5 Makanan Sebaiknya Tidak Dipanaskan Pakai Microwave

SALAH satu cara praktis untuk menghangatkan makanan adalah menggunakan microwave. Anda cukup memasukkan sisa makanan, lalu mengatur suhu panas sesuai dengan yang diinginkan. Kendati demikian, ternyata tidak semua makanan bisa dipanaskan.

Dilansir dari The Daily Meal, Jumat (5/1/2018), peralatan dapur ini justru dapat menghilangkan kandungan nutrisi dan merusak teksturnya ketika makanan dipanaskan. Apa saja makanan tersebut? Berikut Okezone rangkumkan 5 makanan yang sebaiknya tidak Anda panaskan menggunakan microwave.

Makanan yang sudah pernah dihangatkan

Perlu Anda ketahui, memanaskan makanan secara tidak langsung mengurangi kualitas dan nutrisi yang terdapat dalam makanan tersebut. Apalagi jika proses ini dilakukan berulang kali. Oleh karena itu, sebelum Anda memanaskan makanan menggunakan microwave, pastikan bahwa makanan tersebut masih dalam keadaan fresh atau baru satu kali dipanaskan. Kedua, pastikan porsi makanan yang hendak Anda konsumsi dengan teliti sebelum memanaskannya. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak menyia-nyiakan sisa makanan yang masih memiliki kualitas baik.

 

Roti

Tidak ada alasan untuk memanaskan atau menghangatkan roti menggunakan microwave. Pasalnya, suhu panas yang dikeluarkan microwave akan membuat tekstur roti mengeras dan sedikit kenyal. Jika Anda terpaksa menghangatkan roti, tambahkanlah sedikit air dan masukkan ke dalam oven hingga garing. Opsi lain, Anda bisa menghangatkan roti di atas penggorengan anti lengket. Kedua cara tersebut dapat Anda gunakan untuk menghangatkan pizza.

Cabai dan paprika

Seperti diketahui bahwa kedua cabai dan paprika mengandung senyawa bioaktif yang berfungsi menimbulkan rasa pedas atau dikenal dengan sebutan capsaicin. Kandungan ini ternyata dapat menjadi racun jika dibiarkan menguap ketika dipanaskan di dalam microwave. Oleh karena itu, hindarilah memanaskan cabai meski Anda telah mencampurkannya dengan makanan apapun.

Buah-buahan

Jika Anda pernah tergoda untuk mengolah buah-buahan menggunakan microwave, lupakan lah! Beberapa jenis buah-buahan seperti anggur, apel, hingga kismis, justru akan hancur jika dipanaskan menggunakan alat tersebut. Untuk mengakalinya, Anda bisa menggunakan cara klasik seperti memanggang buah atau mengukusnya.

Brokoli

Sebagian besar orang mengonsumsi brokoli karena mengandung banyak nutrisi esensial yang baik untuk kesehatan. Namun sayangnya, menghangatkan brokoli menggunakan microwave ternyata dapat mengurangi banyak nutrisinya. Sebagai alternatif, Anda bisa mengukus brokoli agar kandungan nutrisinya tetap terjaga dengan baik.(ndr)

Sumber: https://lifestyle.okezone.com/read/2018/01/04/298/1840136/5-makanan-sebaiknya-tidak-dipanaskan-pakai-microwave

 

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: