7 Jenis Makanan dan Minuman yang Memperburuk Kesehatan Gigi

Sudah menjadi rahasia umum agar kesehatan dan penampilan gigi senantiasa terjaga, setiap individu diharuskan untuk melakukan sederet ritual kesehatan mulut. Mulai dari menyikat gigi dua kali sehari, menggosok lidah, berkumur, hingga menggunakan dental floss. Kendati demikian, cara tersebut rupanya akan menjadi sia-sia apabila terus menyantap makanan dan minuman yang dapat berimbas buruk pada kesehatan gigi.
Ya, dilansir Mouth Healthy , terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang bila dikonsumsi secara terus-menerus maka akan memicu pengikisan gigi, bahkan dapat menyebabkan gigi berlubang. Lantas, makanan dan minuman apa yang sebaiknya dihindari? Yuk, simak ulasannya:

1. Es batu

Meski tidak mengandung kalori, mengunyah es batu rupanya dapat memicu kerusakan gigi. Ya, tekstur es yang keras dan dingin dapat merusak enamel atau email, yakni lapisan terluar gigi, sehingga membuat gigi menjadi sensitif, bahkan berlubang. Selain itu, penggunaan air yang dipakai pada pembuatan es batu yang tak higienis juga dapat berimbas pada kesehatan perut dan usus.

Es Batu dan Jeruk (Pexels)

2. Jeruk

Jeruk dikenal dengan rasa yang manis dan sedikit asam. Nah, bila terlalu sering mengonsumsi buah berwarna oranye cerah ini, kandungan asam alami yang ada di dalamnya dapat mengikis enamel gigi, sehingga gigi akan lebih rentan terhadap pembusukan. Untuk menetralisir hal tersebut, kombinasikan jeruk dengan air putih setelah menyantap buah tersebut.

3. Kopi

Photo by Studio 7042 from Pexels

Telah menjadi minuman rutin sehari-hari, kopi nyatanya dapat memengaruhi penampilan gigi. Ya, mengandung kafein yang cukup tinggi, minuman beraroma khas satu ini dapat membuat gigi berwarna kuning. Meski begitu, kamu bisa mencegahnya dengan cara yang sederhana. Yakni rutin menyikat gigi dan berkumur-kumur setelah meminum kopi.

4. Buah-buahan kering

Kismis Hitam (Pixabay)

Buah-buahan kering seperti manisan buah dan kismis juga dapat berimbas buruk pada kesehatan gigi. Memiliki tekstur yang lembek dan lengket, makanan jenis ini dapat dengan mudah menempel pada sela-sela gigi, sehingga bila tidak dibersihkan akan membuat gigi berlubang dan membentuk plak atau karang gigi. Jadi, setelah memakan makanan bertekstur lengket, sebaiknya segera berkumur atau bersihkan dengan benang gigi atau dental floss.

5. Keripik kentang

Keripik Kentang (Pixabay)

Siapa yang tak suka keripik kentang? Bertekstur crunchy dengan rasa yang gurih, camilan satu ini kerap dijadikan sebagai kudapan pendamping menonton televisi. Sayangnya, keripik kentang tinggi akan kandungan pati sehingga dapat dengan mudah menempel pada gigi. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa keripik kentang pada permukaan gigi setelah makan.

Baca Juga Suka Makan Pedas Seperti Keripik Pedas Maicih? Ini 8 Kebaikan yang Bakal Kamu Dapatkan!

6. Minuman soda

Minuman Bersoda (Pixabay)

Saat kamu mengonsumsi minuman soda pada jangka waktu yang cukup lama, bakteri dan kuman pemicu plak akan berkembang biak dan menyerang enamel gigi. Dan, semakin banyak asupan minuman manis yang kamu konsumsi, maka akan semakin cepat pula kerusakan gigi yang kamu alami. Tak hanya buruk bagi gigi, meminum minuman soda juga dapat meningkatkan tekanan darah, serta memperburuk gejala diabetes dengan kandungan gula yang dimilikinya.

7. Minuman energi

Ilustrasi (pixabay)

Meski diklaim ampuh untuk meningkatkan, minuman energi mengandung sejumlah gula yang tidak baik bagi kesehatan, termasuk kesehatan gigi. Menurut The American Academy of Pediatrics, minuman energi memang dapat membantu atlet agar tetap segar dan berenergi. Namun pada beberapa kasus, minuman jenis ini juga dapat memperburuk pengikisan pada enamel gigi.

Sumber: https://kumparan.com/@kumparanfood/7-jenis-makanan-dan-minuman-yang-memperburuk-kesehatan-gigi-27431110790536677

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , ,

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of