8 Keuntungan kalau Anda Rajin Berenang, Salah Satunya Otak Lebih Cerdas

BERENANG adalah kegiatan olahraga sekaligus rekreasi yang sangat diminati bagi sebagian orang. Kegiatan berenang merupakan cara terbaik untuk bersantai dan merasa nyaman setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Berenang juga merupakan cara sempurna untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Gerakan seluruh tubuh yang melawan daya tahan air mampu membuat detak jantung naik, membangun daya tahan tubuh, memperkuat otot, memberikan latihan tubuh, dan juga mempertahankan berat badan tetap sehat.

Seperti dilansir Boldsky, latihan renang secara rutin sangat bagus untuk meningkatkan koordinasi tubuh, mengurangi stress, dan meningkatkan fleksibilitas. Selain beberapa hal tersebut, masih banyak manfaat tersembunyi dari berenang. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasannya.

Meningkatkan Kecerdasan

Kegiatan renang dapat memperbaiki fungsi memori dan kemampuan berpikir. Ini juga yang membantu dalam mengurangi peradangan dan resistensi insulin di otak yang mendorong pertumbuhan sel otak baru. Selain meningkatkan kecerdasan otak, berenang juga dikenal dapat memperbaiki mood, kecemasan dan stress, sehingga meningkatkan kemampuan otak untuk berpikir lebih efisien.

Bagus Untuk Asma

Berenang sangat efektif untuk orang yang menderita kondisi paru kronis seperti asma. Orang yang menderita asma akan mendapat keuntungan dari latihan renag secara rutin karena kelembapan dari air menggantikan kelembapan yang dikeluarkan saat bernapas dengan kuat.

Membantu Penurunan Berat Badan

Jika ingin menurunkan berat badan dengan cepat, berenang bisa menjadi olahraga terbaik untuk Anda. Sebuah studi mencatat bahwa satu jam berenang dapat membakar kalori sebanyak 715 kalori. Para periset di Indiana University melakukan pengukuran pinggang dan pinggul pada perenang dan non-perenang. Hasilnya, perenang diketahui memiliki pinggang dan pinggul yang ramping.

Meredakan Stres

Renang memiliki efek untuk membangkitkan mood dan memberi kenyamanan pada para penderita stres. Jika Anda melakukan latihan renang selama sekitar 30 menit, tubuh akan merasa rileks dan bebas stress.

Memperbaiki Pola Tidur

Berenang memiliki dampak besar dalam membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Orang yang menderita insomnia akan tidur lebih nyenyak ketika mereka mulai rutin berenang.

Meningkatkan Energi Tubuh

Berenang diketahui dapat meningkatkan tingkat energi dalam tubuh Anda. Hal itu disebabkan karena semua otot pada tubuh bekerja saat berenang sehingga mengisi kekuatan pada tubuh. Menghabiskan setengah jam untuk berenang dapat membantu Anda lebih semangat menjalani hari.

Menurunkan Tekanan Darah

Pada saat berenang, tubuh akan beradaptasi utnuk menggunakan oksigen lebih efisien. Tubuh belajar untuk lebih banyak mengambil udara segar dengan setiap pengambilan napas dan mengeluarkan lebih banyak karbondioksida. Hal inilah yang membuat paru-paru tetap sehat dan berakibat pada detak jantung yang lebih rendah sehingga menurunkan tekanan darah pada tubuh.

Mengurangi Kolesterol

Aktivitas berenang dapat mengurangi kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol baik berkat kekuatan aerobiknya. Hal tersebut akhirnya membuat kadar kolesterol Anda tetap stabil dan membantu menjaga tubuh tetap sehat. (ndr)

Sumber: https://lifestyle.okezone.com/read/2018/01/16/481/1845637/8-keuntungan-kalau-anda-rajin-berenang-salah-satunya-otak-lebih-cerdas

harga maicih, sejarah maicih, pemilik maicih, maicih online, maicih online kota bandung jawa barat, harga keripik maicih di alfamart, distributor keripik maicih, maicih kota bandung, jawa barat

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: