6 Tips Mendasar Namun Penting Untuk Pemillik Bisnis Makanan

Bisnis Kuliner Maicih
Photo by Thuong Do on Unsplash

Mengelola bisnis makanan memiliki tantangannya tersendiri, apalagi bagi para pemilik bisnis yang baru atau yang sudah memulai. Tips mendasar apa saja yang perlu diperhatikan pemilik bisnis makanan agar dapat mengelola bisnis makanan dengan baik?

apa-saja-yang-harus-dipertimbangkan-sebelum-berbelanja-bahan-baku-secara-online-2

Berikut kami rangkum dalam 6 poin, dimana walaupun tips sangat mendasar, namun sangat penting untuk bisnis makanan Anda ke depannya.

1. Pastikan membeli bahan baku dengan bijak

6-tips-mendasar-namun-penting-untuk-pemillik-bisnis-makanan-1

Salah satu restoran di daerah Jakarta Selatan mengaku bahwa pembelian bahan baku dalam jumlah yang banyak dapat meningkatkan efisiensi waktu dan biaya di bisnis makanan mereka sekitar 2% – 4% dibandingkan membeli bahan baku dengan jumlah yang lebih sedikit.

Namun pembelian dalam jumlah yang lebih besar untuk bisnis makanan Anda juga harus memperhatikan ketahanan dan tanggal kadaluarsa tiap bahan baku tersebut. Jangan sampai karena ingin harga yang lebih murah, maka Anda tidak bijak dan rasional dalam membeli bahan baku untuk bisnis makanan Anda. Jumlah pembelian, ongkos kirim dan tanggal terima juga harus seimbang dan menjadi perhatian Anda.

2. Karyawan di bisnis makanan Anda adalah rekan bisnis Anda

6-tips-mendasar-namun-penting-untuk-pemillik-bisnis-makanan-2

Pemilik salah satu franchise bisnis makanan yang memiliki lebih dari 10 outlet di Jakarta, selalu memiliki cara untuk mendekatkan diri ke karyawan-nya. Karena menurutnya tanpa karyawan dan staf yang bekerja dengan baik, bisnis makanan yang ia miliki tidak akan berkembang sampai sebesar sekarang ini.

Menurutnya juga perlakuan yang baik dan dekat kepada karyawan di bisnis makanan yang ia miliki akan membuat lingkungan kerja selalu nyaman, dan ini merupakan salah satu hal yang penting untuk dapat terus mempertahankan semangat dan dukungan moral. Beberapa cara sederhana yang dilakukan dan sederhana salah satunya adalah sesekali mengucapkan terima kasih setelah jam tutup untuk outlet tersebut.

3. Fokus kepada pelanggan

6-tips-mendasar-namun-penting-untuk-pemillik-bisnis-makanan-3

Saat tamu datang ke restoran Anda, mereka sudah mengorbankan waktu dan bersedia mengeluarkan sejumlah uang untuk menikmati apa yang bisnis makanan Anda sajikan. Hal ini harus menjadi perhatian utama dalam melayani mereka, sehingga pastikan sajian yang bisnis makanan Anda tawarkan selalu tersedia dan memiliki cita rasa yang terjaga kualitasnya.

Tentu dengan restoran yang pengunjungnya semakin ramai, kendala dalam ketersediaan beberapa menu makanan dan pembelian bahan baku dapat menjadi faktor pendukung yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Jangan sampai pelanggan kecewa dikarenakan makanan atau minuman ternyata sering tidak tersedia atau habis saat mereka pesan.

4. Lokasi, lokasi, dan lokasi

6-tips-mendasar-namun-penting-untuk-pemillik-bisnis-makanan-4

Konsep bisnis makanan Anda sudah bagus, makanan yang Anda tawarkan pun yakin akan sangat digemari, tapi jika bisnis makanan Anda berada di tempat yang sulit dijangkau dan tidak diketahui orang lain, maka Anda sudah kehilangan banyak kesempatan untuk meningkatkan bisnis Anda.

Namun di zaman sekarang ini, hal tersebut mudah untuk diatasi, walaupun lokasi yang Anda pilih tidak terlalu strategis, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan lokasi dan bisnis Anda, beberapa jasa pengantar makanan online saat ini pun dapat Anda manfaatkan sehingga tidak mengurangi niat Anda untuk memulai menjalankan bisnis makanan Anda.

5. Ketahui cara membaca laporan keuangan

6-tips-mendasar-namun-penting-untuk-pemillik-bisnis-makanan-5

Laporan keuangan yang baik dan tepat membantu Anda menentukan strategi dan arahan bisnis Anda. Selain itu laporan keuangan dapat membantu Anda untuk melihat apakah kondisi keuangan bisnis makanan Anda sedang dalam keadaan yang baik atau tidak.

Laporan keuangan sederhana yang dapat Anda buat misalkan laporan pembelanjaan atau pengeluaran untuk pembelian bahan baku, laporan pendapatan dan laporan pengeluaran bulanan. Dari laporan sederhana tersebut Anda sudah bisa mendapatkan gambaran sebagian besar untuk Laba / Rugi di bisnis makanan Anda.

6. Tegaskan tugas dan tanggung jawab Anda sebagai pemilik

6-tips-mendasar-namun-penting-untuk-pemillik-bisnis-makanan-6

Penting bagi pemilik atau perintis bisnis makanan untuk memikiran apa yang terbaik bagi bisnis makanan mereka. Namun kita harus memiliki pikiran dan arahan bahwa kita selalu dapat melatih dan mendidik orang lain untuk menjalankan bisnis kita dengan baik. Walaupun kita melatih dan memberikan kepercayaan kepada mereka, tugas dan tanggung jawab kita sebagai pemilik tidak boleh dilupakan.

Tanggung jawab kita sebagai pemilik bisnis makanan adalah memberikan semua sumber daya yang dibutuhkan oleh rekan bisnis (karyawan) kita untuk dapat menjalankan tugas mereka di setiap harinya.

Setelah mengetahui 6 tips mendasar untuk pemilik bisnis makanan di atas, segera terapkan untuk bisnis makanan yang sedang Anda jalani. Bila Anda belum mulai, jangan tunda lagi, karena memiliki bisnis makanan dengan tata kelola yang baik dan membahagiakan customer adalah hal yang diinginkan setiap pemilik bisnis makanan.

Sumber: http://blog.stoqo.com/2017/11/27/6-tips-mendasar-namun-penting-untuk-pemillik-bisnis-makanan/

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: