Mari Kurangi Sampah

Nggak habis-habis rasanya kalau ngomongin sampah. Nggak yang tinggal di kota besar, kota kecil, desa, atau kampung nun jauh di pelosok Indonesia, rasanya punya permasalahan yang sama. Sampah. Masih bisa nggak sih, mengurangi jumlah sampah, atau mengurangi jumlah orang yang suka membuang sampah nggak pada tempatnya? Optimis bisa lah, ya. Di bawah ini ada cara yang lumayan bisa ditiru untuk mengurangi sampah di sekitarmu.

 

1. Selalu menggunakan tumbler

Ini sepele banget sih, ya. Kita punya kebiasaan untuk membeli minuman dalam botol plastik. Padahal tiap tahunnya, 3 juta ton sampah plastik dunia berasal dari botol air minuman kemasan sekali pakai. Kalau di Amerika sana, 80% botol plastik ini sudah didaur ulang. Di Indonesia juga sudah mulai gerakan seperti itu, namun angkanya masih kecil. Maka dari itu, mulai sekarang mari kita bawa tumbler yang bisa digunakan berkali-kali, seperti botol dari stainless steel atau yang bebas BPA.

2. Bawa tas belanja sendiri

Jumlah sampah kantong plastik yang dibuang manusia tiap tahunnya mencapai angka 500 milyar hingga satu triliun (sekitar sejuta kantong plastik tiap menitnya). Sampah jenis ini yang paling susah diurai dan membutuhkan waktu 1000 tahun. Yuk ah, dari sekarang, kalau belanja mendingan bawa tas sendiri, atau kalau belanja dikit, nggak usahlah minta-minta kantong plastik ke mbak-mbak tokonya.

3. Mengonsumsi makanan yang tidak dikemas

Ya, emang sih kita agak sulit melawan hasrat melihat makanan dengan kemasan menarik. Sayangnya, kemasan ini bisa bikin sampah tambah banyak, so pilih makanan yang kemasannya lebih ramah lingkungan, atau sekalian, pilih yang tanpa kemasan. Produk Maicih meski memakai kemasan yang oke, tapi ada kontribusi untuk lingkungan, dengan program one coin one leaf-nya itu.

4. Memasak makanan segar

Udah pasti makanan segar bikin tubuh jadi sehat juga ya. apalagi menurut penelitian di Portland, AS, menunjukkan bahwa konsumsi makanan segar bisa menghemat pengeluaran sekitar 30-60%.

5. Daur ulang

Konsep reduce, reuse, recycle ini kudu terus diterapkan, karena terbukti mengurangi kemasan plastik. Data dari pemerintah Amerika Serikat menunjukkan kalau 75% sampah yang ada bisa didaur ulang. Jadi, jangan asal membuang sampah dan bijak juga ya dalam menggunakan produk yang berpotensi menjadi sampah!

emak Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
Tagged , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: