Pasar Khas Lebaran di Oman

Sama seperti di Indonesia, di negara Oman juga ada tradisi belanja heboh sebelum Lebaran. Terletak di Muscat, Oman, ada pasar yang bernama Pasar Eid Habta, yang merupakan bagian dari tradisi selama berabad-abad di Kesultanan Oman. Pasar ini merupakan pasar terbuka yang bisa didatangi ribuan pengunjung.

Biasanya digelar selama sepuluh hari sebelum Lebaran di seluruh wilayah administratif kesultanan. Tiap wilayah atau desa memiliki waktu yang berbeda untuk pasar Eid Habta ini. Wilayah Wadi Bani Khalid memiliki empat pasar Habta, yaitu Al Khalidyah, Souq Masal’ha, Omq, dan Al Howariyah. Pasar ini mulai buka tanggal 23 Ramadan-27 Ramadan, dan akan ada lagi pada saat Idul Adha.

eid habta

Di wilayah Al Kamil Wa Al Wafi, pasar buka tanggal 28 dan 29 Ramadan, sedangkan di wilayah Sur dan Bidiyah, pasar diadakan tanggal 26 Ramadan, di Al Muntrib dan Al Wasil buka tanggal 29 Ramadan. Di beberapa wilayah lain juga dibuka Pasar Eid Habta, seperti di Sumail, Suror, Al Safala, Bahla, dan Baushar.

Pasar Eid Habta ini biasanya dibuka pagi hari dan berakhir setelah salat Zuhur. Barang yang dijual pun barang-barang khas Idul Fitri, tapi hasil peternakan merupakan salah satu yang paling penting, karena mereka biasanya disembelih untuk Idul Fitri dan Idul Adha. Pasar ini juga menjual hadiah, mainan, permen, dan macam-macam tekstil. Mirip dengan di Indonesia, ya? ***

 

emak Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
Tagged ,

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of