Mau Penghasilan Tambahan? – Yuk Daftar Jadi Reseller Maicih

peluang-usaha-keripik-maicih
Program Reseller Maicih

Bagi Kamu yang tak memiliki modal untuk usaha, maka dengan menjadi reseller adalah cara yang tepat untuk memulai bisnis Kamu. Namun bagi mereka yang tidak mengetahui bagaimana cara kerja reseller, tentu akan banyak pertanyaan terkait dengan hal ini. Bagaimana cara menjadi resellertanpa modal? Lalu, apa yang harus saya persiapkan untuk menjadi reselleronline?

Memang benar bahwa skema dropshift atau yang lebih populer dengan reseller merupakan usaha paling mudah dan cepat untuk Kamu yang tidak mempunyai modal untuk membangun sebuah usaha. Dengan menjadi reseller, berarti Kamu telah menjadi bagian dari saluran distribusi atas produk milik suatu merek tertentu. Ini artinya, Kamu harus benar-benar mengusai dan mengerti tentang produk yang akan Kamu jual (product knowledge).

Jika Kamu tertarik untuk menjadi reseller, berikut adalah beberapa hal yang harus Kamu pahami terlebih dahulu untuk mencari, menilai, dan menangkap peluang yang tepat untuk Kamu!

Menemukan Produk yang Tepat
Jika Kamu ingin memulai usaha dengan menjadi reseller online, langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah dengan menentukan jenis produk yang akan Kamu jual. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penting bagi Kamu untuk mengetahui product knowledge. Tujuannya adalah, agar Kamu dapat lebih mudah menjelaskan keunggulan produk dan mempromosikannya ke customer Kamu. Jika kamu memilih produk aneka keripik maicih berarti kamu harus  mempelajari product knowledgenya, mulai dari variannya, kemudian kemasannya, harganya, dan bentuk keripiknya.

45ee1954-abf9-453c-9a30-70775a185b7f
Keripik Maicih

Memperhitungkan dan Mengenali Kompetitor
Semakin sedikit kompetitor Kamu dalam menjalankan bisnis reseller, maka hal ini akan menguntungkan bagi Kamu. Sering kali, suppliers tidak akan membiarkan terlalu banyak reseller menjual produknya di daerah yang sama. Hal ini dikarenakan, dapat memulai ‘perang harga’  dan hal ini dapat menjadi bom bunuh diri yang mempertaruhkan nama baik merek dari suppliers. Untuk itu, Kamu harus mengetahui seberapa banyak kompetitor Kamu? Berapa besar kompetitor Kamu memasang harga? Selain masalah tersebut, bagaimana cara Kamu membedakan bisnis reseller Kamu dengan kompetitor Kamu? Misalnya, dengan cara menawarkan produk tambahan dan layanan. Atau, apakah Kamu benar-benar hanya bersaing melalui harga?

kompetitor

Kompetitor bukan berarti produk yang berlainnan jenis saja, tapi periksa kembali reseller lainnya memasang harga, untuk mengeceknya kamu bisa menggunakan tokopedia untuk produk yang sama, kemudian sort mulai harga terendah hingga harga tertinggi. Jadi perhitungkan juga ongkos kirim ke dalam harga jual, jangan sampai kamu mengikuti harga reseller lainnya tapi tidak dapat untung.

Periksa Apakah Bisnis Reseller Kamu Benar-benar Layak Dijalankan
Cara selanjutnya untuk menjadi reseller online adalah dengan memeriksa kelayakan bisnis reseller Kamu. Berarti, sejak awal Kamu telah memperhitungkannya melalui kalkulasi sementara. Hal ini untuk menghindari kerugian yang ditimbulkan saat Kamu benar-benar menjalankan usaha bisnis ini. Untuk itu, berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu Kamu mengidentifikasi apakah usaha Kamu dengan menjadi reseller online benar-benar sudah layak?

Berapa banyak Kamu akan membeli produk dari suppliers?
Siapa yang akan menjadi pembeli produk reseller Kamu? (target market)Berapa banyak produk yang nantinya akan Kamu jual?

Berapa biaya pengiriman yang biasa dipatok oleh jasa pengiriman barang?
Setelah mengetahui hal tersebut, Kamu dapat menggunakan kalkulasi sederhana untuk menghitung pendapatan Kamu. Cukup sederhana, perkirakan jumlah biaya yang didapatkan dari hasil penjualan dan dikurangi dengan biaya total pengeluaran Kamu saat membeli produk dari supplier. Hasilnya akan menentukan apakah dengan menjadi reseller online akan memberikan keuntungan bagi Kamu.

Memulai Langkah Awal dengan Membuat Website atau membuat akun jualan.
Untuk memulai langkah awal menjadi reseller online, berarti Kamu harus memerlukan domain dan website. Untuk itu, Kamu bisa mendaftarkan diri untuk membuat domain yang dilakukan secara cepat melalui online, dan pilih web hosting yang mudah dan murah. Atau, jika Kamu tidak ingin mengeluarkan biaaya untuk pembuatan web hosting, Kamu dapat memilih web hosting yang menyediakan website secara gratis.

logo-marketplaces
Marketplace Indonesia

Website Gratis kamu bisa menggunakan blogger.com atau wordress.com. Selain website gratis kamu juga bisa menggunkan marketplace seperti Tokopedia, LINE Shopping, Bukalapak, Jualo, Shopee, Blibli, dan masih banyak lagi.

Selain itu persiapkan juga akun sosial media yang akan kamu gunakan untuk berjualan. Selalu gunakan prinsip “Sharing-sharing dahulu berjualan kemudian”

(WJ)

Sumber: https://digitalmarketer.id/productivity/cara-menjadi-reseller-online-tanpa-modal/

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , , , , , , ,

2 thoughts on “Mau Penghasilan Tambahan? – Yuk Daftar Jadi Reseller Maicih

  1. […] Baca Mau Penghasilan Tambahan? – Yuk Daftar Jadi Reseller Maicih […]

  2. […] Untuk itu cobalah untuk memasarkan makanan cemilan ini di pusat-pusat kerumunan di saat musim liburan seperti akhir tahun ini. Untuk memulai bisnis makanan cemilan ini tidaklah membutuhkan modal yang tidak terlalu besar, karena kamu bisa memulainya dengan bergabung menjadi reseller maicih baca juga Mau Penghasilan Tambahan? – Yuk Daftar Jadi Reseller Maicih […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: