7 Manfaat Keripik Singkong Bagi Kesehatan

Berbicara soal singkong, makanan yang termasuk dalam jenis umbi-umbian ini memiliki beberapa nama yang banyak dikenal oleh masyarakat, seperti ketela pohon dan umbi kayu, singkong memang memiliki banyak jenis yang juga terdapat di berbagai daerah yang ada di Indonesia, jadi tidak heran jika nama dari singkong sendiri ada beberapa jenis. Singkong sering dipandang sebelah mata, bahkan banyak juga yang menyangka singkong ini gizinya sedikit.

maicihlev10
Selain itu, jenis dari singkong memang cukup banyak sehingga anda harus mengetahui mana singkong yang bisa di makan dan dijadikan keripik singkong dan mana singkong yang tidak boleh atau tidak bisa dijadikan makanan atau keripik singkong, meskipun singkong ada yang beracun dan sama sekali tidak bisa dimakan, namun ada beberapa keripik singkong yang tetap bisa di makan ketika racun nya di buang dengan cara pengolahan yang benar.
.
Namun untuk menghilangkan racun tersebut biasa nya membutuhkan proses yang cukup lama, seperti perendaman dan lain sebagainya. Namun meskipun ada beberapa jenis singkong yang tidak bisa langsung di olah menjadi makanan karena racun nya, singkong tetap memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Singkong memiliki manfaat bagi kesehatan orang yang memakan nya.
.
Selain sebagai alternative dari beras, singkong memang salah satu sumber karbohidarat yang mengenyangkan dan bisa memberikan energy bagi orang yang memakan nya, sehingga tidak heran jika singkong tersebut banyak memberikan manfat dan banyak digunakan sebagai pengganti nasi bagi sebagian orang yang kebanyakan hidup di pedesaan.
.
Singkong yang memiliki banyak serat ini memang sudah dikenal mulai jaman hindia belanda, jadi tidak heran jika singkong dikenal di berbagai daerah seluruh Indonesia, bahkan hingga keluar negeri. Dan seiring berkembangnya jaman, singkong menjadi bahan dasar dalam pembuatan berbagai makanan, seperti tape, roti dan keripik.
.
Dalam pembuatan keripik singkong menggunakan mesin keripik singkong ini memang tidak hanya di dasarkan pada singkong saja, namun ada beberapa bahan tambahan yang membuat singkong terasa lebih enak, bahkan ada banyak sekali keripik singkong yang memiliki varian rasa seperti keripik singkong rasa keju, keripik singkong rasa cokelat dan keripik singkong rasa pedas manis, ada banyak varian rasa dari keripik singkong yang ada saat ini.
.
Mungkin anda sudah mulai penasaran dengan manfaat singkong yang bisa anda dapatkan bukan? Hal ini tentu sangat berkaitan erat antara keripik singkong dan manfaat dari singkong, sehingga anda tidak perlu khawatir lagi ketika ingin makan keripik singkong dalam jumlah yang cukup banyak. Dan berikut kami akan mengulaskan 7 manfaat keripik singkong bagi kesehatan:
.
7 Manfaat Keripik Singkong Bagi Kesehatan
.
Sumber Serat
Singkong yang menjadi bahan utama dalam pembuatan keripik singkong ini sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida serta untuk menjadi sumber serat yang bagus untuk tubub manusia, sehingga singkong yang dipakai dalam membuat keripik singkong ini memiliki manfaar untuk menurunkan resiko stroke, jantung, kanker usus besar, serta bisa mengendalikan diabetes. Namun manfaat dari singkong ini memang akan lebih banyak di dapat ketika singkong di masak dengan cara di kukus atau direbus.
.
Sumber Karbohidrat
Singkong memiliki jumlah kalori yang dua kali lipat lebih besar di bandingkan kentang, sehingga tidak salah jika singkong menjadi salah satu makanan pokok yanga menjadi sumber karbohidrat. Karena di dalam 100 gram singkong terdapat kandungan 160 kalori yang sebagian besar terdiri dari sukrosa.
.
Protein Tinggi
Singkong merupakan salah satu makanan yang rendah lemak jika di bandingkan dengan sereal atau kacang-kacangan, namun yang menarik adalah singkong ini memiliki kandungan protein yang tinggi jika di bandingkan dengan kentang dan pisang, sehingga anda tidak perlu khawatir akan kekurangan protein ketika mengkonsumsi singkong.
.
Vitamin K
Singkong juga mengandung vitamin, salah satu nya adalah vitamin K, vitamin K ini sendiri memang berfungsi untuk membangun masa tulang, sehingga tulang akan terjaga ketahanan nya, di samping itu vitamin K juga berperan penting dalam penyembuhan pasiean Alzheimer, sehingga sangat cocok untuk di konsumsi oleh para penderita Alzheimer atau pelupa, karena vitamin K dapat membatasi kerusakan yang ada pada saraf otak.
.
Vitamin B kompleks
Tanaman singkong ini juga merupakan salah satu dari sumber vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti folates, riboflavin, thiamin, piridoksin atau vitamin B-6 dan asam pantotenat. Salah satu kandungan yang bernama riboflavin bisa berguna untuk membantu pertumbuhan tubuh serta membantu daam memproduksi sel darah merah sehingga orang yang memakan singkong akan terhindar dari penyakit anemia.
.
Mineral penting
Singkong atau keripik singkong juga sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai sumber mineral, seperti magnesium, seng, besi, mangan dan tembaga, selain itu kandungan kalium yang ada pada nya juga bisa membantu anda mengantur tekanan darah, bahkan berdasarkan penelitian bahwa singkong sangat berpengaruh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam darah.
.
Melancarkan pencernaan
Insoluble Fiber atau serat yang ada pada singkong tidak mudah larut dalam air, sehingga serat ini akan membantu orang yang mengkonsumsi singkong menjadi lancar proses buang air besar nya. Selain itu serat tersebut juga akan menyerap atau membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan akan menjadi lebih sehat.
.
Bagaimana? Banyak sekali bukan manfaat dari singkong atau keripik singkong yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi nya secara teratur dan dalam jumlah yang pas, dan sebaiknya jika anda mengkonsumsi keripik singkong, anda harus menjaga kadar kolestrol yang akan di akibatkan oleh minyaknya, sehingga anda tidak perlu khawatir lagi akan terkena penyakit berbahaya lain nya jika anda mengkonsumsi keripik singkong dengan takaran yang pas, bukan penyakit yang akan anda dapatkan, melainkan anda akan lebih sehat.
.
Itulah informasi tentang 7 Manfaat Keripik Singkong Bagi Kesehatan yang bisa kami informasikan bagi anda yang suka mengkonsumsi keripik singkong, selain itu mengkonsumsi keripik singkong, sebaiknya anda juga mengkonsumsi singkong dalam keadaan di rebus atau dikukus karena manfaat nya tentu akan jauh lebih tinggi, namun untuk membuat orang lebih menyukai singkong, keripik singkong merupakan salah satu jenis varian olahan singkong yang bisa andalkan karena rasa nya yang enak dan gurih dan anda bisa membuatnya dengan mudah menggunakan mesin keripik singkong. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
.
Budayakan like & share jika bermanfaat buat incu.
.
sumber: http://www.rumahmesin.com/7-manfaat-keripik-singkong-bagi-…/

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , , , ,

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of