MAICIH: KONSISTENSI STORYTELLING DAN DO GOOD

Maicih. Siapa yang tidak kenal kripik fenomenal dengan tingkatan kepedasan yang menantang ini. Perjalanan Maicih memang cukup panjang dan melalui pergantian jenis logo hingga tiga kali. Logo yang sekarang muncul pertama kali di bulan Juli 2011. Menurut  logo tersebut mengandung filosofi bahwa emak kini sudah tidak malu-malu lagi menghadapi incu-incunya dan selalu siap menyapa incu-incu dengan senyum yang tulus dan bahagia.

Berangkat dari storytelling dan icon emak yang ‘hidup’, Maicih pun berkembang. Pada awalnya, Bob hanya sendirian. Namun sekarang, 50 orang sudah bergabung di belakang Maicih. Penjual resmi Maicih, yang biasanya diberi julukan ‘anak-anak Maicih ’ pun sudah tersebar dilebih dari 100 titik distribusi seluruh nusantara dan negara-negara tetangga kawasan Asia Tenggara. Pergerakan Maicih, kini tidak hanya menjual  keripik , Maicih

siap mendukung berbagai kegiatan komunitas, misalnya mensponsori acara musik seperti yang baru-baru ini dilakukan dengan mengajak Sarasvati untuk membuat Secret Show di Yogyakarta pada april 2011 lalu.

Program berkesinambungan bersama Geger Tanam Indonesia

Program berkesinambungan bersama Geger Tanam Indonesia sumber: maicih.com

Selain berjualan  keripik, ada misi ‘Do Good’ yang ingin digusung oleh Bob. Setelah membuat 1 coin 1 leaf bekerja sama dengan radio Ardan, yaitu menyumbangkan Rp100 dari tiap bungkus Maicih yang terjual untuk kelestarian lingkungan, Bob kini sedang membangun Bumi Maicihyang terletak Bandung, yaitu sebuah tempat bermain dan belajar. Kegiatan di Bumi Maicih

akan diisi dengan sharing session, tempat ini terbuka bagi seluruh komunitas yang ingin saling berbagi pengalaman mereka yang bermanfaat.

Bob dengan cerdas membangun dan konsisten bercerita melalui Maicih. Misalnya, cerita tentang emak memberikan resep rahasianya untuk Bob sebagai rasa terima kasih emak yang sudah dibantu, kemudian muncullah kripik dan krupuk Dimas. Menurut Bob, varian Maicih ke depannya bisa saja jauh dari  keripik, kerupuk atau macaroni yang sudah banyak ada. Bob melihat ada lebih banyak lagi potensi lokal yang bisa ia angkat lewat Maicih sebagai brand ataupun dalam sebuah gerakan.

Bagi Bob, setiap pengusaha harus memiliki semangat Do Good yang terus tumbuh dalam berkarya.Brand bukan hanya untuk jualan, tapi juga untuk diingat. Sebuah brand bisa diingat dengan menambahkan nilai-nilai kebaikan dari usahanya.

“Toh, ketika kita berbuat kebaikan untuk sesama, kita sendiri juga yang bakal mendapat manfaat langsungnya.”, begitu ujarnya.

Maicih membuktikan, bahwa dengan konsistensi story telling dan menggandeng komunitas serta Do Good, sebuah brand dapat berkembang menjadi lebih baik.  Siapa dari Sahabat DoInc yang ingin mengadaptasi semangatnya?

Sumber : doinc.org

emak Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
Tagged , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: