7 Makanan Khas Indonesia dengan Nama Menggelitik

Indonesia memang terkenal akan kekayaan kulinernya yang begitu melimpah. Mulai dari Sabang hingga Merauke pasti memiliki makanan khas dengan cita rasa nikmat dan kaya bumbu yang menggugah selera.

Sebut saja sate, nasi goreng, hingga rendang yang terkenal sebagai makanan asli Indonesia paling lezat di dunia. Namun, selain rasa lezatnya yang tak perlu diragukan lagi, ternyata Indonesia juga memiliki sajian khas dengan nama-nama yang unik, lho.
Penasaran? Yuk intip sepuluh sajian khas Indonesia yang memiliki nama yang unik nan menggelitik di bawah ini:

1. Sate kere


Sate kere yang berarti ‘sate miskin’ merupakan sajian sate berukuran kecil yang terdiri dari potongan gembus atau tempe ampas kelapa dan jeroan sapi. Sesuai namanya, dulu sate kere merupakan sajian yang disantap oleh masyarakat dari kalangan bawah yang tidak mampu membeli sate daging.

Meski terbuat dari bahan baku yang murah, namun cita rasa sate yang banyak ditemukan di daerah Solo dan Jogja ini tak kalah lezatnya, lho. Perpaduan gurihnya tempe gembus, jeroan yang kenyal, dan siraman saus kacang manis menghasilkan cita rasa sate yang begitu nikmat.

2. Tahu gimbal


Meski namanya sedikit menggelitik, jangan bayangkan sajian ini mirip dengan rambut gimbal, ya. Nama tahu gimbal berasal dari sejenis gorengan bernama gimbal yang menjadi bahan utama sajian mengenyangkan ini.

Gimbal sendiri terbuat dari campuran udang dan adonan tepung yang digoreng hingga kuning kecoklatan. Setelah itu gimbal disajikan bersama potongan tahu goreng, kol, lontong, tauge, dan telur ceplok lalu disiram dengan saus kacang yang creamy.

3. Onde-onde ketawa

Assalaamu’alaykum.. Sejak pertama lihat buku resepnya mak @fridajoincoffee..saya langsung tertarik dengan resep yang ini. Karena ini kue yang paling sering dibeli karena belum pernah bikin sendiri. Di Medan..kue ini mirip dengan Kue Ketawa..disebut Kue Ketawa karena memang kuenya merekah saat digoreng 😄 Alhamdulillah..pertama kali bikin ini langsung ketawa kuenya…banyak yang ketawa malu-malu juga sih…heheh…kurang tau juga apakah aslinya Keciput ini merekah atau gak ya…😂😂 . KECIPUT Source : @fridajoincoffee Bahan : 1 butir telur 1 kuning telur 4 sdm gula pasir 120 ml santan kental 1 sdt garam 200 gr tepung ketan putih 1/2 sdt baking powder 1/2 sdt soda kue 250 gr wijen Minyak goreng Cara membuat : 1. Campurkan telur, kuning telur dan gula pasir, kocok selama 2 menit. 2. Tambahkan santan dan garam. Aduk hingga tercampur rata. 3. Masukkan tepung ketan yang telah diayak bersama baking powder dan soda kue sambil diaduk rata. 4. Bentuk adonan bulat kecil. Gulingkan diatas wijen. Lakukan hingga adonan habis. 5. Panaskan minyak. Goreng keciput hingga kekuningan. Besarkan api, goreng sampai terapung dan kecoklatan. Kecilkan api dan goreng hingga kering. . #elsaelwin #keciput #kueketawa #kueketawamini #kuetradisionalindonesia #kuekhasdaerah #homemade #fotokue

A post shared by Elsa Yuneita binti Elwin (@elsaelwin) on


Berbeda dengan onde-onde biasa yang berbentuk bulat dengan tekstur kenyal nan legit, onde-onde ketawa memiliki bentuk yang merekah yang unik. Bentuk merekah menyerupai orang yang sedang tertawa ini lah yang membuat camilan ini disebut dengan nama onde-onde ketawa.

Selain bentuknya yang agak berbeda, onde-onde ketawa juga tidak memiliki ukuran lebih kecil tanpa diberi isian apa pun. Rasanya yang manis dan gurih sangat dengan tekstur garing cocok disantap sambil menikmati secangkir teh hangat.

4. Nasi kucing


Meski bernama nasi kucing, namun kamu tak perlu khawatir karena sajian unik ini tidak mengandung olahan daging kucing sama sekali. Nama nasi kucing berasal dari porsi nasi yang amat kecil seperti makanan kucing peliharaan di rumah.

Nasi kucing berisi satu kepal kecil nasi dengan aneka lauk seperti oseng tempe, sambal goreng ayam, hingga ikan peda yang asin dan gurih. Saking kecilnya, biasanya satu orang dapat menyantap tiga hingga empat porsi nasi kucing dalam sekali makan.

5. Oseng mercon


Terbuat dari daging koyor berlemak, tetelan sapi, dan bumbu tradisional dengan cabai melimpah, sajian ini diberi nama oseng mercon karena sensasi pedas luar biasa seperti menyantap mercon yang meledak. Namun, meski pedasnya dapat membuat keringat mengucur deras, namun sajian ini tetap memiliki banyak penggemar setia, lho.

Perpaduan daging sapi, tetelan kenyal, dan bumbu super pedas oseng mercon yang disajikan bersama nasi hangat inilah yang menjadi salah satu daya tariknya.

6. Pempek kapal selam

#pempekkapalselam

A post shared by Shella Sariningtiyas (@shellastys) on


Memiliki nama yang cukup unik, nama pempek kapal selam diambil dari proses perebusannya yang menggunakan panci berukuran sangat besar. Pempek yang tenggelam ke dalam air rebusan sesaat setelah dimasukkan ke dalam panci terlihat seperti kapal selam yang sedang mengarungi lautan.

Tak hanya namanya yang unik, sajian khas Palembang ini pun telah tersohor akan kelezatannya. Bercita rasa gurih dengan tekstur kenyal dan crunchy, pempek kapal selam semakin nikmat disajikan bersama siraman kuah cuko asam.

7. Kerupuk melarat

Selain kerupuk rambak yang terbuat dari kulit sapi ataupun kulit kerbau. Cirebon yang dikenal sebagai kota Udang, memiliki kerupuk spesial. Apalagi namanya kalau bukan kerupuk pasir, atau dikenal dengan kerupuk melarat. Terbuat dari tepung tapioka, garam dan bawang putih, serta memiliki rasa gurih dan sangat renyah, kerupuk ini sangat pas jika disantap bersama dengan saus sambal atau buat cemilan. Sebenarnya nama asli kerupuk tersebut bukanlah kerupuk pasir atau kerupuk melarat seperti yang sudah cukup di kenal seperti ini, melainkan bernama kerupuk mares. Nama mares itu sendiri sudah diberikan pembuat kerupuknya pada tahun 1920 – an. Arti kata mares diambil dari lemah, berarti tanah atau pasir yang kasar. Seiring berjalannya waktu, nama kerupuk mares mulai berubah menjadi kerupuk melarat sekitar 1980 dan tetap dikenal dengan nama yang sama sampai sekarang. Penamaan kerupuk pasir ini dikarenakan dari proses yang sangat merakyat yaitu dengan menggunakan pasir yang telah diayak atau telah disangrai. Pasir tersebut pun digunakan sebagai bahan pengganti minyak dalam proses penggorengan kerupuk. Hal ini terjadi karena pada jaman penjajahan banyak masyarakat Cirebon yang tak mampu untuk membeli minyak goreng, sehingga masyarakat Cirebon pun berinisiatif untuk mencoba menggantikan minyak dengan pasir yang bahannya sangat mudah ditemukan. Tak hanya itu juga keunikan dari kerupuk pasir ini terletak pada warna kerupuk yang memiliki ciri khas tersendiri. Siapa sangka, jika kerupuk pasir alias kerupuk melarat yang didominasi warna merah muda, kuning dan putih ini memiliki penggemar yang cukup melimpah. Tidak hanya warga kota Cirebon, dari masyarakat diluar kota Cirebon pun cukup banyak, lo. Padahal, kerupuk ini pernah tidak mendapatkan tempat di hati sebagian warga Cirebon maupun pendatang yang tengah berwisata. @majalah_bobo @bobo.grid.id @natgeoindonesia #kerupukmelarat #cemilancirebon #cirebon #oleholehcirebon #oleholeh #indonesiancrackers #localfood #wonderfulindonesia #kulinerindonesia #ellyjourney #iphone7plus

A post shared by ellyhandojo (@ellyhandojo) on


Dalam bahasa Jawa, melarat atau mlarat memiliki arti miskin dan sengsara. Ya, sesuai dengan namanya, kerupuk warna-warni ini memang menjadi salah satu sajian andalan masyarakat kalangan bawah pada zaman dahulu.

Uniknya, karena banyak orang yang tidak mampu membeli minyak, kerupuk ini tidak digoreng menggunakan minyak sayur melainkan dengan pasir yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Inilah asal-muasal kenapa kerupuk brcita rasa gurih ini diberi nama kerupuk melarat.

Sumber: https://kumparan.com/@kumparanfood/7-makanan-khas-indonesia-dengan-nama-menggelitik-27431110790536064

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , ,

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
NOVIAN Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of

Warning: str_rot13() has been disabled for security reasons in /home/maicihco/public_html/wp-content/plugins/wpdiscuz/includes/class.WpdiscuzDBManager.php on line 506
NOVIAN
Guest

Namanya unik, Sate kere. Tapi pasti enak banget itu