Keindahan Kota Bukit Tinggi Sambil Menikmati Keripik Maicih

Bukittinggi merupakan salah satu kota yang terletak di sebelah utara provinsi Sumatera Barat. Selain menawarkan panorama alam yang indah dengan hamparan bukit dan pegunungan, kota kedua terbesar di Sumatera Barat ini juga memiliki banyak peninggalan sejarah. Banyaknya destinasi pariwisata, membuat Kota Bukittinggi di juluki sebagai “Kota Pariwisata”. Selain itu, beberapa tempat pariwisata di kota yang beriklim sejuk ini berada dalam satu kawasan sehingga memungkinkan anda untuk berkunjung ke beberapa tempat dalam satu waktu. Berikut destinasi pariwisata di kota Bukittinggi yang sayang untuk anda lewatkan.

Jam Gadang, jam yang dalam bahasa Indonesia berarti “jam besar” ini merupakan simbol kota Bukittingi yang berada tepat di jantung kota. Dari atas menara Jam Gadang anda bisa menikmati indahnya panorama alam kota Bukittinggi. Jam yang dibangun sejak zaman penjajahan Belanda ini memiliki beberapa keunikan yaitu angka empat romawinya yang terdiri dari empat garis lurus serta pengoperasiannya secara mekanik oleh mesin yang dibuat hanya dua unit di dunia.

https://www.flickr.com/photos/23944780@N03/2282164273
sumber: https://www.flickr.com/photos/23944780@N03/2282164273

Selain itu, jam ini dibangun tanpa menggunakan besi penyangga atau semen tetapi dengan campuran kapur, putih telur dan pasir putih. Sejak dibangun pada tahun 1926 menara Jam Gadang telah mengalami beberapa perubahan. Awal didirikan atap pada Jam Gadang berbentuk bulat dengan patung ayam jantan menghadap ke arah timur di atasnya. Kemudian pada masa Jepang diubah menjadi pagoda. Terakhir setelah Indonesia merdeka, atap pada Jam Gadang diubah menjadi bentuk gonjong hingga sekarang. Disekeliling Jam Gadang terdapat taman yang disediakan pemerintahan kota Bukittinggi untuk para pengunjung.

Istana Bung Hatta, merupakan salah satu destinasi pariwisata yang hanya berjarak beberapa langkah dari jam gadang, tepat berada di depan taman jam gadang. Gedung ini dinamai Istana Bung Hatta dikarenakan untuk mengenang jasa Muhammad Hatta sebagai proklamator Indonesia.

https://ayasuhastra.wordpress.com
sumber: https://ayasuhastra.wordpress.com

Pada tahun 1946 gedung ini dijadikan sebagai Istana Wakil Presiden Republik Indonesia yakni Drs. Mohammad Hatta dan pada 1947 gedung ini dijadikan sebagai Pusat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Sekarang gedung ini digunakan sebagai tempat seminar, lokakarya dan pertemuan tingkat nasional dan regional serta sebagai rumah tamu negara disaat berkunjung ke Bukittinggi. Arsitektur bangunan ini berciri kolonial, dengan kamar-kamar yang luas,berjumlah 12 kamar.

Panorama dan Lubang Japang,Berwisata ke Bukittinggi tidaklah lengkap apabila Anda belum berkunjung ke salah satu goa paling terkenal di Sumatera, yakni Goa Jepang atau Lubang Jepang. Goa Jepang adalah saksi bisu sejarah penjajahan atau pendudukan Jepang yang masih tersisa ampai sekarang di Indonesia. Goa ini digunakan tentara Jepang sebagai tempat pertahanan  tentara Jepang di Bukittinggi sekitar tahun 1942-1945. baca Mengenang Sejarah di Goa Jepang / Lubang Jepang

http://www.gosumatra.com/mengenang-sejarah-di-goa-jepang-lubang-jepang/
sumber: http://www.gosumatra.com/mengenang-sejarah-di-goa-jepang-lubang-jepang/

Ngarai Sianok, merupakan lembah dengan gugusan tebing yang berada tepat dibawah kawasan Panorama. Selain gugusan tebing Ngarai Sianok juga dipercantik dengan hamparan sungai yang mengalir di bawahnya.

https://www.flickr.com/photos/adipl/3632084213/
https://www.flickr.com/photos/adipl/3632084213/

Sungai ini disebut dengan Batang Sianok yang berarti “sungai yang jernih” sedangkan lembah sendiri dalam bahasa Minang disebut ngarai oleh karena itu kawasan pariwisata ini dinamai Ngarai Sianok. Disepanjang aliran sungai terdapat tempat peristirahatan yang disediakan bagi para pengunjung yang ingin menikmati gugusan tebing ngarai. Kedalamam jurang Ngarai Sianok mencapai 100 m dengan panjang sekitar 15 km dan lebar sekitar 200 m.

The Great Wall of Koto Gadang: Janjang Saribu di Kawasan Ngarai Sianok,merupakan objek wisata yang dilatarbelakangi sebagai perbaikan janjangsaribu. Berada diantara jalan Panorama menuju Ngarai Sianok. Bentuk janjang  Saribu Koto Gadang ini menyerupai tembok Cina . Oleh karena itu banyak yang menyebutnya sebagai tembok Cinanya Bukittingi. Janjang ini memiliki memiliki lebar 2 meter. Pada sisi kiri dan kanan Janjang sepanjang 780 meter ini dibangun pagar beton setinggi 1 meter. Janjang ini dilengkapi dengan jembatan layang yeng berada tepat ditengahnya. Janjang  dalam bahasa Indonesia berarti tangga sedangkan Koto Gadang merupakan salah satu nama daerah yang berada di kabupaten Agam

Janjang Saribu Koto Gadang,
Janjang Saribu Koto Gadang,

Janjang ini menghubungi antara kawasan Ngarai Sianok dengan daerah Koto Gadang, oleh karena itu dinamai Janjang Saribu koto Gadang. Namun walaupun dinamai janjang saribu Koto Gadang, jumlah anak tangganya tidak mencapai seribu hanya ratusan. Pembangunan Janjang ini merupakan ide Menkominfo Tifatul Sembiring, yang juga merupakan putra asli Kota Bukittinggi, dana pembangunannya murni berasal dari Tifatul Sembiring serta beberapa pengusaha di Jakarta.

Rumah Bung Hatta, terakhir tempat pariwisata yang harus anda kunjungi yaitu rumah Bung Hatta yang berokasi di Jl. Soekarno-Hatta No 37, Kecamatan Guguh Panjang, Kota Bukittinggi . Rumah tempat kelahiran Bung Hatta ini  masih terjaga dan tersusun rapi dengan berbagai foto keluarga yang menghiasi dinding rumah . Rumah kayu sederhana ini diperkirakan berdiri pada tahun 1860-an. Rumah Bung Hatta terdiri dari dua lantai, tepat dibelakang rumah juga terdapat rumah panggung yang digunakan sebagai tempat peristirahatan.  Perabotan seperti kursi ataupun barang antik lainnya masih terjaga.

vhttps://www.1.bp.blogspot.com/-BH25gCz5GzQ/TstMgFiiCRI/AAAAAAAAAJ0/5WCPTDS9B7Y/s1600/IMG_4200.JPG
https://www.1.bp.blogspot.com/-BH25gCz5GzQ/TstMgFiiCRI/AAAAAAAAAJ0/5WCPTDS9B7Y/s1600/IMG_4200.JPG

Begitu banyak tempat pariwisata yang terdapat dikota Bukittinggi mulai dari Jam Gadang hingga rumah Bung Hatta. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk menjadikan kota Bukittinggi sebagai salah satu destinasi pariwisata. Selain memiliki panorama alam yang mempesona kota ini juga tinggi akan nilai sejarahnya.

[Sumber: Mediapijar]

Reseller Maicih Bukit Tinggi, buat kamu yang tinggal di Sumatera Barat, dan penasaran ama keripik singkong, basreng, makaroni foil, buringkal, batagor kuah instan maicih, sekarang kamu tidak perlu order dari Bandung, karena Maicih hadir di Kota Bukit Tinggi, untuk informasi bisa menghubungi:

Deharfeb Sulastri
Aur Kuning, Tigo Baleh Birugo
Jl, M.Yasmin SH No.193
Aur Atas di belakang Yamaha Motor
Telp. 082385534688

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: