4 Cara Agar Kembali Semangat Saat Bekerja di Hari Senin

Semangat Bekerja
Sumber: Pixabay

Bagi para pekerja, terutama pegawai kantoran, hari Senin adalah hari yang paling dihindari karena hari ini adalah hari yang memulai kerja selama seminggu, sedangkan hari Jumat adalah hari yang paling ditunggu-tunggu karena akhir pekan sudah di depan mata. Oleh karena itu, kita sering mendengar catchphrase atau melihat status di media sosial seperti “I don’t like Monday!” atau “TGIF! (Thank God It’s Friday!)”.

Tak heran bukan bila apa yang Anda lakukan di hari senin pagi ini akan mempengaruhi Anda sepanjang minggu?

Namun, baru-baru ini ada catchphrase baru yang didengung-dengungkan oleh banyak motivator baik di Indonesia maupun di dunia internasional, yaitu “Monday is Money Day” yang mengajak para pekerja untuk mengubah cara pandang terhadap hari Senin yaitu menjadikannya sebagai hari yang membuka pintu menuju banyak peluang rezeki dan keberhasilan.

Di bawah ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulai produktivitas di hari senin pagi.

1. Bangun Lebih Pagi

Sebagian orang suka bangun pagi, bahkan lebih awal daripada kokok ayam jantan atau seruan sholat Subuh dari mesjid terdekat. Itu bagus sekali. Tetapi sebagian orang lainnya hampir selalu kesulitan bangun pagi, padahal sudah dibantu dengan alarm. Tidurlah lebih awal agar Anda dapat bangun lebih pagi. Aturlah alarm Anda 15 menit lebih cepat karena dengan demikian Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk persiapan sebelum bekerja. Lakukan doa pagi atau meditasi untuk menyiapkan tubuh dan pikiran Anda untuk beraktivitas sepanjang hari. Anda akan merasa lebih sadar dan terhubung dengan hal-hal yang perlu Anda lakukan di tempat kerja.

2. Sarapan

Hampir semua orang tahu bahwa sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari. Pernyataan ini didukung oleh banyak hasil studi yang menunjukkan bahwa orang-orang yang sering melewatkan sarapan akan mengalami kesulitan berkonsentrasi dan merasa kekurangan energi di tempat kerja. Dan ini belum termasuk rasa malu karena ada suara-suara bergemuruh dari perut kosong sekitar pukul 10 pagi. Pastikan Anda makan sarapan yang seimbang. Dan jika Anda tidak sempat, Anda bisa makan sebuah pisang dan segelas susu.

3. Berolahraga

hal yang bisa Anda lakukan dengan bangun lebih pagi di hari senin adalah berolahraga. Lakukan olahraga ringan selama 10 hingga 15 menit. Lebih baik lagi olahraga yang jenisnya cardio, karena bisa mengeluarkan hormon endorphin.

Olahraga sepeda statis di pagi hari dipercaya paling cepat untuk membakar lemak dan menjadikan tubuh lebih sehat. Selain itu, hormon endorphine yang dikeluarkan menjadikan Anda lebih bahagia pula. Sedangkan, fungsi meditasi dan yoga, untuk mempersiapkan mental Anda untuk hari dan minggu yang sibuk kedepannya.

4. Mempersiapkan Pekerjaan Hari Itu

Mempersiapkan pekerjaan bukan berarti Anda harus berurusan dengan dokumen kerja di pagi hari. Sebaliknya, siapkan jadwal pekerjaan dan apa saja yang harus dilakukan pada hari itu hingga sepanjang minggu. Buat daftar to do untuk tugas yang harus diselesaikan, email yang harus dibalas, hingga rapat yang akan Anda hadiri.

Memiliki daftar seperti ini menjadikan Anda merasa lebih siap ketika datang ke kantor dan mulai bekerja. Sebaliknya, jangan mulai membalas atau melihat email di pagi hari sebelum Anda berada di kantor. Itu hanya akan merusak mood pagi hari Anda.

Itulah beberapa cara agar moodnya kembali semangat untuk beraktifitas di hari Senin. Emak mau tanya mana yang paling sering kamu lakukan untuk menambah semangatmu di hari ini?

Sumber:

  1. https://magazine.job-like.com/memulai-produktivitas-di-hari-senin/
  2. http://lombokita.com/tips-agar-semangat-bekerja-di-hari-senin/

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: