Crafty Days 8

Kerajinan Tangan — Crafty Days 8

Akhir pekan lalu, Gedung Indonesia Menggugat yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Bandung, dipenuhi oleh para crafter dari berbagai daerah. Mereka berkumpul di ajang Crafty Days 8, sebuah acara yang dijadikan wadah berkumpulnya para pegiat industri kreatif kerajinan tangan.  Acara yang berlangsung dua hari, Sabtu (8/2) hingga Minggu (9/2) ini tak hanya menjual barang-barang kerajinan tangan tapi juga ada beragam workshop kerajinan tangan yang bisa diikuti oleh para pengunjung.

Hasil karya para crafter ini beragam dan unik, mulai dari bantal lukis, sandal rajutan, boneka yang terbuat dari kaus kaki, hingga hiasan dinding dari pahatan kayu. Workshop yang bisa diikuti pun banyak. Ada merajut, melukis, merangkai bunga kertas, atau membuat album foto bisa diikuti pengunjung.

Gelaran yang diprakarsai oleh Tobucil & Klabs ini telah terselenggara sejak tahun 2007. Nggak hanya menjadi wadah berkumpulnya para crafter, acara ini juga diharapkan bisa menginspirasi para pengunjung untuk bisa membuat kerajinan tangan sendiri. “Semoga bisa mendapatkan banyak inspirasi. Jadi terinspirasi membuat sesuatu, lah. Kalau nggak punya skill, yang ada hanya jadi konsumen. Akan susah buat survive,” kata Tarlen Handayani, penanggungjawab Crafty Days 8.

Crafter yang mengisi stand Crafty Days 8 ini pun benar-benar crafter yang sudah diseleksi dan punya kriteria unik dari sisi desain dan material. Salah satunya adalah Sisi, industri kerajinan tangan asal Bali. Produk yang ia jual adalah pouch, tas, dan tempat kacamata. Lalu ada pula WawBaw yang menjual t-shirt dan totebag custom. Kamu juga bisa membeli totebag Maicih bikinan WawBaw, lho!

kerajinan-tangan

Selain workshop, Crafty Days 8 juga diramaikan oleh musik sore yang menghibur para pengunjung. Tesla Manaf, Deu Galih, Mustache and Beard, nada Fiksi, dan Tetangga Pak Gesang tampil bergantian. Salut untuk para crafter yang mengisi Crafty Days 8 lalu. Seperti yang dibilang Petra Patricia, supervisor dari Sisi, “Barang yang handy craft itu gak cuma beli hasilnya, tapi beli prosesnya. Itu sebenernya yang harus diliat. Jadi kalau orang bilang harganya tinggi, ya karena gak cuma beli barang tapi beli proses yang panjang.” ***

emak Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
Tagged , ,

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of