Waspada si Pedas

Alarm Makanan Pedas

Kalau sudah tahu apa manfaat makanan pedas dari artikel yang sudah diposting sebelumnya beberapa hari yang lalu, kini saatnya meningkatkan alarm waspada sedikit lebih tinggi lagi. Kenapa? Banyak orang yang mengonsumsi makanan pedas yang punya tingkat kepedasan luar biasa, mengakibatkan hal-hal yang merugikan.

Idealnya sih, tiap orang punya alarm pedas yang harus bisa dikontrol. Kamu harusnya tahu batas makanan pedas yang bisa masuk ke dalam mulut. Nggak sampai di situ saja, kamu pun mesti tahu betul, adakah efek setelah makan makanan pedas? Sakit perut kah? Diare kah? Sembelit kah? Maag-nya kumat kah?

Varian Maicih

Spesialis pencernaan dari Moolchand Medcity, New Delhi, India, Dr SK Thakur, mengatakan bahwa rempah-rempah yang mengandung rasa pedas paling mungkin menyebabkan perut mulas, melilit, diare, dan iritasi pada lapisan mukosa lambung. Ini dikarenakan kandungan asam yang tinggi dalam makanan pedas.

Penyakit akibat tak bisa Kontrol Konsumsi Makanan Pedas

Di bawah ini ada beberapa penyakit yang mesti kamu waspadai dari konsumsi makanan pedas, kalau kamu nggak bisa mengontrol tingkat toleransi kepedasan untuk tubuh kamu:

  1. Refluks asam. Ini adalah pengaliran kembali isi lambung ke dalam kerongkongan yang bikin kamu muntah. Kalau terlalu sering, penyakit ini bisa menimbulkan peradangan, sakit, sampai rusaknya kerongkongan. Kalau sudah begini, bukan nggak mungkin dinding lambungmu ikutan rusak.
  2. Gastritis atau maag akut. Penyakit ini sih yang lumayan sering diderita mereka yang nggak bisa mengontrol toleransi pedas. Serangan ini biasanya nggak terlalu diacuhkan karena hanya sesekali, namun, jika terlampau sering dan dibiarkan, peradangan akan meluas. Waspada kalau sakit perut ini disertai dengan demam, muntah, mual, diare, dan sakit kepala.
  3. Tukak lambung. Hampir sama gejalanya dengan gastiris, namun tukak lambung ini melukai lapisan mukosa sensitif. Akibatnya, perut kamu akan terasa terbakar, mual, muntah, dan penurunan berat badan. Yang disebut terakhir mungkin menguntungkan ya, tapi kalau pakai muntah dan mual, nggak, deh!
  4. Insomnia. Mengonsumsi makanan pedas bisa meningkatkan temperatur tubuh. Ini yang menyebabkan kamu susah tidur jika makan makanan pedas sebelum waktu tidur. Atur aja jadwal makan makanan pedas supaya nggak mengganggu waktu istirahatmu.

emak Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
Tagged ,

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of