10 Destinasi Liburan Akhir Tahun Yang Ramah di Kantong

Akhir tahun dikenal sebagai periode liburan yang mahal bagi sebagian besar orang. Bukan hanya anak-anak yang libur sekolah pada periode ini, tapi orang tua atau para pekerja kantoran pada umumnya juga libur dari pekerjaannya. Momen akhir tahun menjadi waktu yang pas untuk untuk liburan bersama seluruh keluarga ataupun sahabat. Alhasil, harga tiket pesawat dan hotel meningkat secara signifikan.

Ingin ikut serta dalam kemeriahan libur akhir tahun tapi budget Anda terbatas? Ini dia 10 destinasi yang bisa Anda jadikan pilihan untuk liburan akhir tahun, yang bukan hanya menyenangkan, tapi juga ramah di kantong.

1. Malang

Kampung Warna, Malang – From Instagram @novanirza

Malang merupakan tempat yang tepat untuk bersenang-senang. Hawa sejuk dan beragam destinasi menarik membuat kota ini tidak pernah sepi pengunjung. Menaiki biangala di Alun-Alun Kota Baru, paralayang di Batu, bermain air di Air Terjun Coban Rondo, berkeliling Jatim Park 1 dan Jatim Park 2, berfoto di Museum Angkut, menghabiskan malam di Batu Night Spectacular, dan menikmati es krim di Toko Oen merupakan rangkaian aktivitas yang wajib dilakukan selagi berkunjung ke Malang. Bukan itu saja, biaya makan, transportasi, dan berbagai aktivitas di Malang pun tergolong murah!

2. Yogyakarta

Kalibiru Wisata Alam. From skinnyginz

Popularitas Jogjakarta sebagai destinasi liburan favorit tidak perlu dipertanyakan lagi. Suasana tenang, biaya hidup —dan warganya— yang bersahabat menjadikan kota ini dicintai banyak orang. Tahun ini, setelah dijadikan lokasi syuting “Ada Apa dengan Cinta? 2”, Jogjakarta semakin naik daun. Jika ingin mengintip lokasi yang didatangi Cinta dan Rangga, Anda dapat berkunjung ke Istana Ratu Boko, Bukit Rhema, Pantai Parangtritis, Punthuk Setumbu, dan tidak ketinggalan menonton Papermoon Puppet Theater.

3. Bali

Pantai Tegal Wangi Jimbaran – Credit joshkathey

Ide tentang liburan biasanya tidak jauh dari pikiran tentang Bali. Bali dan liburan dapat disebut sebagai satu kesatuan. Tidak lengkap rasanya jika tidak menghabiskan liburan akhir tahun di destinasi favorit mayoritas traveler ini. Walau harga tiket pesawat dan hotel memang cenderung lebih mahal saat akhir tahun, tapi bukan tidak mungkin Anda tetap bisa liburan dengan hemat di sana. Lakukanlah aktivitas misalnya berkunjung ke tempat-tempat, seperti Air Terjung Aling-Aling, Danau Tamblingan, Bukit Campuhan, Bukit Asah, Pasih Uug, dan Pantai Tegal Wangi, yang dapat dinikmati secara cuma-cuma.

4. Palembang

Ampera Bridge – Credit: @asnawi_boponk

Selain makan pempek, selama berada di Palembang Anda dapat menyambangi Taman Kambang Iwak yang berlokasi di tengah kota, berfoto dengan latar belakang Jembatan Amperhttps://www.instagram.com/asnawi_boponk/a, melihat cantiknya pagoda di Pulau Kemaro, bertualang di Punti Kayu atau Bukit Serelo, juga wisata air di Curup Maung Lahat dan Curug Tujuh Kenangan.

5. Medan
Banyak aktivitas seru —dan murah— yang dapat Anda lakukan ketika berkunjung ke Medan, mulai dari melihat warisan Kesultanan Deli di Istana Maimun dan mengintip kehidupan bangsawan Medan di Tjong A Fie Mansion, trekking di Bukit Lawang, seru-seruan di Air Terjun Dua Warna Sibolangit, bertualang di Tangkahan, melihat pagoda tertinggi di Indonesia di Taman Alam Lumbini, wisata kuliner di Merdeka Walk, dan tentunya menikmati kecantikan Danau Toba.

6. Padang
Isi libur akhir tahun Anda di Padang dengan mengunjungi Danau Laut Tinggal yang berwarna toska, melihat megahnya Masjid Raya Sumatera Barat, melintasi Jembatan Akar di Bayang Utara, bermain air di Lubuak Tampuruang, berfoto di Kelok Sembilan, mengintip kebudayaan Minang di Istana Pagaruyung, melihat hijaunya Lembah Harau, dan menyambangi Jam Gadang yang iconic. Selama berada di sana, pastikan Anda memanjakan lidah dan perut dengan menyantap makanan Padang yang kelezatannya masyhur.

7. Balikpapan
Di destinasi yang sering disebut sebagai Kota Beriman atau Kota Minyak ini Anda dapat menghabiskan libur akhir tahun di Bukit Bangkirai yang cocok dijadikan lokasi foto, bermain di Pantai Kilang, bersantai di Danau Cermin, atau bertualang di Bukit Batu Dinding. Tidak perlu ragu, jadikan akhir tahun sebagai waktu yang tepat untuk terbang ke Kalimantan dan berkunjung ke Balikpapan!

8. Penang, Malaysia
Jika berencana menghabiskan libur akhir tahun di Malaysia, Anda dapat memilih Penang sebagai destinasi dan mengisi waktu dengan mengelilingi George Town yang artsy dan berfoto di depan beragam street art yang menyebar di banyak titik, bertualang di Penang National Park, bersantai di Batu Ferringhi, dan menyantap laksa legendaris di Air Itam dilanjutkan dengan berkunjung ke Penang Hill.

9. Singapura
Singapura seolah telah menjadi rumah kedua bagi wisatawan Indonesia. Pada liburan akhir tahun, Anda akan menemukan banyak sekali orang Indonesia yang berlibur di sana. Selagi berada di Singapura, Anda dapat hiking di Mount Faber, bersantai di Bukit Batok Town Park, berfoto sampai puas di Southern Ridges, piknik di Marina Barrage, mengagumi lampu-lampu cantik di Gardens By The Bay, dan mengintip koleksi buku di library@orchard. Kabar baiknya, semua aktivitas di tempat itu dapat Anda lakukan tanpa perlu mengeluarkan biaya.

10. Bangkok, Thailand
Hampir serupa dengan Singapura, tidak sedikit wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Thailand untuk menghabiskan libur akhir tahun. Jika Anda hanya punya sedikit waktu dan budget yang terbatas, maka pusatkan kegiatan liburan Anda di Bangkok. Isi liburan Anda dengan menikmati suasana riuh di Khao San Road, leyeh-leyeh di Lumpini Park, menonton sunset di Wat Arun, dan tentunya berbelanja di Chatuchak Weekend Market.

Sumber: https://www.skyscanner.co.id/berita/inspirasi/10-destinasi-liburan-akhir-tahun-yang-ramah-di-kantong/

maicih Administrator
Dibalik Logo Maicih. Sosok emak yang terlihat nyata dengan menghadap ke depan sembari tersenyum hangat. Ada makna yang tersirat dari logo Maicih ini. Maicih seolah berkata bahwa menghadapi dunia tak perlu dengan keangkuhan, tapi dengan senyuman.
follow me

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of