7 Negara yang Wajib Dikunjungi Pecinta Kuliner Pedas

Makanan Pedas
– Photo by NordWood Themes on Unsplash

Makanan bercitarasa pedas merupakan salah satu jenis makanan yang paling banyak disukai di berbagai negara. Tambahan cabai atau merica seakan melengkapi kelezatan pada makanan. Karena banyaknya penggemar makanan pedas, tak mengherankan jika restoran yang menyediakan beragam makanan pedas selalu ramai diburu pembeli.
Tidak hanya di Indonesia, beberapa negara di berbagai belahan dunia juga memiliki sajian bercitarasa pedas yang akan memanjakan lidah para pecinta makanan pedas. Makanan pedas selain menambah kenikmatan juga dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan seseorang.

Banyaknya jenis makanan pedas di beberapa negara bisa menjadi alternatif liburan sambil berwisata kuliner aneka makanan pedas. Di mana saja?

1. Indonesia

Indonesia terkenal sebagai surganya aneka makanan super pedas hingga badan berkeringat. Menurut sebagian masyarakat Indonesia, rasa pedas pada makanan akan memberikan kenikmatan tersendiri sehingga akan lebih lahap saat menyantap makanan. Tidak mengherankan jika berbagai daerah di Indonesia memiliki makanan pedas yang patut untuk dicicipi.
Salah satu makanan yang terkenal pedas dan lezat adalah aneka kudapan dari Padang, Sumatera Barat. Aneka lauk khas Padang seperti rendang, dendeng balado, hingga gulai kaya rempah sangat nikmat disantap dengan sambal hijau yang pedas namun bikin ketagihan.

Selain masakan dari Sumatera Barat, sambal khas Indonesia juga menjadi primadona para pecinta kuliner yang membuat lidah terbakar. Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki sambal khas nya masing-masing. Beberapa yang terkenal adalah sambal dadak, sambal dabu-dabu, sambal hijau, dan sambal matah.

Baca Juga

2. India

Selain kaya akan rempah-rempahan, makanan India juga terkenal memiliki citarasa yang pedas namun sangat nikmat. Salah satu makanan pedas khas India yang wajib dicicipi adalah Rogan Josh yang sekilas mirip dengan gulai Indonesia. Ragan josh terbuat dari daging ayam atau domba yang dimasak dengan paprika, yoghurt, dan cabai kashmir yang sangat pedas.

Tidak hanya Ragan Josh, salah satu makanan yang tidak boleh ketinggalan adalah vindaloo atau kari khas India berisi daging dan aneka rempah yang menggoda lidah pecinta makanan pedas.

3. Korea Selatan

Makanan Korea Selatan identik dengan warnanya yang merah cerah serta bercita rasa pedas. Rasa pedas dari beragam makanan khas Korea berasal dari tambahan pasta cabai bernama gochujang. Beberapa makanan dari Negeri Gingseng yang terkenal adalah tteokbokki, dakbal atau ceker ayam pedas, dan ramyun.

Selain makanan beratnya yang pedas, sajian pendamping khas Korea yaitu kimchi juga akan memanjakan lidah pecinta pedas. Rasanya yang asam dan pedas karena tambahan gochujang akan menciptakan sensasi unik dan nikmat di lidah.

4. Meksiko

Tidak hanya warga Asia yang menyukai makanan pedas, beberapa negara di benua Amerika juga sangat menggemari kudapan dengan rasa yang dapat membuat lidah terbakar. Salah satunya adalah Meksiko yang terkenal dengan jalapeno atau cabai besar pedasnya.
Jalapeno dapat ditemukan pada kudapan nachos yang biasanya disantap sebagai camilan di Meksiko. Rasa jalapeno dan saus salsa yang pedas sangat cocok berpadu dengan keripik tortilla renyah. Ditambah dengan lelehan keju, pasti akan membuat lidah semakin bergoyang.

Pozole juga tidak boleh ketinggalan untuk dicicipi, pozole adalah kudapan sejenis sup ayam atau daging babi pedas. Dijamin kudapan ini akan membuat badan menjadi lebih hangat.

5. Thailand

Selain Indonesia, Thailand termasuk negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan aneka sajian makanannya yang bercitarasa pedas. Salah satunya yang pasti telah dikenal banyak orang adalah tom yam.

Tom yam merupakan sajian primadona di Thailand berupa sup pedas yang berisi daging, seafood, serta aneka sayur. Rasa pedas yang menggigit berpadu dengan asam yang dihasilkan dari campuran air lemon sangat cocok disantap saat cuaca panas maupun dingin.

6. China

Selain lezat, makanan asal China juga terkenal memiliki rasa yang akan memanjakan lidah pecinta sajian pedas. Sebut saja mapo tofu yaitu tahu dengan saus merah super pedas yang melimpah, kou shui ji atau ayam yang dimasak dengan minyak wijen dan cabai, dan gan guo yang dibuat dari tahu dan ayam yang ditumis dengan cabai dan bawang.

7. Jamaika

Selain terkenal sebagai negara asal genre musik reggae, Jamaika memiliki aneka kudapan pedas yang akan menggoyah lidah seperti curry goat atau kari kambing pedas dan jerk chicken yaitu ayam bumbu pedas khas Jamaika yang menjadi primadona kuliner di negara wilayah Amerika Utara tersebut.

Jerk chicken dibuat dengan cara melumuri daging ayam dengan banyak cabai, bawang, jahe, kemudian dipanggang hingga bumbu meresap. Lembutnya daging ayam berpadu dengan pedasnya bumbu pasti akan membuat ketagihan.

Read more at https://kumparan.com/@kumparannews/ahok-gugat-cerai-veronica-diduga-karena-good-friend#i2gmiftFOJi1MKsB.99

Cemilan Maicih - Batagor Kuah

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of