Maicih Pandai Besi

Maicih mendukung penggarapan album Efek Rumah Kaca Pandai Besi karena memiliki tujuan yang sama yaitu menjaga warisan budaya, mengingat Lokananta sebagai perintis perusahaan rekaman musik (label) pertama di Indonesia  saat ini kurang di apresiasi keberadaanya. Salah satu dukungan yang dilakukan oleh Maicih yaitu melalui penjualan keripik Maicih edisi Pandai Besi, dimana varian yang dijual adalah Keripik Level 3, 5, 10 dan Basreng. Hasil dari penjualan akan diberikan untuk dukungan penggarapan album Pandai Besi di  studio rekaman Lokananta, untuk mendapatkan Maicih edisi ini bisa klik di http://store.bobmerdeka.com/en dan bagi pengguna sosial media twitter bisa gabung ngobrol dengan Hashtag #PandaiBesi buat dukung Pandai Besi. So tunggu apalagi penjualan Maicih edisi Pandai Besi ini dimulai dari tanggal 9-12 Maret stok terbatas, kita bisa jajan sekaligus ikut berpartisipasi dalam penggarapan album dan membangkitkan kembali kejayaan perusahaan rekaman musik (label) pertama di Indonesia.

maicih-pandai-besi

Lokananta, sebuah cerita yang berawal di tahun 1956 di solo. Adalah sebuah tempat dimana musisi hebat kala itu mengabadikan karya-karyanya, legenda seperti Gesang, Waldjinah, Titiek Puspa, Bing Slamet sempat singgah dan melakukan rekaman di tempat yang bernama Lokananta. Tapi kini Lokananta telah usang, bagai besi tua, munculnya perusahaan rekaman musik yang menjalar tanpa henti membuat Lokananta mulai dilupakan. Musisi-musisi muda pun seakan enggan menyimpan suaranya di Lokananta, rasa empati dan memiliki akan warisan mulai punah, tergerus dengan teknologi yang semakin canggih dan hingar bingar ibu kota. Seolah Lokananta hanya suatu tempat yang tak memiliki arti. Orang-orang melupakan bahwa lagu “Rasa Sayange” yang menjadi lagu rakyat Maluku bisa didengar luas oleh seluruh Indonesia dan dibagikan kepada kontingen Asian Games pada tanggal 15 Agustus 1962 itu berasal dari rekaman di Lokananta.

Beruntung, kini Lokananta bukan hanya sebuah cerita, dengan evolusi baru musisi mudapun kini mulai menunjukkan kepedulian terhadap warisan budaya. Band bernama Efek Rumah Kaca yang kini bermutasi menjadi Pandai Besi men-databasekan karya lagu-lagunya di Lokananta, hal ini menunjukkan masih ada kumpulan orang care terhadap budaya yang indah. Indah, karena dari Lokananta muncul suara-suara dengan alunan lagu yang direspon baik oleh telinga dan menjadi cerita bagi orang-orang yang haus akan keindahan suara.

Dimulai pada tanggal 9 maret 2013 Pandai Besi mulai menggarap album di perusahaan rekaman musik Lokananta, personil dari band ini adalah Cholil Mahmud (vokal, gitar),  Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar) dan additional player tetap saat di panggung yakni Airil “Poppie” Nurabadiansyah (bas, vokal latar), serta didukung Andi “Hans” Sabarudin (gitar), Muhammad Asranur (piano), Agustinus Panji Mahardika (terompet), dan Nastasha Abigail (vokal latar). Band ini sempat bernama “Hush”  (personilnya masih lima), berubah menjadi  “Superego” sebelum jadi “Efek Rumah Kaca” di 2005 dengan beranggotakan  Cholil Mahmud (vokal, gitar), Adrian Yunan Faisal (bas, vokal latar), dan Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar). Beriring musik pop sederhana, namun eksperimen tak lupa. Diundang juga indie-rock, progressive rock, punk, new wave, jazz, apa saja. Dicampur pula pengaruh dari idola mereka  Jeff Buckley, Jon Anderson, Smashing Pumpkins, Radiohead, hingga Bjork. Sembilan lagu dari album pertama dan album kedua Efek Rumah Kaca akan dimainkan oleh Pandai Besi dan direkam secara live di Lokananta pada 9-12 Maret 2013. Hasilnya akan dirilis dalam bentuk piringan hitam, kaset, dan CD.

Maicih Edisi Pandai Besi

emak Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
Tagged , , , , , , , , , ,

1 thought on “Maicih Pandai Besi

  1. […] Bob rasa memiliki semangat yang sama dengan semangat seni dan kewirausahaan seperti Bottlesmoker, Efek Rumah Kaca (lewat projek Pandai Besi), dan Mocca (secret show, ini arsip Google […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: