Si Pedas Yang Istimewa

Makanan Pedas Kegemaran Orang Indonesia

Kebanyakan orang Indonesia, menggemari makanan yang kaya rempah. Rasa gurih, asam, manis, bahkan pedas, jadi salah satu kriteria makanan yang biasa dicari. Maicih salah satu pelopor keripik pedas, tentunya jadi kudapan pedas yang selalu dicari untuk dinikmati. Banyak yang nggak tahu kalau makanan pedas ini selain nikmat, punya beberapa manfaat yang bisa diambil tubuh.

makanan-pedas

Manfaat Makanan Pedas

Salah satu sumber rasa pedas yang umum dipakai adalah cabai. Yes, cabai alias cabe ini, banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Keistimewaan cabai adalah kandungan capsaicin, yakni zat penyebab sensasi rasa terbakar saat bersentuhan dengan jaringan dalam tubuh. Si capsaicin ini terletak di urat putih tempat biji cabai melekat. Zat ini mampu merangsang produksi hormon endorfin yang membangkitkan sensasi kenikmatan. Itu salah satu alasan kenapa keripik pedas Maicih nikmat disantap.

MAICIH-PRODFAM_MRC_7460

Cabai yang tergolong ke dalam buah-buahan ini memang memiliki sensasi pedas yang berbeda ketimbang merica atau jahe. Sensasi yang dihasilkan cabai, mampu menghalangi aktivitas otak untuk menerima sinyal rasa sakit. Maka dari itu, cabai dipakai sebagai salah satu bahan pembuatan analgesik – obat pereda sakit.

Nggak hanya itu, kandungan vitamin C dan betakaroten pada cabai cukup besar, sebanyak 84mg dan 260 SI/100g. Jumlah ini lebih tinggi ketimbang buah-buahan seperti manga, jeruk, dan papaya.

Buah cabai yang berwarna hijau sangat kaya akan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Capsaicin yang terkandung di dalam cabai hijau pun berfungsi melindungi Deoxyribonucleic acid (DNA) melawan karsinogen (penyebab kanker). Sementara, cabai paprika merah vitaminnya dua kali lebih banyak dibandingkan dengan jenis cabai lainnya.

Hasil penelitian dari American Association for Cancer Research mengungkapkan, zat capsaicin dapat membunuh sel kanker prostat. Penelitian di China dan Jepang, mengungkap bahwa zat ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel leukemia.  Nah, setelah baca ini, jadi tau kan, kalau makan makanan pedas ternyata banyak juga manfaatnya?

emak Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
Tagged ,

2
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Lagi Sakit? Cek Makanan Di Bawah ini! | Maicih.comMakanan Pedas -- Waspada Si Pedas | Maicih.com Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] sudah tahu apa manfaat makanan pedas dari artikel yang sudah diposting sebelumnya beberapa hari yang lalu, kini saatnya meningkatkan […]

trackback

[…] 4. Makanan pedas […]