Indonesia Fashion Week 2014

Go Local ! — Indonesia Fashion Week

 

Salah satu yang menarik dari kunjungan ke Indonesia Fashion Week 2014 adalah suasana bersemangat dari para desainer, pengunjung, tenant, dan konsumen. Ya, mereka seolah memiliki semangat yang sama, yakni semangat memajukan produk lokal. Para desainer melibatkan berbagai unsur lokal yang mereka kreasikan sedemikian rupa hingga menjadi produk high fashion yang banyak peminatnya. Tenants yang berpartisipasi dalam bazar pun kebanyakan menggunakan material lokal seperti batik, songket, hingga aksesori yang beragam warna pun disesuaikan dengan warna Indonesia.

IFW43

Local Movement inilah yang jadi salah satu campaign dari gelaran fashion tahunan Indonesia ini. Salah satu merk cat yang menjadi sponsor IFW 2014 ini bahkan menggelar kompetisi desain yang ternyata bisa memunculkan aset-aset fashion dengan semangat lokal. Para peserta Indonesia Fashion Design Competition ini ditantang untuk menciptakan produk lokal dengan konten dan kualitas global. Para pemenang dari kompetisi ini akan diikutsertakan dalam ajang fashion berskala internasional.

IFW22

Pencapaian yang diraih oleh para pelaku fashion Indonesia saat ini bisa dibilang sudah mampu mengangkat budaya lokal untuk go internasional. Penggunaan berbagai elemen lokal dari mulai material kain, atau sisipan budaya yang kerap kita lihat dalam tiap desain fashion.

IFW29

Local Movement campaign yang digaungkan dalam IFW 2014 ini sekaligus membuktikan kalau Indonesia punya banyak sumber daya yang bisa diolah. Ini sekaligus juga membuktikan kalau negeri kita masuk ke dalam kategori lebih dari lumayan, alias, nggak terlalu buruk. Selama  ini banyak orang yang selalu komentar hal-hal negatif dari Indonesia. Dampak oke lain local movement adalah pembuktian kalau Indonesia memiliki scene fashion oke dengan keragaman gaya serta desain. Sifat bangsa Indonesia yang nggak ragu dalam berekspereimen serta percaya diri untuk tampil beda itu salah satu kunci beragamnya scene fashion.

Nggak percaya? Silakan coba mix and match gaya kamu dengan unsur lokal. Batik emang yang paling gampang. Salah satu yang outstanding di IFW 2014 adalah desain dan produk dari Galeri Batik Jawa. Parka dengan motif batik, batik yang diprint di atas denim, wow, semuanya bikin segar mata pengunjung. Sekarang sih, udah nggak jaman lagi untuk malu mengggunakan produk lokal.***

emak Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
Tagged ,

1 thought on “Indonesia Fashion Week 2014

  1. […] para pegiat fashion. Desainer, model, dan para penikmat fashion INdonesia berkumpul di ajang Indonesia Fashion Week 2014. Diadakan di Jakarta Convention Centre, 20-23 Februari lalu, ajang ini juga dijadikan sebagai […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: