12 Destinasi Liburan Sekitar Jakarta yang Praktis dan Dekat

Siapa bilang liburan harus jauh dari Jakarta? Ternyata banyak destinasi liburan Sekitar Jakarta yang tidak kalah seru dan menarik, lho. Kamu tidak usah jauh-jauh dan tidak perlu waktu berhari-hari untuk pergi ke destinasi liburan. Yuk, simak destinasi liburan sekitar Jakarta berikut ini!

Destinasi Liburan Sekitar Jakarta

1. Lembang – Bandung

Wisata Sekitar Jakarta - LembangSumber gambar: sebandung

Wilayah di Kabupaten Bandung Barat ini adalah destinasi wajib dan terpopuler untuk para wisatawan yang sedang liburan. Waktu yang ditempuh untuk mencapai Lembang dari Jakarta pun tidak terlalu lama.

Lalu tempat apa sajakah yang bisa kamu kunjungi? Jawabannya banyak sekali! Destinasi liburan kesukaan wisatawan termasuk Gunung Tangkuban Perahu, Puncak Ciumbuleuit, pemandian air panas Ciater dan masih banyak lagi. Karena daerah Lembang terletak di pegunungan, tidak heran jika suhunya dingin yang berkisar antara 17° C – 17° C.

2. Puncak – Bogor

Wisata Sekitar Jakarta - PuncakSumber gambar: wikipedia

Puncak sangat terkenal dengan wisata alamnya. Karena julukan Kota Bogor adalah Kota Hujan, suhu dan cuacanya relatif dingin, ditambah lagi Puncak adalah daerah pegunungan.

Destinasi liburan yang kamu dapat kunjungi jumlahnya tak terhitung, dari Telaga Warna, Curug Cilember, kebun binatang Taman Safari, Melrimba Garden, atau kamu juga bisa mendaki di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Kamu hanya perlu bersabar jika mau mengunjungi Puncak karena kemacetannya yang mungkin kamu akan hadapi. Semakin hari semakin banyak orang yang ingin berwisata ke Puncak, apalagi di hari libur. Tapi semua kemacetan itu worth it, kan setelah melihat pemandangan dan pergi destinasi-destinasi seru yang ada di Puncak?

3. Pahawang – Lampung

Wisata Sekitar Jakarta - PahawangSumber gambar: 108jakarta

Destinasi ini mungkin belum terlalu populer, tetapi Pahawang sering dibilang surganya snorkeling karena air lautnya yang biru jernih. Pulau yang terletak di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran Lampung ini terdiri dari Pahawang besar, Pahawang kecil dan Pulau Kelagian.

Karena terumbu karang dan laut biru jernihnya yang masih belum banyak terjamak banyak, sebaiknya kamu sempatkan pergi ke destinasi yang satu ini. Ini akan menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang suka dengan keindahan pantai dan biota laut.

4. Kampung Suku Baduy – Banten

Wisata Sekitar Jakarta - BaduySumber gambar: travel kompas

Destinasi wisata budaya adat memang selalu menjadi favorit untuk semua pencinta wisata. Budaya unik dan cara hidup suku Baduy yang menarik membuatnya menjadi destinasi liburan sekitar Jakarta yang cukup populer.

Hal unik dari Kampung Baduy selain dari alamnya yang masih asri dan terjaga adalah adat istiadat masyarakat Kampung Baduy. Suku ini dibagi menjadi dua golongan, yaitu suku Baduy dalam dan suku Baduy luar. Suku Baduy dalam memiliki agama atau kepercayaan yang mereka sebut dengan Sunda Wiwitan, tetapi suku Baduy luar sudah menganut agama Islam. Yang unik dari suku Baduy ini adalah mereka tidak menerima adanya globalisasi, salah satunya dengan tidak menggunakan alas kaki dan tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan. Masih banyak hal unik yang bisa kamu pelajari tentang suku Baduy di Kampung Suku Baduy, jadi tunggu apa lagi?

5. Green Canyon – Pangandaran

Wisata Sekitar Jakarta - Green CanyonSumber gambar: anekatempatwisata

Sudah sering ke pantai pangandaran? Masih ada tempat lain yang pasti belum pernah kamu kunjungi di Pangandaran, salah satunya adalah Green Canyon.

Tempat yang lebih dikenal dengan sebutan Cukang Taneuh oleh warga sekitar ini disebut dengan Green Canyon karena air sungainya yang jernih kehijauan dengan lumut hijau di sisi tebing sepanjang Green Canyon.

Kamu dapat mencapai Green Canyon dari dermaga Ciseureuh dengan menggunakan perahu kayu yang disebut dengan “Ketinting”. Perjalanan ini tidak membutuhkan waktu yang lama yaitu dibawah satu jam sebelum mencapai Green Canyon. Sepanjang jalannya pun tidak membuang waktumu sia-sia karena kamu dapat menikmati pemandangan indah dan melewati air terjun dari sisi tebing.

6. Pangandaran – Jawa Barat

Wisata Sekitar Jakarta - PangandaranSumber gambar: geo-outbound

Kamu pasti tau destinasi liburan sekitar Jakarta populer yang satu ini. Selain pantai Pangandaran yang terkenal, masih banyak tempat di daerah Pangandaran untuk kamu kunjungi.

Ada pantai-pantai lain seperti pantai Batu Karas dan pantai Keusik Luhur yang dapat kamu kunjungi yang pastinya tidak seramai pantai Pangandaran sehingga libural terasa lebih nyaman. Selain pantai, ada Gua Sumur Mudal dan juga Curug Bojong untuk kamu yang suka berliburan di alam terbuka.

7. Kampung Sampireun – Jawa Barat

Wisata Sekitar Jakarta - SampireunSumber gambar: aff.bstatic

Untuk kamu yang ingin berliburan di resort sekitar Jakarta, Kampung Sampireun bisa jadi pilihanmu. Seperti resort pada umumnya, ada tempat penginapannya. Yang unik dari tempat penginapannya adalah bentuk cottagenya yang khas Sunda, dikelilingi oleh danau buatan yang berisi ikan-ikan. Kamu juga dapat melihat-lihat pemandangan sekitar resort dengan naik perahu kecil di atas sungai buatan tersebut.

Kampung Sampireun adalah destinasi liburan yang populer untuk bulan madu ataupun bersama keluarga dan anak-anak karena banyak aktifitas yang bisa dilakukan.

8. Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar – Sukabumi

Wisata Sekitar Jakarta - Kampung GedeSumber gambar: inisukabumi

Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar merupakan kampung adat yang memiliki masyarakat dengan tradisi setempat yang masih dipegang kuat. Bentuk rumahnya yang unik juga menjadi ciri khas kampung ini.

Sebelum sampai ke destinasi liburan ini, kamu perlu usaha ekstra karena cukup jauhnya jarak yang ditempuh dari pusat kota Sukabumi. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar yaitu selama 7-8 jam.

Tempat wisata lainnya yang dapat kalian kunjungi di Sukabumi yaitu Situ Sukarame, Goa Buniayu, Situ Gunung, Arung Jeram Sungai Citarik, Pantai Cimaja, serta Geopark Ciletuh.

9. Gunung pancar – Sentul, Bogor

Wisata Sekitar Jakarta - Gunung PancarSumber gambar: initempatwisata

Gunung yang Instagrammable satu ini memang belakangan sangat populer. Spot fotonya dengan pohon pohon yang diikat oleh hammock sangatlah unik sehingga banyak menarik pengunjung.

Taman wisata alam Gunung Pancar Sentul ini merupakan salah satu destinasi wisata alami yang khas yang memanjakan mata dengan pemandangannya. Hutan lindung berisi pepohonan pinus dan satwa liar yang hidup di dalamnya membuat destinasi liburan ini sangat digemari orang banyak.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa camping, mendaki, berkuda, sampai berendam di pemandian air panas Gunung Pancar. Seru, kan?

10. Sawarna – Banten

Wisata Sekitar Jakarta - SawarnaSumber gambar: ksmtour

Kamu mungkin sudah sering berlibur ke pantai-pantai di daerah Banten seperti pantai Carita ataupun pantai Anyer, tetapi ada satu yang belum banyak orang tahu, yaitu pantai Sawarna.

Pantai Sawarna merupakan pantai yang menghadap ke Samudera Hindia dengan ombak besar dan arus yang kuat. Letak pantai ini memang sulit di akses dan dijangkau sehingga membuat pantai Sawarna menjadi pantai indah yang tersembunyi favorit para pelacong. Dengan pasir putih dan air lautnya yang jernih, pantai Sawarna menjadi salah satu tempat yang sangat Instagrammable.

11. Ujung Kulon – Banten

wisata sekitar Jakarta - Ujung KulonSumber gambar: wisata-indonesia

Nama Ujung Kulon sudah tidak asing lagi di telinga kita karena Taman Wisata Nasional Ujung Kulon. Tetapi masih banyak, lho, ternyata tempat-tempat yang belum populer tetapi tidak kalah menarik. Tempat-tempat seperti Pulau Peucang, Pulau Oar dan Pulau Umang memiliki resortnya masing-masing diatas pasir putih. Airnya yang berwarna biru jernih membuat favorit orang-orang untuk spot diving dan snorkeling.

12. Ujung Genteng – Sukabumi Selatan

Wisata Sekitar Jakarta - Ujung GentengSumber gambar: tabloidwisata

Ujung Genteng terkenal dengan pantainya yang berpasir putih dan airnya yang bersih. Selain itu, Ujung Genteng juga terkenal dengan air terjun atau curugnya.

Beberapa pantai yang terkenal di Ujung Genteng adalah pantai Cibuaya, pantai Pengumbahan, dan pantai Ombak Tujuh. Sedangkan curugnya yang terkenal ialah curug Cikaso dan curug Luhur. Lokasi Ujung Genteng sangat cocok untuk menjadi destinasi liburan sekitar Jakarta untuk kamu yang suka bermain di alam.

Menarik, bukan, destinasi liburan sekitar Jakarta di atas? Kini kamu tidak usah bingung lagi jika ingin liburan tetapi tidak bisa berlibur jauh karena waktu ataupun budget yang terbatas. Sekarang saatnya siapkan perlengkapan tas travelingdan tiket kereta untuk mengunjungi destinasi liburan sekitar Jakarta pilihanmu!

Sumber: https://www.tokopedia.com/blog/destinasi-liburan-sekitar-jakarta/

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: