Ingin Kurus? Konsumsi Makanan Pedas Setiap Hari sebagai Menu Diet

Photo by Jennifer Burk on Unsplash
Photo by Jennifer Burk on Unsplash

Dalam masa diet, tentu para pelakunya akan menjaga pola makan mereka. Memilih makan sehat rendah kalori adalah pilihan para pelaku diet demi kesuksesan mereka menurunkan berat badan. Sayur, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, serta ikan akan adalah menu yang harus diakrabi setiap hari.

Padahal, selain makanan-makanan tersebut, ada satu bahan makanan lain yang kerap terlupa, yaitu cabai. Yap! Meski pedas akan merajai mulut dan perutmu nantinya, namun zat Capsaisin pada cabai akan membantumu dalam penurunan berat badan. Hal ini tentu akan jadi kabar baik bagi mereka pecinta pedas yang sedang dalam proses diet.

Baca Berani Coba 4 Makanan Pedas Yang Hits Di Indonesia ?

Dikutip dari Lifehack.org, pada beberapa kesempatan, cabai bisa dikonsumsi sebagai obat. Hal ini dianggap aman dan efektif dalam mengobati nyeri artritis, nyeri herpes zoster, neuropati diabetes, sakit mastektomi, dan sakit kepala. Sedangkan menurut studi yang telah dilakukan, panas saus, atau lebih tepatnya cabai memiliki manfaat bagi tubuh kita.

Studi mengatakan bahwa capsaicin pada cabai merupakan suatu komponen aktif dari tanaman cabai yang termasuk ke dalam subfamili dari capsicum. Zat tersebut memiliki peran dalam pengembangan progresif sel-sel kanker, dan penurunan risiko kematian dini. Menurut David Popovich, seorang ahli gizi dari Massey University, Selandia Baru, “Intinya adalah bahwa setiap jenis menu nabati yang kamu konsumsi akan menyehatkan tubuh. Tapi, cabai adalah menu yang benar-benar bermanfaat untukmu, kalau kamu menjadikannya sebagai rempah-rempah.”

Zat Capsaisin pada cabai akan membantumu dalam penurunan berat badan. (Via: watchfit.com)
Zat Capsaisin pada cabai akan membantumu dalam penurunan berat badan. (Via: watchfit.com)

Bagaimana cara kerja capsaicin? Ilmuwan percaya bahwa sayuran tertentu yang mengandung capsaicin yang dikonsumsi akan mendapatkan manfaat, yaitu memperlambat sel-sel kanker. Satu peneliti dari Pusat Penelitian Untuk Pangan dan Pembangunan di Meksiko, Jose de Jesus Ornelas-Paz, percaya jika ingin melawan kanker, maka cabai adalah pilihan yang tepat dan menguntungkan. Capsaicin merupakan senyawa yang larut dalam lemak. Mencampurkan cabai dengan lemak atau minyak akan menguntungkan untuk kesehatanmu.

Baca 7+ Snack Terpedas yang Bisa Kamu Temukan di Tokopedia

Jika kamu penggemar makanan pedas, berbahagialah. Kamu bisa makan cabai mentah atau kamu bisa menambahkan saus pedas pada setiap menu dietmu. Kamu juga dapat mengonsumsinya sebagai bahan tambahan dalam memasak, terlepas dari apa yang kamu masak, bisa ayam, daging tanpa lemak, atau sayuran. Tentunya dengan kadar pedas yang kamu sanggupi.

Pada bulan Agustus tahun ini, sebuah tim peneliti dari Harvard University mempelajari hampir setengah juta orang Cina, menemukan bahwa orang dewasa yang makan makanan pedas enam hingga tujuh kali seminggu memiliki risiko kematian 14% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang nggak mengonsumsinya. So, jangan ragukan lagi manfaat cabai untuk diet, ya!

Sumber: http://www.bintang.com/style/read/2395035/ingin-kurus-konsumsi-makanan-pedas-setiap-hari-sebagai-menu-diet

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: