wisata? ini yang perlu anda siapkan sebelum berwisata

Hampir setiap orang pernah melakukan kegiatan wisata ke tempat tempat pariwisata. adapun yang harus kita ketahui ketika hendak melakukan kegiatan berwisata

Apa yang harus dipersiapkan?

Untuk pertanyaan di atas, saya berusaha memberikan informasi apa aja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan wisata

  1. Menentukan Lokasi Wisata ; sebelum melakukan wisata ke berbagai tempat, alangkah baiknya kita menentukan lokasi mana yang hendak kita kunjungi, supaya kita bisa mencari berbagai informasi tentang keaadan lokasi wisata tersebut, bagaimana cuaca yang sedang berlangsung, keamanan kondisi tempat wisata dan serta berapa lama kita akan berwisata
  2. Mempersiapkan dana yang cukup; perkiraan dana adalah salah satu hal yang paling riskan dalam menentukan  kemana kita berwisata. Karena disetiap tempat wisata membutuhkan biaya yang berbeda, seperti seberapa jauh jarak tempuh, berapa biaya moda transportasi yang kita butuhkan untuk sampai ke tempat wisata yang kita tuju, seberapa sulitkah tempat pengambilan uang (atm) di tempat wisata yang kita tuju. Usahakan anda telah mengatur jadwal pengeluaran uang yang akan anda lakukan dalam perjalanan tersebut, untuk mengurangi resiko mengeluarkan uang secara tidak efisien.
  3. Tempat Tinggal selama berwisata; Anda harus memperhatikan tempat dimana anda akan tinggal saat berwisata, apakah dirumah saudara atau teman, atau dipenginapan. Bila anda tinggal dengan saudara atau teman pastikan anda sudah memberitahu bahwa anda akan tinggal selama berwisata dan memberikah spesifikasi waktu berapa lama anda akan tinggal. Jika anda memutuskan untuk tinggal dipenginapan alangkah lebih baiknya anda melakukan reservasi terlebih dahulu untuk memastikan anda dapat tinggal diwaktu yang anda inginkan, dan memastikan ketersediaan tempat atau tidak.
  4. Tempat – tempat yang akan dikunjungi; sebelum berwisata ada baiknya kita membuat ittenary (jadwal perjalanan) wisata yang hendak kita tuju, untuk memudahkan pembagian waktu yang tepat dalam menghabiskan waktu berwisata anda.
  5. Menentukan alat transportasi; Dalam berwisata kita harus menentukan dengan apa kita akan melakukan perjalanan, dengan mobil, kereta, kapal laut, atau pesawat udara, dll. Jika menggunakan mobil anda harus tau jarak tempuh yang dilalui dan memastikan mobil berada dalam kondisi baik, bila anda melakukan perjalanan wisata dengan kereta anda harus tau dimana anda akan berhenti dan kapan jadwal kereta beroprasi untuk memudahkan anda tepat waktu dalam perjalanan, jika anda menggunakan kapal laut pastikan cuaca angin laut atau ombak dalam keadaan baik saat anda ingin bepergian dan cek kembali kualitas kapal yang anda tumpangi apakah layak digunakan atau tidak, bila anda menggunakan pesawat untuk berwisata anda harus memastikan cuaca dalam kondisi baik, pilihlah agen penerbangan yang baik agar perjalannan anda dapat berjalan dengan semestinya, anda harus mencari tahu jika akan ada transit dinegara lain atau tempat lainnya. Mengatur jadwal keberangkatan dengan baik juga harus anda lakukan dalam semua perjalanan yang menggunakan kendaraan.
  6. Mengurus izin perjalanan; Sebelum berwisata, terlebih dahulu mengurus segala izin perjalanan. Jika tempat yang dituju deket atau tidak keluar dari negara, insyaallah utusan perijinan lebih mudah. Namun, jika anda pergi kenegara lain anda harus memastikan telah memiliki passport dan visa tinggal di negara tersebut. Tentukan berapa lama anda tinggal dan buatlah visa sesuai dengan rencana yang anda inginkan. Teliti dengan baik proses membuat passport dengan seksama agar tidak ada kesalahan yang akan menyebabkan anda mengalami kesulitan saat hendak bepergian. Pastikan anda tidak melewati batas izin visa yang anda buat agar tidak bermasalah dengan pihak yang berwenang.
  7. Persiapan barang bawaan; Persiapkan barang bawaan anda minimal 1 hari sebelum berwisata,untuk memudahkan anda agar dapat mengecek terlebih dahulu barang bawaan dan tidak terburu-buru dalam menentukan barang apasajakah yang akan anda bawa. Untuk memudahkan anda buatlah catatan barang apasajakah yang paling penting untuk dibawa dan letakan dalam tas yang anda anggap aman untuk dibawa. Jangan terlalu penuh mengisi barang dalam tas dan apabila barang yang anda bawa sangat banyak anda dapat menggunakan tas lebih dari satu dan jangan lupa Siapkan ruangan untuk barang-barang yang akan anda beli ditempat wisata (oleh-oleh) dengan begitu saat kembali dari tempat wisata barang anda dapat diletakkan dengan rapi dan baik sehingga tidak merusak kualitas barang yang anda bawa.
  8. Periksa kembali persiapan, Cek kembali semua yang telah anda persiapkan terlebih dahulu, uang, izin bepergian bila anda pergi ketempat yang jauh, barang-barang bawaan, jadwal keberangkatan dan kepulangan anda juga tempat selama anda tinggal. Setelah semua telah dilakukan dan direncanakan dengan baik anda dapat melakukan perjalanan wisata dengan baik pula tentunya.

Sekian informasi tentang persiapan sebelum berwisata dari kami, semoga acara wisata kalian bisa lebih tertata.

Sumber: https://infowisatanesia.wordpress.com/2017/11/27/wisata-indonesia/

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: