Begini 7 Cara Tepat Memilih Makan Siang Sehat di Kantor

makan siang
Makan SIang. (Pixabay.com)

JawaPos.com – Sudah minim bergerak, makanan pun tak sehat. Terlampau sibuk, terkadang makan di depan meja komputer pun menjadi pilihan para pekerja kantoran .

Biasanya, karyawan menghabiskan 6-7 jam di tempat kerja setiap hari. Dan, hal itu mendorong seseorang tak bisa lepas dari camilan. Untuk menghindari penyakit, bisa dilakukan dengan mengubah kebiasaan gaya hidup agar tetap sehat.

Beberapa ancaman penyakit pun menghinggapi para pekerja modern saat ini di antaranya, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, penyakit pencernaan, stres, depresi, dan lainnya. Dilansir dari Boldsky, Rabu (10/1), ada tujuh cara tepat memilih makan siang yang sehat di kantor.

Es Kopi Dingin. (Pixabay.com)

Jauhi Junk Food
Meskipun tips ini terdengar klise, namun tips ini harus diulang-ulang. Sebab, makanan sampah kaya akan racun dan kalori dan membuat siapa saja bertambah gemuk dengan cepat.

Bawa Bekal
Cara ini bisa sedikit sulit bagi orang-orang yang memiliki jadwal sibuk dan tak sempat menyiapkan makanan sehat, mengemasinya dan membawa ke tempat kerja. Padahal, jika melakukan sedikit usaha di pagi hari, maka akan terhindar dari penyakit berbahaya seperti penyakit pencernaan, masalah jantung, kanker perut dan penambahan berat badan.

Minuman Sehat
Bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama dapat membuat orang mengalami dehidrasi. Sehingga, menyebabkan kulit kering, sembelit, kelelahan dan penyakit lainnya. Maka banyak minum air dan jus buah akan membuat tubuh terhidrasi sepanjang hari.

Hindari Minuman Berkafein
Kebanyakan orang yang bekerja di kantor sangat bergantung pada kopi dan minuman berkafein lainnya seperti minuman berenergi. Tujuannya untuk membuat mereka merasa energik dan segar sepanjang hari. Namun, kafein, bila dikonsumsi secara berlebihan, terutama dengan gula, bisa menjadi akar penyebab kenaikan berat badan, stres, diabetes dan penyakit lainnya.

Camilan Sehat
Camilan seperti kacang-kacangan seperti kacang mete, almond, hingga salad buah atau sayuran, bisa mengatasi tubuh saat mengalami rasa lapar, tanpa menambah kalori.

Pesan Sendiri
Sebaiknya mengajak teman berjalan ke luar kantor sambil memilih menu makan siang sehat adalah cara mengurangi stres selama bekerja. Cara itu bisa membuat pikiran santai sejenak agar bisa kembali segar setelah makan siang.

Porsi Kecil
Setiap hari mengonsumsi makanan dalam jumlah besar di tempat kerja bisa memicu risiko kenaikan berat badan. Sadari apa yang dikonsumsi, jangan berlebihan. Apalagi, ketika ada seorang teman yang membawa pizza di kala perut sudah terisi makan siang. Sikapi dengan batas wajar!

(ika/JPC)

Sumber: https://www.jawapos.com/read/2018/01/11/180583/begini-7-cara-tepat-memilih-makan-siang-sehat-di-kantor

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , ,

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of