Masjid-masjid Berpengaruh di Eropa

Masih dalam suasana Ramadhan nih, kali ini yang bakal kita bahas adalah masjid. Yap, tempat beribadah umat muslim ini kadang bisa jadi rujukan sejarah perkembangan Islam di sebuah negara. Namun, seiring perkembangan zaman, pembangunan masjid bukan hanya untuk beribadah umat muslim saja, tapi juga bisa sebagai tempat untuk belajar bagi muslim atau non muslim seluruh dunia.
Ada 5 bangunan masjid di Eropa yang dinilai paling berpengaruh untuk dunia pendidikan.
1. Masjid Sentral di Inggris
Masjid Sentral London atau The London Central Mosque and Islamic Cultural Centre (ICC) adalah salah satu masjid populer di kawasan Inggris Raya. Pembangunan masjid yang biasa disebut Masjid Regent’s Park ini dibangun sebagai bentuk penghargaan kepada Muslimin di Inggris Raya yang ikut serta membela Inggris dan sekutu selama perang dunia II. Bahkan Masjid Sentral London ini menjadi Islamic Center terpenting dan paling aktif di Inggris Raya, Eropa, dan Amerika.
2.  The Mosque in Clonskeagh di Irlandia
Di Irlandia berdiri sebuah masjid bernama Clonskeagh atau The Mosque in Clonskeagh. Masjid ini juga merupakan sebuah pusat kebudayaan Islam Irlandia yang biasa disebut The Cultural Centre of Ireland atau ICCI. Terletak di Dublin, Irlandia, masjid ini digunakan sebagai tempat perkantoran Dewan Eropa untuk Riset dan Fatwa atau the European Council for Fatwa and Research (ECFR).
3. Masjid Memorial Moskow di Rusia
Dibangun di Victory Park di Poklonnaya Hill, Moskow, Rusia. Masjid Memorial Moskow sengaja dibangun pemerintah di Victory Park untuk mengenang peringatan Perang Dunia II. Perlu diketahui bukit Poklonnaya Hill sarat dengan sejarah kemenangan Rusia atas serbuan pasukan Napoleon Bonaparte. Di Poklonnaya Hill menjadi rumah bagi satu dari empat masjid di Moskow.
4. Masjid Agung Konstantia di Romania
Sejarah Islam di Romania memiliki catatan yang cukup panjang. Di negara ini pernah menjadi bagian dari kekhalifahan Turki Usmani selama lima abad. Meski pemeluk Islam di Romania minoritas, tetapi sejarah yang panjang itu membuat masyarakat Romania tak asing lagi dengan Islam. Terdapat Masjid Agung Konstantia, yang namanya diambil dari nama kotanya, Konstantia atau Constanta, yang merupakan kota terbesar kedua di Romania. Konstantia menjadi rumah bagi Masjid Agung Konstantia dan merupakan kantor mufti konstantia serta pusat Islam Romania.
5. Masjid Ali Pasha di Bosnia and Herzegovina
Terletak di kota Sarajevo ibukota Bosnia and Herzegovina, Masjid Ali Pasha merupakan salah satu masjid tertua. Masjid bergaya klasik Imperium Usmaniah ini dibangun pada 1561-1562 sebagai wakaf abadi dari Hadim Ali Pasha, Gubernur Imperium Usmaniah untuk wilayah administrasi distrik Budapest. Pada 2005 masjid ini disahkan sebagai monumen nasional Bosnia and Herzegovina.

emak Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
Tagged

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of