Pentingnya Liburan Bahkan Untuk Anda Workaholic Sekalipun

Liburan Sumber: Pixabay

Pekerjaan dan rutinitas di kantor yang padat dapat membuat pikiran dan tubuh kita kelelahan. Otak yang bekerja terlalu keras dapat membuat kita merasa penat dan jenuh setelah sibuk bekerja tiap harinya. Bahkan untuk workaholic yang menyukai dan sangat mementingkan pekerjaannya sekali pun liburan sangat dibutuhkan.

Kapasitas otak dan daya tahan tubuh manusia memiliki batasn. Jika dipaksa bekerja lebih dari kemampuannya maka tubuh akan melemah dan mudah terserang berbagai penyakit. Dengan berlibur stres yang dirasakan akan hilang dan pikiran kembali segar sehingga siap untuk bekerja kembali.

Untuk Anda para workaholic yang lebih sering menghabiskan waktu untuk bekerja dan kerap mengabaikan kesempatan berlibur kini adalah saat yang tepat untuk mulai merencanakan perjalanan liburan Anda. Tidak hanya terasa menyenangkan, liburan juga akan memberikan beragam manfaat positif yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja Anda , yaitu :

Menghilangkan rasa stres

Setelah bekerja keras terus-menerus otak manusia membutuhkan waktu untuk beristirahat dan melakukan regenerasi sel. Otak yang kelelahan membuat Anda sulit untuk berkonsentrasi sehingga dapat menurunkan kualitas kerja Anda. Liburan akan membuat pikiran kembali jernih dan mengembalikan semangat sehingga produktivitas kerja akan meningkat.

Baik untuk kesehatan tubuh

Berdasarkan penelitian kondisi psikologis seseorang juga dipengaruhi oleh jumlah liburan yang dialaminya di sela-sela pekerjaan dan rutinitas. Orang yang menghabiskan lebih banyak waktu liburan akan berpeluang lebih besar untuk terhindar dari berbagai penyakit.

Meningkatkan daya kreativitas

Kegiatan sehari-hari yang monoton dan sudah menjadi rutinitas semata membuat otak kehilangan ide-ide baru dan juga inspirasi. Akibatnya pekerjaan menjadi tidak kreatif dan menjemukan. Dengan berlibur Anda akan melihat hal-hal baru yang bisa memicu otak untuk kembali bekerja dengan penuh kreasi dan imajinasi.

Meningkatkan rasa percaya diri

Berlibur dapat menjadi suatu tingkat pencapaian diri seseorang. Setelah bekerja keras maka sudah sepantasnya Anda memanjakan diri dengan memberikan waktu luang untuk berlibur. Orang yang lebih banyak berlibur dengan menggunakan uang hasil upaya kerasnya akan merasa lebih percaya diri dan puas. Ini juga dapat menjadi motivasi untuk terus bekerja lebih baik lagi.

Demikianlah berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari berlibur. Untuk seorang pekerja keras sekalipun masa liburan ini menjadi kebutuhan penting yang perlu dilakukan secara berkala. Sisihkanlah sebagian pendapatan Anda untuk berlibur agar produktivitas kerja dapat terus meningkat.

Penulis: Vimala Hills
Property Management at PT. Putra Adhi Prima
Sumber Gambar: pixabay.com
Sumber Artikel: https://id.linkedin.com/pulse/pentingnya-liburan-bahkan-untuk-anda-workaholic-sekalipun-hills

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , ,

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of