Indonesia Fashion Week

Go Green di Indonesia Fashion Week 2014 — IFW

Selama lima hari, ibukota Indonesia dibanjiri para pegiat fashion. Desainer, model, dan para penikmat fashion INdonesia berkumpul di ajang Indonesia Fashion Week 2014. Diadakan di Jakarta Convention Centre, 20-23 Februari lalu, ajang ini juga dijadikan sebagai kampanye beberapa desainer untuk lebih mencintai lingkungan.

IFW21

Tema Green Movement diambil oleh panitia, karena ingin mengenalkan produk fashion yang ramah lingkungan. Produk yang dikenal dengan nama eco-fashion ini diproduksi dengan memerhatikan dampaknya terhadap bumi dan efek sosial yang ditimbulkan. Penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan, tahan lama, dan bisa di-recycle, hingga produk yang mengedepankan kesejahteraan para pekerjanya adalah kriteria yang termasuk dalam eco-fashion. Sudah banyak desainer internasional yang memerhatikan eco-fashion dalam pengerjaan desain dan produksinya. Salah satunya adalah Anya Hindmarch, desainer aksesori asal Inggris. Ia mendeskripsikan produk fashion ideal adalah yang terbuat dari material lokal dan tidak menciptakan polusi dalam pengerjaannya. Selain itu, ia juga mengungkapkan kalau penggunaan transportasi yang minimalis dalam pengerjaanya. Pengunaan material lokal organik juga banyak dipergunakan dalam desain Auguste Soesastrio. Untuk meminimalisir efek negatif, ia mulai menggunakan material alami seperti dari serat nanas. Mengurangi limbah sisa produksinya pun sampai sekarang menjadi PR besar yang harus segera bisa dituntaskan.

Banyak tenant yang ikut memeriahkan area bazar Indonesia Fashion Week 2014 pun sudah memerhatikan hal ini. Meski belum sepenuhnya bisa disebut eco-fashion, tiap produk yang mereka jual ke konsumen sudah bebas kantong plastik. Salah satunya adalah Kavi, brand asal Bandung ini sebisa mungkin meminimalisir penggunaan plastik dalam tiap produk yang dijual. “Kami memakai reusable bag yang bukan terbuat dari plastik. Jadi konsumen bisa memakai kembali tas belanjanya,” ucap Thina Tessar dari Kavi. Produk lokal yang ramah lingkungan memang jadi incaran banyak orang. Kalau tidak memulainya sekarang, kapan lagi? ***

IFW28

emak Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
Tagged , , ,

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Go Local! -- Indonesia Fashion Week | Maicih.com Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] satu yang menarik dari kunjungan ke Indonesia Fashion Week 2014 adalah suasana bersemangat dari para desainer, pengunjung, tenant, dan konsumen. Ya, mereka […]