Perbedaan CV. Maicih dan PT.Maicih Inti Sinergi

Logo Keripik Maicih
Logo Keripik Maicih

CV Maicih atau Maicih hadap depan yang dipimpin oleh Bob Merdeka, secara packaging berbeda dibandingkan Maicih hadap samping. Yang pertama jelas logo Emaknya. Logo CV. Maicih Ada makna yang tersirat dari logo terakhir ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman. Bersamaan dengan itu pula, Maicih telah memperoleh izin dari Dinkes Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), serta mendapat LP POM MUI untuk sertifikat halal. Sementara PT.Maicih Inti Sinergi yang dipimpin oleh Reza Nurhaliman menggunakan logo kedua CV. Maicih yang digunakan pada Januari 2011 yang bisa dilihat di Profil Keripik Maicih Asli

Legalitas CV. Maicih

Selain Legalitas Usaha yang bisa kamu baca di Profil Keripik Maicih Asli,Keunggulan CV. Maicih adalah dengan logo maicih hadap depan adalah CV. Maicih memiliki Hak Merk Dagang yang dilindungi oleh undang-undang yang berlaku di Indonesia. Kepemilikan Hak Merk Macih yang tidak dimiliki PT.Maicih Inti Sinergi yang dipimpin oleh Reza Nurhaliman bisa cek https://maicih.co.id/old/galeri-foto/legalitas-produk-pt-maicih-inti-sinergi/  bisa dibuktikan dengan lampiran berikut:

Sertifikat Hak Merk Keripik Maicih Dimas Ginanjar Merdeka
Sertifikat Hak Merk Keripik Maicih Dimas Ginanjar Merdeka

Pengertian Hak Merek 

Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa. (Menurut UU No.15 Tahun 2001)

Merek dapat dibedakan dalam beberapa macam, antara lain:

  1. Merek Dagang: merek digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang/beberapa orang/badan hukum untuk membedakan dengan barang sejenis.
  2. Merek Jasa: merek digunakan pada jasa yang diperdagangkan oleh seseorang/beberapa orang/badan hukun untuk membedakan dengan jasa sejenis.
  3. Merek Kolektif: merek digunakan pada barang/jasa dengan karakteristik yang sama yang diperdagangkan oleh beberapa orang/badan hukum secara bersama-sama untuk membedakan dengan barang/ jasa sejenisnya.

Sedangkan pengertian dari Hak Merek adalah hak ekslusif yang diberikan oleh negara kepada pemilik merek terdaftar dalam daftar umum merek untuk jangka waktu tertentu dengan menggunakan sendiri merek tersebut atau memberikan ijin kepada pihak lain untuk menggunakannya.

Fungsi Merek

Menurut Endang Purwaningsih, suatu merek digunakan oleh produsen atau pemilik merek untuk melindungi produknya, baik berupa jasa atau barang dagang lainnya, menurut beliau suatu merek memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Fungsi pembeda, yakni membedakan produk yang satu dengan produk perusahaan lain
  2. Fungsi jaminan reputasi, yakni selain sebagai tanda asal usul produk, juga secara pribadi menghubungkan reputasi produk bermerek tersebut dengan produsennya, sekaligus memberikan jaminan kualitas akan produk tersebut.
  3. Fungsi promosi, yakni merek juga digunakan sebagai sarana memperkenalkan dan mempertahankan reputasi produk lama yang diperdagangkan, sekaligus untuk menguasai pasar.
  4. Fungsi rangsangan investasi dan pertumbuhan industri, yakni merek dapat menunjang pertumbuhan industri melalui penanaman modal, baik asing maupun dalam negeri dalam menghadapi mekanisme pasar bebas.

Fungsi merek dapat dilihat dari sudut produsen, pedagang dan konsumen. Dari segi produsen merek digunakan untuk jaminan nilai hasil produksinya, khususnya mengenai kualitas, kemudian pemakaiannya, dari pihak pedagang, merek digunakan untuk promosi barang-barang dagangannya guna mencari dan meluaskan pasaran, dari pihak konsumen, merek digunakan untuk mengadakan pilihan barang yang akan dibeli.

Sedangkan, Menurut Imam Sjahputra, fungsi merek adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai tanda pembeda (pengenal);
  2. Melindungi masyarakat konsumen ;
  3. Menjaga dan mengamankan kepentingan produsen;
  4. Memberi gengsi karena reputasi;
  5. Jaminan kualitas.

Sumber: https://whrtinisaputri.blogspot.co.id/2016/05/pengertian-hak-cipta-hak-paten-hak.html

Menghargai hasil karya orang lain merupakan salah satu upaya membina keserasian dan kerukunan hidup antar manusia agar terwujud kehidupan masyarakat yang saling menghormati dan menghargai sesuai dengan harkat dan derajat seseorang sebagai manusia. Menumbuhkan sikap menghargai hasil karya orang lain merupakan sikap yang terpuji karena hasil karya tersebut merupakan pencerminan pribadi penciptanya sebagai manusia yang ingin dihargai.

Hadits Nabi Muhammad SAW: “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bekerja dan menekuni pekerjaanya.” (HR Baihaqi). Kita tidak dapat mengingkari bahwa keberhasilan seseorang tidak dicapai dengan mudah dan santai tapi dengan perjuangan yang gigih, ulet, rajin dan tekun serta dengan resiko yang menyertainya. Oleh karena itu, kita patut memberikan penghargaan atas jerih payah tersebut. Isyarat mengenai keharusan seseorang bersungguh-sungguh dalam berkarya dijelaskan dalam Al Qur’an sebagai berikut.

Artinya : “…Karena sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari satu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh kerjaan yang lain.” (QS Al Insyirah : 5-7).

Sumber: https://salwintt.wordpress.com/bahan-ajr-pai/materi-bahan-ajar/kelas-xi/menghargai-karya-orang-lain/

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , , , , , , , ,

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Alamat Pabrik Keripik Maicih Bandung – MAICIH Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] PT Maicih Inti Sinergi? Jika masih bingung sebaiknya incu membaca kembali postingan mengenai Perbedaan CV. Maicih dan PT.Maicih Inti Sinergi untuk lebih jelasnya, Pabrik CV. Maicih berlokasi di Jalan Primaraga No.6 Cingised, Cisaranten […]