5 Kota yang Ditetapkan Jadi Destinasi Wisata Kuliner Nasional Ini Wajib Dikunjungi

maicih

Meski belum diresmikan, Menteri Pariwisata, Arief Yahya kembali menekankan penetapan lima kota di Indonesia sebagai Destinasi Wisata Kuliner Nasional pada event Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival (WICSF) 2017 di Mal Kota Kasablanka, Rabu (27/09/2017).

Dilansir dari berbagai sumber oleh Reservasi.com, penetapannya dilakukan berdasarkan enam kelayakan, yakni produk dan daya tarik utama, pengemasan produk dan event, kelayakan pelayanan, kelayakan lingkungan, kelayakan bisnis, dan peran pemerintah dalam pengembangan destinasi wisata kuliner.

Arief Yahya kini sedang mengusahakan agar Destinasi Wisata Kuliner Nasional tersebut bisa mendapatkan sertifikasi dari World Tourism Organization UNWTO. Dengan begitu, informasi terkait kota-kota ini pun bisa semakin diketahui oleh traveler dan foodies dunia

Sudah nggak sabar untuk berburu makanan dan minuman lezat di Destinasi Wisata Kuliner Nasional ini? Berikut ini daftar kotanya.

1. Bali

shuttertsock.com

Selain tempat wisata yang menenangkan mata, hati, dan pikiran, Pulau Dewata juga punya banyak pilihan destinasi seru untuk memanjakan perut.

Beberapa tempat makan legendaris yang bisa kamu temukan di Bali adalah Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Bebek Bengil, Warung Mina, atau Sanur Night Market. Cita rasa otentik khas The Island of God bisa kamu dapatkan di sana. Selain enak, harganya juga sangat ramah di kantong.

2. Bandung

sumber : shutterstock.com

Kalau bicara tentang destinasi kuliner terbaik di Indonesia, Bandung sih sudah jadi juaranya. Mulai dari tradisional hingga modern, semua ada di Kota Kembang. Inilah alasan mengapa banyak traveler yang sengaja datang ke sana hanya untuk berburu menu-menu yang unik.

Selain makanan atau minuman nikmat, cafe atau restoran kekinian favorit anak muda juga menjamur di sana. Beberapa tempat makan yang nggak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Bandung adalah Kalpa Tree, One Eighty Coffee, dan Stop & Shop Bandung.

3. Yogyakarta

Destinasi Wisata Kuliner Nusantara
shutterstock.com

Nggak perlu heran kalau Yogyakarta masuk ke daftar Destinasi Wisata Kuliner Nusantara. Saking banyaknya pilihan tempat makan enak, kamu bahkan harus meluangkan satu hari khusus untuk mencicipi menu-menu nikmat yang ada di sana.

Angkringan di Malioboro, The House of Raminten, Gudeg Yu Djum, Sate Klatak Pak Pong, atau Gudeg Pawon adalah deretan tempat yang wajib kamu datangi ketika traveling ke Kota Pelajar.

4. Solo

Nikmatnya Srabi Notosuman, Selat Solo Mbak Lies, Timlo Sastro, atau Tahu Kupat Sholihin mungkin jadi alasan mengapa Solo masuk ke dalam daftar Destinasi Wisata Kuliner Nusantara.

Bahkan, salah satu tempat bernama Soto Gading yang berlokasi di kawasan Pasar Kliwon, Surakarta, sudah jadi lokasi kulineran favorit Presiden RI, Joko Widodo.

Selain terkenal dengan kelezatan rasanya, sebagian besar makanan atau minuman yang dijual di kota ini punya harga yang murah meriah lho. Pasti bakal puas deh jelajah makanan nikmat di sana.

5. Semarang

Wisata Kuliner Nasional
sumber : shutterstock.com

Destinasi Wisata Kuliner Nasional selanjutnya adalah Semarang. Kamu tentu tahu kalau kota ini punya banyak pilihan makanan legendaris enak yang patut dicoba.

Ada menu tradisional seperti lumpia, tahu gimbal, tahu pong, bandeng presto, wingko babad, nasi gandul, hingga makanan kekinian seperti bakso beranak atau Semarang Wife Cake. Semuanya pasti sukses menggoyang lidah dan memanjakan perut.

Sumber: http://blog.reservasi.com/wisata-kuliner-nasional/

Keripik Maicih Pedas

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of