Pilih Makanan Berserat saat Sarapan untuk Cegah Otot Kaku saat Bekerja

SAAT menyelesaikan pekerjaan di kantor, Anda mudah saja mengalami nyeri sending atau otot kaku. Untuk mencegah, Anda bisa memilih menu sarapan dengan sumber pangan serat.

Contohnya, saat sarapan pilih makan buah dan sayuran segar, gandum utuh, sereal gandum atau bahkan roti gandum. Agar tambah kenyang, Anda juga bisa menyantap satu sendok nasi merah.

Di pagi hari, Anda butuh mengonsumsi makanan yang mudah dicerna. Lalu, selanjutnya dapat mempermudah gerakan usus, serta menyediakan energi cukup. Tak lupa makanan sumber serat tersebut juga memiliki efek anti-inflamasi. Itu juga berkat kandungan asam lemaknya dalam sumber makanan yang Anda lahap.

Berkaitan dengan itu, Anda juga harus mencegah terjadinya nyeri sendi dan kekakuan otot yang kerap dikeluhkan. Terutama bagi pekerja kantoran yang banyak menghabiskan waktu untuk duduk di depan komputer.

Berdasarkan sebuah penelitian, makan sarapan kaya serat yang terdiri dari sereal dan cukup banyak buah dan sayuran sepanjang hari, apat membantu menjaga perkembanganbiakan bakteri baik di usus. Efek positifnya memiliki pengaruh mencegah penyakit sendi inflamasi kronis dan mencegah nyeri tulang.

Temuan yang dipimpin oleh periset di Friedrich Alexander Universitat Erlange Nurnberg (FAU) di Jerman menunjukkan, makanan sehat yang kaya akan serat mampu mengubah bakteri usus sedemikian rupa. Sehingga lebih banyak asam lemak pendek, terutama propionate yang terbentuk.

Asam lemak berkadar pendek sangat penting bagi tubuh karena menyediakan energi, merangsang gerakan usus dan memiliki efek anti-inflamasi.

“Kami dapat menunjukkan bahwa diet ramah bakteri memiliki efek anti-inflamasi, serta efek positif pada kepadatan tulang,” kata pemimpin penulis Mario Zaiss dari FAU, dilansir Zeenews, Selasa (16/1/2018).

Ada rekomendasi diet yakni bisa dilakukan di pagi hari. Yakni pertimbangkan makan sayuran dan buah yang cukup setiap pagi.

“Makan buah dan sayuran sepanjang hari membantu mempertahankan beragam spesies bakteri,” Zaiss menambahkan.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Nature Communications, tim berfokus pada asam lemak rantai pendek propionat dan butirat. Ini terbentuk selama proses fermentasi yang disebabkan oleh bakteri usus.

Asam lemak ini dapat ditemukan, misalnya, dalam cairan sendi dan diasumsikan bahwa mereka memiliki efek penting pada fungsionalitas sendi.

Para periset juga membuktikan bahwa konsentrasi asam lemak rantai pendek yang lebih tinggi, misalnya di sumsum tulang, yang mana propionat menyebabkan pengurangan jumlah sel yang merendahkan tulang. Juga memperlambat degradasi tulang ke bawah.

“Temuan kami menawarkan pendekatan yang menjanjikan untuk mengembangkan terapi inovatif untuk penyakit sendi inflamasi. Serta untuk mengobati osteoporosis, yang sering diderita oleh wanita setelah menopause,” Zaiss mencatat. (dno)

harga maicih, sejarah maicih, pemilik maicih, maicih online, maicih online kota bandung jawa barat, harga keripik maicih di alfamart, distributor keripik maicih, maicih kota bandung, jawa barat

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: