7 Kenyataan di Dunia Kerja yang Sering Gak Sesuai Harapan

Harapan dan kenyataan di dunia kerja adalah dunia yang penuh kejutan. Kamu yang sudah memasuki fase ini pasti paham deh betapa dunia kerja itu akan memberikan kesan tersendiri yang biasanya cukup jauh dari ekspektasi. Berikut ini IDNtimes akan mengulas 7 ekspektasi versus realita yang biasanya akan kamu rasakan sebelum dan sesudah bekerja:

1. Harapan: Fresh graduates kapan aja bisa dapat kerja

Kenyataan: Masih nganggur di rumah setelah sekian lama

Dalam harapan kebanyakan fresh graduates, cari kerja itu gampang. Tinggal kirim resume, test, dan wawancara kamu pasti bisa langsung dapat kerja. Padahal ada banyak orang yang mengaku menunggu lama sebelum akhirnya mendapatkan pekerjaan pertama. Kamu mungkin harus merasakan tuh sulitnya menjalani tes sana sini eh ternyata ditolak sama perusahaan bersangkutan. Bisa jadi nih selama beberapa bulan setelah lulus kamu cuma diam di rumah alias jadi pengangguran.

2. Harapan: Ngomongnya “Fresh graduates are welcome”

Kenyataan: Tapi di kolom pengalaman minta yang pernah kerja minimal 3 tahun…

Selain skill hal lainnya yang bikin seseorang kadang susah dapat pekerjaan adalah pengalaman. Biasanya kebanyakan perusahaan mengharuskan calon karyawannya memiliki pengalaman sebelum diterima pada perusahaan mereka. Bingung kan kalau semua perusahaan carinya yang sudah berpengalaman, terus kamu fresh graduates cari kerja di mana? Inilah lika-liku mencari pekerjaan yang pasti kamu alami nanti.

3. Harapan: Akhir bulan dapat bonus, asyiiik!

Kebanyakan perusahaan akan memberikan bonus pada karyawan saat berhasil mencapai target tertentu. Sebagai karyawan tentu kamu senang dong dengan kabar ini. Eits tapi jangan terlalu senang dulu ya, karena pada kenyataannya cukup banyak lho perusahaan yang menjanjikan bonus tapi cuma janji doang.

4. Harapan: Lapangan pekerjaan di Jakarta banyak, jadi kesempatannya makin besar

http://images.solopos.com

Kenyataan: Helooo, di luar daerah juga banyak kali…

Hingga saat ini masih banyak orang menganggap bahwa Jakarta adalah kota paling pas untuk mencari pekerjaan. Selain karena Jakarta adalah ibukota, di Jakarta juga tersedia banyak lapangan kerja yang bisa dicoba oleh para pelamar. Tentu anggapan ini tak sepenuhnya salah, tapi bukan berarti benar 100%. Di kota lain misalnya Surabaya ada banyak lowongan pekerjaan tersedia. Di kota yang terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan ini tersedia beragam kesempatan untuk pencari pekerja merintis karir.

6. Harapan: Kerja di Jakarta itu asyik dan keren

www.aqua.com

Kenyataan: Padahal kerja di kota lain juga asyik sih…

Tak jarang alasan perantau memilih kerja di Jakarta karena kota ini dianggap keren. Mulai dikarenakan adanya beragam lapangan pekerjaan sampai alasan lainnya, seperti tersedia banyak mall untuk refreshing. Pemikiran kamu sih gak salah, tapi kalau mau jeli ada banyak kota yang lapangan kerjanya beragam dan menyediakan hiburan tak kalah menyenangkan. Misalnya saja kota Surabaya yang secara ekonomi perkembangannya cukup signifikan. Di kota ini kamu memiliki kesempatan mendapat banyak pekerjaan dari industri beragam dengan gaji kompetitif. Kalau mau cari hiburan, Surabaya pun gak kalah menggoda. Kamu bisa menjajal mulai dari cafe, mall, hingga wisata kuliner yang pastinya menarik untuk dicoba.

Selain di Surabaya, tentu banyak kota-kota lain di Indonesia yang memiliki lapangan pekerjaan yang menjanjikan, seperti kota Bandung. Bahkan jika kamu jeli, pelosok-pelosok wilayah nusantara banyak perkerjaan dengan gaji fantastis. Sebagai contoh adik admin yang pernah bekerja di Kota Lhokseumawe dengan gaji 20juta / bulan.

7. Harapan: Kerja itu banyak santainya, gak sesibuk kuliah

Kenyataan: Pas sudah kerja kamu bakal sesibuk ini

Kamu yang berpikir bahwa dunia kerja lebih santai daripada kuliah siap-siap kecewa deh. Alasannya meski sudah gak ada dosen yang memintamu menyelesaikan tugas ini dan itu, ada atasan yang siap memberimu aneka pekerjaan yang banyak. Jadi harapan kalau dunia kerja itu lebih santai dari kuliah kayaknya gak akan terjadi deh.

Walaupun harapan vs kenyataan gak selalu sesuai dengan harapan tapi kamu tetap harus semangat ya. Kamu juga nggak perlu terburu-buru dalam mencari pekerjaan, kamu bisa mencari tahu tentang pekerjaan yang cocok di bidangmu juga tips pekerjaan di berbagai situs pencarian kerja, salah satunya Karir.com. Apa pun yang kamu alami selama bekerja, selalu ingat untuk menjadikannya sebagai sebagai pembelajaran yang mendewasakan ya. Fighting! 

Sumber: https://life.idntimes.com/career/karir-com/7-kenyataan-di-dunia-kerja-yang-sering-ga-sesuai-harapan/full

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: