Awas, 5 Makanan & Minuman Ini Tingkatkan Risiko Mudah Lupa

Dementia

TIDAK berbeda dengan aktivitas fisik, makanan yang diasup juga memiliki peran yang vital terhadap kesehatan secara menyeluruh. Bahkan, otak pun membutuhkan nutrisi agar tetap aktif dan tajam.

Menjaga otak untuk tetap ternutrisi dengan baik agar tetap tajam, sangat penting untuk dilakukan. Salah satunya dengan menjaga asupan makanan yang dimakan, sebab memiliki kebiasaan makan yang buruk juga dapat berdampak tidak baik untuk otak, bahkan ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi bisa menyebabkan Alzheimer atau pikun.

Lalu makanan apa saja yang sebaiknya harus dihindari untuk dapat mengurangi resiko hilang ingatan tersebut? Berikut uraiannya, seperti diwarta Ndtv, Minggu (14/1/2018).

 

1. Tuna :

Ikan tuna penuh dengan protein dan pada dasarnya bermanfaat bagi kesehatan, namun dengan catatan apabila dikonsumsi dalam batas wajar sekiranya satu hingga dua kali dalam seminggu atau dimakan setelah berolahraga. Memakan ikan tuna dalam jumlah berlebihan disebutkan menjadi penyebab penurunan bekerja di otak, karena adanya merkuri level tinggi di mana merkuri ini lah yang dapat mengakibatkan disfungsi otak. Alih-alih ikan tuna, sebaiknya ganti asupan tuna dengan ikan salmon yang dapat meningkatkan memori.

2. Kedelai :

Kedelai dalam bentuk apapun, baik itu soy sauce ataupun tofu disebutkan dapat berdampak buruk ketimbang memberikan manfaat. Kedelai mengandung rasio garam dan sodium yang tinggi sehingga dapat berdampak buruk pada otak. Selain itu juga memicu timbulnya hipertensi, yang membatasi aliran darah ke otak sehingga bisa menyebabkan kehilangan memori.

3. Alkohol:

Konsumsi alkohol diketahui dapat memberikan efek jangka panjang pada otak. Bahkan, mengonsumsi alkohol dalam ambang batas wajar pun disebutkan dapat melemahkan sel-sel di otak dan bisa menyebabkan hilang ingatan. Ini tentunya bisa jadi alasan baik untuk menghindari mengonsumsi alkohol.

 

4. Jus jeruk :

Jus jeruk terkonsentrasi dengan gula yang tinggi, yang pastinya bukan jadi asupan yang sehat. Terlalu banyak gula dapat menyebabkan disfungsi kognitif, yang bisa membuat Anda membuat keputusan buruk, berkurangnya kemampuan penalaran serta kemampuan untuk bekerja secara terorganisir.

5. Nasi putih :

Nasi putih dengan kandungan karbohidrat tinggi dapat menyebabkan masalah dalam fungsi mental, meningkatkan resiko hadirnya depresi. Untuk mengganti asupan nasi putih, bisa coba untuk mengonsumsi produk-produk gandum yang lebih baik sebab lebih sehat yang sekaligus rasanya tetap enak dimakan.

(ndr)

sejarah maicih,pemilik maicih,harga maicih,maicih keripik,maicih basreng,maicih palsu,produk maicih,alamat pt maicih inti sinergi

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , ,

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of