingkat kolesterol atau gula darah penting banget. Nggak hanya untuk ayah ibu kamu yang udah berumur, kamu yang tergolong usia muda juga baiknya mulai mengecek kolesterol secara rutin. Pasalnya, peningkatan kadar kolesterol itu bisa terjadi tanpa gejala.

kolesterol

Berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu harus rutin mengecek kolesterol, seperti dilansir oleh Women’s Health Mag.

1. Memicu kanker payudara
Produk hasil dari kolesterol berfungsi seperti hormon estrogen pada tikus. Sebuah penelitian di Duke Cancer Institute menemukan bahwa memiliki terlalu banyak produk sisa kolesterol ini bisa memicu pertumbuhan kanker payudara dan mempercepat penyebarannya.

2. Meningkatkan risiko alzheimer
Orang yang memiliki kolesterol tinggi berkemungkinan memiliki tumpukan plak pada otaknya. Hal ini berkaitan dengan risiko terkena demensia dan alzheimer, yaitu penyakit otak dan saraf yang biasa dialami oleh orang yang sudah tua.

3. Bisa menyebabkan tuli
Makanan yang kaya kolesterol tak hanya menyebabkan penumpukan plak kolesterol pada pembuluh darah dan memicu penyakit jantung, atau menyebabkan berat badan naik, namun juga bisa menyebabkan tuli. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition mengungkap bahwa makanan yang kaya kolesterol bisa menurunkan kemampuan pendengaran.

Beres ngecek kolesterol, jangan lupa untuk selalu menjaga angka kolesterol tubuh agar selalu seimbang. Mulai sekarang, jangan sampai telat untuk mengetahui tingkat kolesterolmu, ya!

emak Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
Tagged , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: