Cemilan Indonesia

Cemilan Tradisional Indonesia — Cemilan Indonesia

Nah, kalau ngomongin soal cemilan pasti seru. Di Indonesia ada banyak jenis cemilan, salah satunya yang tradisional, yang banyak ditemui di pasar-pasar. Nah, jajanan pasar apa aja sih yang enak dan punya penggemar yang banyak?

MAICIH x FAMPROD

1.Klepon

Bulat-bulat kecil dan berwarna hijau yang terbuat dari tepung beras ketan dan berisi gula merah ini lezat banget. Klepon ini tergolong populer karena keberadaannya nggak hanya di pasar tapi sudah merambah resto dan café.

2.Onde-onde

Masih berbentuk bulat, onde-onde ini biasanya berisi olahan kacang hijau yang manis. Tapi ada juga onde-onde yang berisi ketan hitam. Terkenal di daerah Mojokerto, yang dijuluki sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit.

3.Cenil

Suka cenil? Cenil memiliki rasa yang unik dengan tekstur yang kenyal. Cemilan ini terbuat dari tepung kanji, air, dan garam. Biasanya saat disajikan ditambahkan parutan kelapa. Dan, cenil ini biasanya dibuat warna-warni untuk mempercantik tampilannya.

4.Kue lapis

Makanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam, dan pewarna makanan. Kue ini disusun dengan pola warna yang berbeda-beda tergantung selera. Nah, kamu suka kue lapis yang kayak pelangi atau yang sederhana aja?

maicih-macbookpro

5.Getuk

Kata getuk berasal dari bahasa Jawa gethuk. Singkong merupakan bahan utama pembuat getuk. Getuk ini lebih enak disantap dengan parutan kelapa. Makanan ini berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ada juga getuk goreng yang jadi oleh-oleh khas Sukoraja, Banyumas.

6.Lemper

Cemilan ini terbuat dari ketan dan biasanya berisi abon atau suwiran daging ayam. Kita lebih sering menemukan lemper yang dibungkus plastik daripada daun pisang. Paling enak sih pilih lemper yang dibungkus daun pisang, karena aroma lempernya jauh lebih menggoda dan lebih sehat pula karena nggak pakai bahan plastik.

7.Combro

Cemilan lain yang terbuat dari singkong ini enak banget, apalagi jika dikonsumsi selagi hangat. Berasal dari Jawa Barat, combro ini merupakan singkatan dari oncom di jero (oncom di dalam). Oncomnya agak pedas, dan gurihnya singkong goreng berpadu dalam satu rasa. Nikmat!

8.Ongol-ongol

Cemilan manis ini terbuat dari tepung sagu, aren kering, air, gula Jawa, daun pandan, kelapa, dan garam. Makanan ini bertekstur kenyal dan memiliki cita rasa yang legit dan gurih.

9. Otak-otak

Cemilan yang berbahan dasar olahan ikan yang dibumbui, terutama ikan tenggiri. Selain di Indonesia, cemilan ini bisa kamu dapatkan di negara-negara seperti Malaysia dan Singapura. Yang terkenal di Indonesia sih, otak-otak yang berasal dari Palembang. Tapi di daerah pantai utara Jawa juga banyak ditemui. Beberapa orang mengonsumsi otak-otak ini sebagai lauk teman makan nasi.

10.Nagasari

Kue yang dibalut pisang ini punya cita rasa yang gurih. Jajanan pasar satu ini kayaknya jadi jajanan yang paling banyak ditemui di pasar-pasar tradisional. Bahan dasar pembuat nagasari ini adalah tepung beras, tepung sagu, santan, gula, dan pisang rebus. *

Varian Maicih

emak Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
Tagged , , , , ,

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of