10 Kuliner Cirebon yang wajib kamu coba! Enak dan Murah

Nemenin suami yang lagi ada kerjaan di kampung halamannya, membuat saya siap-siap terkejut melihat timbangan badan lagi. Kenapa? Karena, pasti saya akan diajak untuk mencicipi makanan khas Cirebon. Terbukti bulan kemarin, setiba di Bandung saya langsung nimbang dan berhasil naik 4kg selama 2minggu di Cirebon. Bulan ini, sepertinya saya akan bermusuhan dengan timbangan karena berada di Cirebon selama 2 minggu dan akan lanjut ke kota selanjutnya selama beberapa hari.

Cirebon berasal dari kata Cai (bahasa sunda, yang artinya air) dan  Rebon (udang). Kota ini terkenal dengan terasi dan kerupuk yang berasal dari Udang. Karena lokasinya berada dekat dengan laut dan mayoritas penduduknya adalah nelayan yang menangkap ikan dan rebon(udang).

Selama di Cirebon, saya mencicipi berbagai makanan dengan berbagai macam rasa dan menurut saya harganya sangat sangat terjangkau, dan ini beberapa kuliner Enak dan Murah yang ada di Cirebon:

1. Martabak Bangka Sinar bulan

Disini hanya menyediakan martabak manis aja, jadi buat kamu yang mencari martabak asin tidak disarankan kesini ya, hihihi. Menurut saya, martabak ini ENAK BANGETT, pinggiran martabaknya kriuukkk kriuukk apalagi dimakan saat panas-panas. Mmmh, yummiiyyy. Martabak favorit saya Kacang coklat dan suami rasa Keju. Untuk toppingnya? Pemiliknya gak pelit untuk memberikan topping pilihan kamu.

Harga Rp 23.000 – 25.000.

Lokasi jl. Kalibaru Utara.

Buka jam 17.00 s/d 21.00

IMG_2338.jpgIMG_2339.jpg

 

 

 

 

 

 

2. Bakso Malang Rhestu

Bakso ini bikin saya ketagihan, kuahnya, baksonya, pangsit gorengnya, sambalnya.. Ahhh, beberapa kali saya sempet mencoba bakso di daerah Cirebon, dan bakso ini yang TERRRRBAAAIKSSS *lebay tapi emang bener. Ada yang beda dari cara masaknya Bakso ini. Setelah saya perhatiin, ternyata bukan kompor yang digunakan. Tapi kuahnya di bakar dengan arang. Thats why, Bakso ini endolitaaa endeuusss asooyy gebooyyy.

Harga Rp 14.000 untuk 1 porsi dan Rp 10.500 untuk ½porsi.

Lokasi di Jl. Dr Cipto M no.1 (Lokasinya di Seberang Grage Mall, di belokan jalan besar, belakang pos Polisi)

Buka jam 11.00 s/d 16.00 (Sampai habis).

IMG_2340.jpg

3. Mie Ayam

Mie Ayam dan baksonya enak bangeettt. Isinya royal, ayam dan mienya banyak sekali menurut saya. Mienya juga beda, bukan Mie yang dijual di pasar-pasar gitu.. Saran saya, siapin receh ya soalnya suka ada pengamen lewat.

Harga Mie Ayam Rp 10.000 / Mie Ayam Bakso Rp 17.000

Lokasi Jl. Pagongan (Dekat toserba Asia)

Buka 08.00 s/d 20.00

IMG_2343.jpg

IMG_2344.jpg

4. Mie  Koclok Panjunan

Ini adalah salah satu makanan khas Kota Cirebon, yang isinya lontong, mi telur, telur, kol putih, daun bawang, seledri dan ayam suwir yang disiram oleh kuah kental dari santan dan tepung maizena. Saat pertama kali diajak mertua untuk makan mie koclok, saya belum terbayang apa rasanya dan bagaimana bentuknya. Saat penyajiannya pun, saya masih terasa aneh untuk memakannya. Tapi eh tapiiii, ternyata enyaaakk juga makanan khas Cirebon ini. Dan Mie Koclok Panjunan ini royal loh, maksudnya isi porsinya banyak…

Harga Rp 15.000 (Kalau gak salah ya..)

Lokasi Jl. Pekarungan No.104

Buka 15.00 s/d 22.00

5. Sate Kalong

Ini Sate daging KERBAUbukan sate kalong (kelelawar) beneran loh… Dinamakan kalong, karena satenya dijual pada malam hari. Di Cirebon, saya sudah mencoba 2 tempat, di Jl Pecinan dan di Jl. Kesambi Dalam. Sate Kalong ini ada 2 rasa, Manis dan Asin. Kalau yang manis, daging kerbau dan rasanya seperti dendeng sapi. Sedangkan kalau yang asin, urat kerbau dan rasanya kenyel seperti kikil.

A. Sate Kalong di Jl. Pecinan

Menurut saya tempatnya nyaman, walaupun lesehan. Sate kalong manisnya enak banget, tapi kurang enak untuk yang asinnya karena rada alot. Saran saya, siapkan uang receh karena suka ada pengamen lewat.

Harga Rp 10.000 10 tusuk

Alamat Jl. Pecinan (Arah dari Pasar Kanoman ke Jl. Pekiringan)

Buka 17.00 s/d malam

B. Sate Kalong M. Joni

Menurut saya, tempatnya kurang nyaman. Tapi rasa Sate Manis dan Asinnya lebih enak. Sate asinnya empuk, kuahnya pun enak.

Harga Rp 10.000 10tusuk

Alamat Jl. Kesambi Dalam (Setelah Alfamart, Di kanan jalan

Buka 18.30 s/d malam

6. Nasi Jamblang

Banyak nasi Jamblang di Cirebon (Dari Harga termurah ⇓)

  • Pelabuhan Hj. Sumarni siap jam 6 pagi s/d 13.00 (habis), mulai Rp 1.500-8000
  • Bu Nur siap jam 11-an siang s/d malam
  • Mang Dul siap dari subuh jam 5 (cocok untuk sarapan)- 14.00 & 17.00 s/d 21.00 (Kalau gak salah yaa…)
  • dll

7. Toko Roti Ruby

Semua aneka roti dan jajanan tradisional ada disini, dari roti, kue kering hingga kue basah. Yang jadi ciri khas di Toko Roti Ruby, adalah Roti Ayam. Kalau ingin mencoba roti ayamnya, datang lebih awal ya.. Karena suka kehabisan

Harga mulai Rp 3.000

Alamat Jl. Tentara Pelajar no. 63, Pekiringan

Buka 7.00 s/d

8. Doclang

Harga Rp 9.000 (Kalau gak salah ya..)

Alamat Jl. Siliwangi no. 77

Buka

9. Bubur M.Toha

IMG_2421.jpg

Ada bubur ayam, Mie Goreng/Kuah, Telur setengah matang, Bubur Kacang ijo dan ketan merah.

Harga Telur setengah matang 3rb/butir, Mie kuah+telur 7rb,

Alamat Jl. M. Toha

Buka 24jam

10. Empal Gentong dan Sate Kambing Amarta

Empal gentong dan sate kambing disini enak banget. Ini wajib saya kunjungi kalau sedang berada di Cirebon.

Alamat Jl. Ir H Juanda No.37, Battembat, Tengah Tani

Buka 9.30 s/d 21.00

BONUS

11. TAHU GEJROT

Ini makanan FAVORIT saya.. Tahu Gejrooooottt.. Tapi, favorit saya, cabe hijau semua dan bawangnya dibanyakin.. Mmmm, yummiiyyyy

IMG_2424.jpg

Inilah makanan yang enak menurut lidah saya. Semoga kalian yang sudah / akan mencoba setuju dan jangan lupa Subscribe dan Comment di bawah ya…Siapa tau ada tambahan makanan yang harus saya coba di Cirebon,..

Sumber: https://helloyashi.wordpress.com/2017/11/27/10-kuliner-cirebon-yang-wajib-kamu-coba-enak-dan-murah/

Gabung Yuk Jadi Reseller Maicih Cirebon
Gabung Yuk Jadi Reseller Maicih Cirebon

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me
Tagged , , , ,

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
6 Kuliner Khas Cirebon yang Akan Menggoyang Lidah Anda – MAICIH Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] 10 Kuliner Cirebon yang wajib kamu coba! Enak dan Murah […]