Makanan organik

Makanan Organik Bukan Jaminan — Makanan Organik

Zaman sekarang banyak banget ya, resto yang memasukkan menu makanan organik. Makanan yang diproduksi secara alami mulai dari lahan, proses perawatan, penyimpanan, dan pemasaran sampai ke tangan konsumen tanpa bantuan bahan kimia, pestisida, atau yang lainnya.

Nggak sedikit juga yang sudah mulai menerapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan organik atau bahkan dengan mengonsumsi raw food. Eh, tapi ya, makanan organik ini ternyata belum dijamin sehat. Kenapa? Simak yuk!

1. Belum ada jaminan makanan organik di Indonesia

Produk-produk organik di Indoneisa adalah produk pangan yang bebas dari pestisida dan telah mendapat label SNI. Namun, negara kita belum punya badan khusus yang menangani makanan organik ini dan tidak ada kajian khusus terhadap makanan organik yang ada. Gampangnya sih, belum ada standar khusus yang haris diperhatikan para petani dan penjual bahan makanan organik, kayak yang udah ada di Jepang, Amerika, Thailand, India, dan Australia.

maicih-@Alexaqiu

2. Petani dan pedagang yang (masih) nakal

Karena nggak ada kajian khusus terhadap bahan pangan organik ini, ada aja petani dan pedagang yang nakal. Maksudnya, mereka ini melabeli sendiri hasil budidaya bahan pangan mereka dengan label organik, padahal mereka masih memakai bahan kimia untuk perawatannya.

Ini terjadi karena bahan makanan organik lebih mahal ketimbang yang biasa, jadi banyak yang memanfaatkan supaya untung lebih banyak. Nah, yang harus hati-hati konsumen, nih!

3. Makanan organik = hidup sehat

Iya betul, makanan ini memang lebih menyehatkan untuk tubuh karena nggak mengandung bahan kimia. Tapi makanan ini bukan jaminan untuk hidup sehat, apalagi kalau dimasak memakai MSG dan lainnya. Butuh effort yang sangat kuat untuk bisa hidup sehat, bukan hanya karena makanan organik saja.

Untuk hidup sehat, perlu juga dibarengi dengan gaya hidup yang sehat juga. Olah raga teratur, tidur cukup, mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan tubuh, indeks kebahagian selalu meningkat, juga jadi salah satu penentunya. Jadi, barengi konsumsi makanan organik dengan hal-hal di atas, ya! *

emak Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
Tagged , , , , ,

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of