Makanan Berbuka Puasa di Negara Lain

Beduk Magrib kayaknya jadi hal yang paling ditunggu-tunggu selama Bulan Ramadan ini. Hayoo, kamu puasanya lancar nggak? Atau udah ada bolongnya? Haha, semoga semuanya lancar ya! Di bawah ini ada info seru tentang makanan berbuka puasa di beberapa negara muslim. Sok ah, berani nyoba nggak, kalau disuguhi takjil seperti ini?
1. Pide Bread – Turki
Ini adalah roti panggang yang hanya dijual selama Ramadan. Biasanya, resto-resto di Turki punya satu set menu berbuka: sup iftariye, roti pride, pastirma, sujuk, dan berbagai kue yang disebut börek.
Hidangan utama makan khas negara yang didominasi umat muslim ini yakni makanan tradisional yang dinamakan Ottoman. Sedangkan makanan pencuci mulut yang cukup dikenal terbuat dari campuran air mawar yang dinamakan güllaç.
2. Salad Mezza – Lebanon
Di negara ini, daging panggang jadi menu utama saat berbuka. Tapi untuk takjil, ada salad mezza yang menggunakan kacang kering, houmous yang merupakan saus pelengkap makan, falafel yang menyerupai kroket. Juga ada batata harra yang menggunakan bahan baku kentang dengan campuran paprika merah, ketumbar, cabai, dan bawang putih.
3. Mansaf dan Qatayef – Yordania
Mansaf adalah makanan menggunakan bahan baku daging domba yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah.Sedangkan qatayef merupakan makanan yang menyerupai pancake berisi kenari dan gula dengan aroma kayu manis yang kuat. Sirup madu biasanya digunakan untuk menikmati kelezatan qatayef.
4. Ful Medames – Mesir
Ful medames merupakan kacang fava tumbuk yang dimasak dan disajikan dengan parsley, bawang putih, bawang bombay, dan perasan jeruk lemon.
Saat dihidangkan medames biasanya menggunakan telur rebus. Selain ful medames, menu berbuka lainnya yakni molokheya yang dibuat dari campuran ayam dan nasi.
5. Samosa – Pakistan
Samosa merupakan makan khas menyerupai pastel yang berbentuk segitiga dan di dalamnya berisi kentang pedas, bawang bombay cincang, kacang-kacangan, dan daging cincang yang digunakan bisa berupa daging domba, daging sapi, dan ayam.
Selain samosa, fruit chaat juga menjadi pilihan saat berbuka puasa. Fruit chaat itu potongan buah pepaya, pisang, jeruk, delima merah, anggur, apel, nanas, dan kentang atau ubi manis yang sebelumnya telah dikukus. Potongan buah ini dihidangkan dengan disiram saus berwarna kecoklatan dengan rasa manis dan sentuhan rempah-rempah yang tajam.
6. Piyaju, Beguni, Jilapi, Muri – Bangladesh
Muslim di Bangladesh memiliki beberapa khas yang umumnya disajikan saat berbuka puasa. Piyaju, beguni, jilapi, muri, halim, tanggal, samosa, dal puri, chola, dan berbagai buah-buahan merupakan pilihan menu saat takjil di Bangladesh. Selain makanan, muslim Bangladesh juga kerap menyajikan minuman segar seperti rooh afza dan sorbet lemon.
7. Harira – Maroko
Sup tradisional yang datang dari daerah Maroko, Afrika Utara. Sup ini memiliki kalori yang cukup tinggi dan sangat baik untuk berbuka puasa. Makanan berupa sup cincangan daging domba, tomat, chickpea, dan rempah-rempah ini mengandung kalori dan nilai gizi yang cukup tinggi.
8. Fasenjan – Persia
Fasenjan merupakan makanan khas buka puasa dari Persia, Irak, dan Iran. Terbuat dari kaldu kental, terdiri dari sirup, dan biji kenari. Makanan ini dapat dimakan pada esok harinya, karena walaupun terbuat dari kaldu, Fasenjan merupakan makanan yang tahan lama. Lebih nikmat jika disajikan dengan nasi putih.

emak Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
Tagged , , ,

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Masjid-masjid Berpengaruh di Eropa | Maicih.com Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] dalam suasana Ramadhan nih, kali ini yang bakal kita bahas adalah masjid. Yap, tempat beribadah umat muslim ini kadang […]