5 Penganan Unik dari Bahan Singkong yang Perlu Anda Tahu

5 Penganan unik dari bahan singkong yang perlu anda tahu – Singkong alias ketela pohon, alias ubi kayu merupakan tanaman umbi yang mudah ditemukan. Selain itu juga mudah dibudidayakan di kebun atau di pekarangan sekitar rumah.

Di pasar-pasar tradisional akan mudah dijumpai. Kita dapat membeli dengan harga terjangkau dalam kiloan. Jika mempunyai kebun, kita dapat membudidayakannya dengan mudah. Di pekarangan sempit sekali pun, singkong dapat ditanam.

Mengapa mudah dibudidayakan? Tanaman ubi kayu tidak membutuhkan perawatan seperti tanaman lainnya. Cara pembiakannya cukup dengan memotong batang kemudian ditanam. Ini dikenal dengan istilah pembiakan stek batang.

Nah, kali ini kami menghadirkan bahan penganan atau camilan yang diolah dari bahan singkong. Berikut 5 penganan unik yang berasal dari bahan singkong:

1.Goreng singkong
Ini adalah makanan camilan yang paling ringkas cara membuatnya. Ubi kayu yang sudah dibersihkan, dibentuk atau dipotong sesuai keinginan kemudian digoreng. Makanya disebut dengan singkong goreng

2.Tumbang Singkong
Tumbang singkong adalah penganan singkong yang direbus lalu dibuat semacam adonan dan kemudian dicetak dengan bentuk tertentu. Selain garam juga diberi gula putih dan parutan kelapa.

3.Godok singkong
Cara membuat godok singkong nyaris sama dengan tumbang ubi. Namun godok ubi digoreng setelah dibuat adonan dan diberi garam dan vanila. Setelah itu dilumuri gula pasir atau gula aren..

4.Lepat singkong
Lepat ubi kayu merupakan penganan khas Minangkabau yang dibungkus dengan daun pisang. Selain bahan utama singkong, untuk membuat camilan ini dibutuhkan kelapa parutan, garam, gula aren dan vanila.

5.Kue talam singkong
Kue talam singkong dilengkapi dengan tepung beras pada lapisan atas. Untuk membuat kue talam singkong memang memerlukan waktu dan langkah cukup panjang. Namun jika kita punya waktu luang mungkin perlu dicoba membuatnya.

Demikianlah 5 macam penganan atau camilan unik yang diolah dari bahan singkong. Semoga bermanfaat.

Sumber: http://bogaminang.blogspot.co.id/2017/12/penganan-unik-dari-bahan-singkong.html

Keripik Maicih Level 5

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: